Aktor Dwi Sasono berperan sebagai detektif polisi Makarim dalam serial Rencana Besar. (Sumber gambar: Prime Video)

Kemelut Kasus Penggelapan Dana dalam Serial Rencana Besar

02 October 2023   |   12:12 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Platform streaming Prime Video kembali mengumumkan serial original lokal bertajuk Rencana Besar. Serial yang diproduksi oleh Falcon Pictures ini adalah hasil adaptasi dari novel berjudul sama karya penulis Tsugaeda (Ade). Serial Rencana Besar disutradarai oleh Danial Rifki yang juga bertindak sebagai penulis skenario bersama Titien Wattimena.

Rencana Besar merupakan sebuah drama crime-thriller yang mengeksplorasi tema kekuasaan, ambiguitas moral, dan teka-teki sosok yang berada di tengah segalanya, sehingga menjadikannya sebagai sebuah serial yang memicu rasa penasaran penonton. 

Baca juga: 4 Film & Serial Indonesia yang Bakal Tayang Oktober 2023 di Prime Video

Kisahnya mengikuti empat pegawai yang dicurigai berpotensi menjadi dalang dalam sebuah kasus penggelapan dana sebesar Rp17 miliar di sebuah bank bernama Universal Bank of Indonesia (UBI) yang terungkap. Keempat pegawai itu yakni Rifad (diperankan oleh Adipati Dolken), Ayumi (Prisia Nasution), Reza (Chicco Kurniawan), dan Amanda (Hanggini).

Saat menyelidiki kasus ini lebih dalam, detektif polisi Makarim (Dwi Sasono) justru menemukan sebuah skandal besar di dalam bank yang lebih dari sekadar kerugian finansial. 
 

Cuplikan serial Rencana Besar. (Sumber gambar: Prime Video)

Cuplikan serial Rencana Besar. (Sumber gambar: Prime Video)

Dalam trailer yang dirilis oleh Prime Video, memperlihatkan sekilas keseruan sekaligus ketegangan yang menanti, seiring masyarakat yang dihebohkan dengan berita penggelapan dana di UBI. Kecurigaan terpusat pada empat karakter yang akan menuntun sang detektif polisi Makarim kepada jejak-jejak kebenaran. 

Klip berdurasi 2 menit 10 detik itu dibuka dengan detektif polisi Makarim yang menerima laporan kasus penggelapan dana sebesar Rp17 miliar di Universal Bank of Indonesia (UBI). Kasus itupun menciptakan kehebohan di tengah masyarakat hingga menjadi perbincangan di jagat media sosial. Mereka yang menyimpan uangnya di UBI kalang kabut mendengar kasus tersebut.

Kasus penggelapan dana itu pun berpotensi bakal menciptakan krisis moneter seperti mengulang fenomena yang terjadi pada 1998 silam. Dari penyelidikan polisi, dinyatakan bahwa server UBI terbilang sulit untuk diretas oleh hacker. Dengan kata lain, kemungkinan dalang dari kasus penggelapan dana tersebut berasal dari kalangan internal UBI.
 

Cuplikan serial Rencana Besar. (Sumber gambar: Prime Video)

Cuplikan serial Rencana Besar. (Sumber gambar: Prime Video)

Berangkat dari hipotesa itu, tim detektif pun mulai menyelidiki empat karyawan UBI yang diduga menjadi dalang dari kasus tersebut dengan melakukan interogasi. Mereka mulai menginterogasi sosok karyawan yang mengerti IT bernama Reza, karyawan yang terkenal hedon bernama Amanda, karyawan sekaligus ketua serikat pekerja bernama Rifad, serta Ayumi yang bekerja sebagai auditor internal.

Gestur keempat karyawan tersebut tampak sangat mencurigakan, seperti sedang menyembunyikan sebuah rahasia yang besar. Namun, keempatnya tampak bisa menguasai seluruh pertanyaan interogatif yang dilontarkan oleh tim detektif polisi. 

Proses penyelidikan itupun mengarah kepada sosok Surya Nawasena (Arswendy Bening Swara) yang berperan sebagai Komisaris Utama UBI. Selain sebagai pemimpin UBI, Surya juga diketahui tengah mencalonkan diri sebagai presiden. Ketika namanya terseret dalam kasus penggelapan dana tersebut, hadirlah sosok preman yang diperankan oleh Teuku Rifnu Wikana.

Konflik pun menjadi melebar. Tim detektif polisi harus berhadapan dengan kelompok preman yang diketahui menjadi kaki tangan Surya, keempat karyawan UBI, serta permainan politik dari atasan detektif Makarim. Suasana semakin menegangkan ketika perlahan jejak-jejak kebenaran mulai terungkap.

Perseteruan dan adu fisik antara tim detektif polisi dengan kelompok preman pun tak terbendung lagi. Makarim pun menyadari bahwa ada agenda yang lebih besar di balik kasus penggelapan dana di UBI yang berkaitan dengan politik. Upaya mengungkapkan kebenaran dari persoalan yang diangkat dalam kisah ini menjadi cerita yang menarik untuk ditelusuri lebih lanjut dalam serial ini.
 

Serial Rencana Besar disutradarai dan ditulis oleh Danial Rifki yang sebelumnya telah menggarap sejumlah film diantaranya Father & Son (2022), Marriage (2021), Nikah Duluan (2021), Rentang Kisah (2020), 99 Nama Cinta (2019), Meet Me After Sunset (2018), Haji Backpacker (2018), dan La Tahzan (2013).

Dalam menulis skenario serial ini, Danial juga dibantu oleh penulis Titien Wattiemena yang telah menggarap banyak skenario film dan serial diantaranya Kamu Tidak Sendiri (2022), June & Kopi (2021), Aruna & Lidahnya (2018), Dilan 1990 (2018), Love in Perth (2010), Badai Pasti Berlalu (2007), dan Mengejar Matahari (2004).

Adapun, serial Rencana Besar akan mulai tayang pada 5 Oktober 2023 di platform streaming Prime Video.

Baca juga: Moviegoers Merapat, 13 Film Lokal Siap Tayang & Menyapa Penggemar di Prime Video

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Gaet Bilal Indrajaya, Candra Darusman Bakal Rilis Lagu Anyar berjudul Ku Tak Tahu Apa Yang Kau Inginkan

BERIKUTNYA

30 Twibbon Unik & Kreatif untuk Memeriahkan Hari Batik Nasional & Cara Memasangnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: