Matcha Latte Pie (Sumber gambar : Dewi Andriani)

Berkreasi Membuat Dessert Matcha Latte Pie ala Chef Ami

18 September 2023   |   18:38 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Matcha, jenis teh yang khas dengan warna hijaunya yang kaya akan rasa, merupakan minuman yang populer dan memiliki penggemar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Hampir semua kedai kopi dan teh atau restaurant ternama menyediakan minuman berbahan dasar matcha sebagai menu pilihan.

Salah satunya adalah Kopi Kenangan yang menghadirkan rangkaian produk Matcha Series untuk memenuhi kebutuhan para penggemar matcha di Indonesia. Seri terbaru ini diracik khusus untuk menghadirkan kelezatan matcha yang otentik dipadu aroma vanilla yang memikat sehingga memanjakan lidah Para Mantan (pelanggan setia Kopi Kenangan).

Baca juga: 5 Perbedaan Matcha Seremonial & Kuliner, Beda Rasa, Warna & Harga

Terdapat lima varian menu dan dibuat secara khusus bagi para pelanggan yang ingin merasakan sensasi matcha otentik dari Kopi Kenangan. Lima varian Matcha Series terdiri dari Matcha Espresso, Matcha Latte, Oatside Matcha Latte, Freezy Matcha, dan Matcha Soft Serve.

Edward Tirtanata, Group CEO & Co-Founder Kenangan Brands mengatakan, Matcha Series menawarkan berbagai pengalaman yang berbeda melalui varian yang dipilih.

Misalnya saja, Matcha Espresso cocok untuk pelanggan yang menyukai perpaduan antara teh dan kopi; Matcha Latte bagi si penggemar matcha yang creamy dan rich tanpa campuran kopi. Bagi pelanggan dengan intoleransi laktosa bisa menikmati varian menu Oatside Matcha Latte. Serta Freezy Matcha dan Matcha Soft Serve yang sangat cocok untuk mendinginkan hari dan hati Para Mantan.

“Rangkaian produk Matcha Series ini dibuat dengan ketekunan oleh tim Research and Development Kopi Kenangan untuk menghadirkan rasa otentik yang Halal dengan kualitas terbaik untuk Para Mantan,” tuturnya.

Nah, bagi yang ingin mencoba pengalaman baru dalam menikmati matcha, kalian bisa mengkreasikannya menjadi menu dessert seperti yaitu Matcha Latte Pie dan Tiramisu Matcha Espresso.

Kedua menu dessert dibuat secara khusus oleh Chef Ami, Chef MODENA dan 1st Runner-Up Masterchef Indonesia Season 10. Menurut Chef Ami, cita rasa matcha yang kaya dan menyehatkan selalu menjadi inspirasi untuk menciptakan kreasi dessert yang unik dan nikmat.

Kreasi pertama adalah Matcha Latte Pie, yakni pie dengan filling atau isian matcha latte. Nah, untuk membuat kulit pie yang tidak pecah maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah proporsi yang seimbang antara butter dan gula halus. Selain itu, proses pengadukannya menggunakan spatula dan jangan terlalu lama.

“Aduk dengan spatula, jangan pakai tangan. Prosesnya juga jangan terlalu lama agar teksturnya tidak keras,” tuturnya.

Untuk memberikan cita rasa yang lebih nikmat, maka kuncinya ada pada penggunaan butter. Semakin butter yang digunakan berkualitas maka rasanya juga akan semakin nikmat. Jika ingin menggunakan mentega, maka jumlah gula halusnya bisa lebih ditambahkan karena umumnya margarin atau mentega memiliki rasa yang lebih asin.

Setelah adonan jadi, maka gilas adonan dengan ketebalan yang tidak terlalu tebal juga tidak terlalu tipis. Kemudian, setelah adonan dimasukkan ke dalam cetakan, maka tusuk-tusuk bagian bawah kulit pai sebelum dipanggang, tujuannya untuk menghindari adonan mengembang saat di panggang.

Untuk lebih lengkapnya, yuk contek resepnya di bawah ini.


Matcha Latte Pie

Bahan pie crust:
  • 55gr butter
  • 25gr icing sugar
  • 95gr tepung terigu
  • 10gr kuning telur
Bahan filling matcha latte:
  • 230gr matcha latte 
  • 18gr icing sugar
  • 1pcs kuning telur
  • 15gr maizena
  • 10gr butter


Cara Membuat

Cara Membuat pie crust:
  • Kocok butter dan icing sugar hingga  setengah mengembang lalu tambahkan kuning telur dan tepung terigu.
  • Aduk rata menggunakan spatulla kemudian cetak dengan adonan yang sesuai.
  • Panggang hingga setengah matang terlebih dahulu.
Cara Membuat filling matcha latte:
  • Campurkan semua bahan menjadi satu terkecuali butter kemudian, masak hingga mengental.
  • Kemudian campurkan butter dan aduk rata kembali.
  • Setelah mengental, taruh di atas pie crust sebagai filling dan panggang kembali hingga matang.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Benda Prasejarah Penting Koleksi Museum Nasional Indonesia

BERIKUTNYA

Epidemiolog Sebut Indonesia Berpotensi Terjangkit Wabah Virus Nipah, Ini Faktornya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: