Ilustrasi hidangan spageti. (Sumber gambar: Tommao Wang/Unsplash)

Resep Spageti Goreng Saus Arrabiata, Pasta Lezat dengan Cita Rasa Pedas

02 October 2023   |   12:14 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Siapa yang sanggup menolak kenikmatan sepiring spageti dengan sausnya yang lezat? Ya, spageti merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang. Kepopuleran spageti membuat hindangan dari Italia ini pun disajikan dengan olahan dan bahan-bahan yang beragam sehingga dapat dinikmati dengan berbagai bentuk dan rasa.

Selain enak, proses memasak spageti juga terbilang cukup sederhana dengan waktu pembuatan yang relatif cepat. Inti dari hidangan spageti hanyalah terdiri dari pasta yang bisa berbentuk mi atau makaroni, isian atau topping, dan saus. Namun, salah satu yang patut diperhatikan saat memasaknya adalah memastikan tingkat kematangan pasta yang pas.

Baca juga: Resep Hash Brown, Menu Sarapan Klasik Amerika Serikat dari Olahan Kentang Tumbuk

Selama ini, mungkin Genhype lebih akrab dengan spageti bersaus bolognese yang bercita rasa gurih dan carbonara yang bertekstur creamy. Jika kalian lebih suka dengan cita rasa yang pedas, tak ada salahnya untuk mencoba spageti dengan saus arrabiata. 

Saus arrabiata adalah saus pedas untuk pasta yang terbuat dari bawang putih, tomat, dan cabai merah kering (chili flakes) yang dimasak dengan minyak zaitun. Secara keseluruhan, cita rasa spageti saus arrabiata menciptakan sensasi rasa asam, gurih, dan pedas yang menyatu dalam tiap suapannya.
 

g

Ilustrasi hidangan spageti. (Sumber gambar: Danijela Prijovic/Unsplash)

Saus ini berasal dari wilayah Lazio, sekitar Roma. Kata arrabiata sendiri secara harfiah berarti 'marah' dalam bahasa Italia. Hal ini mengacu pada cita rasa saus arrabiata yang didominasi dengan kepedasan cabai. Pada beberapa resep, spageti saus arrabiata juga biasanya ditambahkan dengan daun basil atau kemangi sebagai pelengkap aromatik.

Bagi kalian yang tertarik untuk mencoba hidangannya, berikut adalah resep spageti goreng saus arrabiata yang bisa kalian coba di rumah sebagai hidangan akhir pekan bersama keluarga.


Resep Spageti Goreng Saus Arrabiata

Bahan-bahan
  • 200 gram spageti
  • 3 buah tomat segar
  • 10 gram keju permesan
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sdm cabai bubuk
  • 1/2 sdm lada bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 garam
  • Minyak zaitun secukupnya
  • Basil kering secukupnya
  • Daun seledri secukupnya

Cara Membuat
  1. Rebus air dengan garam dalam panci. Setelah mendidih masukkan pasta dan rebus dengan durasi sesuai dengan yang ada dalam kemasan serta lebihi 2 menit. Aduk terus pasta setiap beberapa menit agar tidak menggumpal.
  2. Setelah pasta matang al dente, tiriskan menggunakan saringan. Masukkan kembali pasta ke dalam panci yang sudah tidak ada air lalu campurkan dengan sedikit minyak zaitun. Biarkan pasta tertutup sekitar 5-10 menit agar tidak mengering.
  3. Haluskan 3 buah tomat menggunakan blender lalu masukkan ke dalam mangkuk besar dan sisihkan.
  4. Panaskan wajan lalu masukkan sedikit minyak zaitun dan bawang putih yang telah dicincang, lalu tumis hingga harum.
  5. Masukkan tomat yang telah dihaluskan dan tumis dengan api sedang. Tambahkan garam, lada bubuk, cabai bubuk, gula pasir, dan basil kering lalu tumis kembali selama 5-10 menit hingga mencapai konsistensi saus yang diinginkan.
  6. Masukkan spageti yang telah direbus ke dalam wajan lalu aduk kembali hingga merata. Terakhir, masukkan keju permesan parut dengan irisan daun seledri secukupnya lalu aduk kembali sebentar dan matikan api. Siapkan piring ambil pasta secukupnya dan Spageti Goreng Saus Arrabiata pun siap dihidangkan.
Baca juga: Resep Cumi Goreng Lengkuas, Ide Menu Bisnis Kuliner ala Chef William Gozali


Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Hypereport: Mengintip Suka Duka hingga Peluang Besar Profesi Host Live Selling

BERIKUTNYA

6 Serial Anime yang Tayang Oktober 2023 di Netflix, Ada Sasaki and Miyano: Graduation hingga Pluto!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: