Zenfone 10, smartphone compact dari ASUS. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini)

DIbanderol Mulai 8 Jutaan, Cek 4 Fitur Menarik Zenfone 10

29 September 2023   |   19:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

ASUS Zenfone 10 akhirnya meluncur ke pasar Indonesia, Jumat, 29 September 2023. Smartphone compact dengan ukuran layar 5,9 inci dengan panel Amoled ini digadang-gadang membawa fitur yang gahar berkat dukungan Snapdragon 8 Genererasi 2, dilengkapi dengan RAM LPDDR5X 8533 Mbps, dan teknologi ROM USF 4.0 dengan kinerja tinggi.

Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia menjelaskan Zenfone 10 membawa teknologi terdepan dan desain yang menawan. “Dari gaming hingga produktivitas, Zenfone 10 siap membantu pengguna mengatasi semua tuntutan mereka dalam sebuah perangkat yang ringkas dan elegan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (29/09/2023).

Meskipun berukuran hanya segenggam tangan, Zenfone 10 terbilang smartphone kelas flagship loh, Genhype. ASUS menawarkan dua varian harga. Varian pertama yakni Zenfone 10 dengan RAM 8GB dan storage 128GB yang dibanderol harga Rp8,9 juta. Untuk kapasitas penyimpanan tersebut, tersedia lima pilihan warna diantaranya Midnight Black, Starry Blue, Comet White, Eclipse Red, dan Aurora Green.

Baca juga:  Desain Unik Asus Vivobook S 15 OLED BAPE Edition Jadi Incaran Kolektor

Varian kedua yakni Zenfone 10 dengan RAM 16GB dan storage 512GB. Hadir dengan warna Midnight Black, harga jualnya Rp11,9 juta. Buat kamu yang tertarik, banyak promo yang ditawarkan ASUS dalam periode Launch Sales Promo pada 29 September hingga 15 Oktober 2023.

Pembelian varian Zenfone 10 dengan RAM 8GB dan storage 128GB mendapat diskon sebesar Rp300.000. Sementara varian Zenfone 10 dengan RAM 16GB dan storage 512GB akan mendapatkan bundling special berupa casing Connex senilai Rp899.000 secara gratis. 

Lantas apa saja fitur menarik dari Zenfone 10? Simak ulasannya di bawah ini yuk, Genhype.
 

1. Ringkas dan Kuat


Enggan mengikuti tren smartphone yang mengusung layar panjang maupun lebar, Zenfone 10 dirancang untuk pengoperasian mudah dengan satu tangan. Kendati demikian, performanya kata Jimmy tidak perlu diragukan.  

Selain ditenagai Snapdragon 8 Genererasi 2, dilengkapi dengan RAM LPDDR5X 8533 Mbps, dan teknologi ROM USF 4.0, smartphone compact ini memiliki fitur Snapdragon Elite Gaming. Zenfone 10 menawarkan kemampuan gaming mobile dan multitasking yang lancar.

Belum lagi layar Amoled berkecepatan 144Hz pada Zenfone 10 yang menawarkan akurasi warna Delta E <1 dan scrolling yang mulus. Rentang warna sRGB sebesar 151,9 persen dan rentang warna DCI-P3 sebesar 112 persen, setara dengan standar sinema untuk warna yang sangat hidup dalam segala kondisi.

Kolaborasi dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka, Pixelworks, membuat visual ponsel pintar ini menjadi lebih unggul lagi dalam akurasi warna.  Desainya cukup stylish, dengan tiga warna baru yang terinspirasi oleh kosmos yakni Aurora Green, Eclipse Red, dan Comet White. Ada pula warna yang sama seperti seri sebelumnya, yakni Starry Blue dan Midnight Black. 

Pada bagian belakang, Zenfone 10 memakai material polikarbonat berbasis bio untuk mengurangi penggunaan bahan petrokimia dan membantu dalam misi meminimalkan jejak karbon. Kemasannya dapat didaur ulang, menggunakan kertas daur ulang dan tinta berbasis kedelai.
 

2. Stabil Dalam Berbagai Kondisi


Gimbal Stabilizer Hibrida 6-Axis Generasi Kedua 2.0 pada kamera belakang 50 MP menjaga video bebas blur dan shaking, bahkan ketika kamera bergerak. Gimbal OIS inovatif ini memonitor setiap gerakan Zenfone 10 dalam setiap arah, dan menggunakan informasi tersebut untuk menyesuaikan modul kamera secara real-time. Dengan teknologi tesebut, dapat mengkompensasi pergeseran hingga kurang lebih 3 derajat, sehingga dapat membantu menyempurnakan aksi paling ekstrim tanpa distorsi optik atau ghosting.

Dikombinasikan dengan teknologi autofokus ultra cepat serta algoritma EIS anti-guncang perangkat keras, Zenfone 10 memberikan gambar aksi yang super halus dan terlihat profesional, apa pun subjeknya. Smartphone ini juga disematkan teknologi Adaptive EIS yang baru. 

Teknologi ini menggunakan gyro bawaan untuk mendeteksi pergerakan, memungkinkan penyesuaian dinamis terhadap ukuran bidang pandang untuk menjaga video tetap stabil sepanjang waktu.

Sementara Teknologi OZO Audio memberikan pengguna pilihan untuk menghilangkan noise angin agar perekaman di luar menjadi jernih, atau menangkap audio spatial 3D Surround yang immersif dan berfidelitas tinggi.

Pengalaman fotografi juga ditingkatkan dengan kemampuan mengakses mode Light Trail mode dan fitur Quick Shot ketika layar ponsel dimatikan. Quick Shot adalah fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto secara instan dengan menekan tombol volume dua kali.
 

3. Sensor RGBW Jadikan Selfie Paripurna


Kamera depan Zenfone 10 yang ditingkatkan menjadi 32 MP kini memiliki sensor RGBW dengan piksel berukuran besar 1,4 m, memberikan kamera performa luar biasa dalam kondisi cahaya rendah. White pixels ditambahkan ke piksel RGB tradisional, meningkatkan kualitas gambar secara keseluruhan saat mengambil gambar di lingkungan yang minim cahaya. 

Ada pula algoritma mode malam membantu menghasilkan selfie sekelas night-vision. Saat mengambil selfie di malam hari atau dalam ruangan dengan Zenfone 10, subjek depan memiliki warna kulit alami, kontur yang jelas, serta cahaya dan bayangan yang terdefinisi dengan baik. Pencahayaan dan detail latar belakang juga tetap terjaga.

Mode kamera lainnya juga telah ditingkatkan. Mode potret telah diperbarui dengan lebih banyak opsi zoom yang fleksibel, dan mode Light Trail juga memungkinkan pengguna mengambil foto berkualitas profesional tanpa perlu tripod.
 

4. Baterai Awet


Dengan menggunakan CPU dan komponen yang efisien energi, ASUS meningkatkan daya tahan baterai Zenfone 10 hingga 12,9 persen, meskipun memiliki kapasitas baterai yang sama dengan pendahulunya, yaitu 4300 mAh. Smartphone ini juga menambah kemampuan pengisian cepat 30 W HyperCharge terbaru untuk performa pengisian maksimal, dan kenyamanan. Zenfone 10 kini mendukung pengisian nirkabel melalui charger nirkabel Qi yang kompatibel.
 
Baca juga: Cek 5 Fitur ROG Phone 7, Smartphone Gaming Terbaru dari ASUS

Editor : Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

5 Rukun Agar Musisi Indi Terus Eksis Ala Pamungkas

BERIKUTNYA

Makin Populer, Simak Geliat Bisnis & Hobi Cosplay di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: