Koleksi Spring/Summer 2024 Emporio Armani. (Sumber gambar: Emporio Armani Official Instagram)

5 Fakta Menarik Koleksi Spring/Summer 2024 Emporio Armani di Milan Fashion Week 2023

26 September 2023   |   13:20 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Rumah mode mewah asal Italia, Emporio Armani baru saja merilis koleksi Spring/Summer 2024 di ajang Milan Fashion Week 2023. Sebanyak 66 busana ready to wear dengan warna-warna cerah serta model dan bahan yang ringan ditampilkan di panggung runway salah satu pekan mode bergengsi dunia itu.

Peluncuran koleksi ini juga membuktikan konsistensi seorang desainer sekaligus pengusaha Giorgio Armani dalam mengelola rumah modenya dengan konsep busana yang berkelanjutan. Pada usianya yang menginjak 89 tahun, desainer lulusan University of Milan itu masih berkontribusi dalam perkembangan lanskap fesyen global dengan karya-karya ikoniknya.

Baca juga: 10 Desainer Terkaya di Dunia, Giorgio Armani hingga Satoshi Nakamoto

Dalam ajang runway yang ditayangkan di YouTube Armani, tampak koleksi Spring/Summer 2024 Emporio Armani dibuka dengan sejumlah jaket dan blazer longgar berbahu lebar dengan bahan tweed putih. Jaket dan blazer tersebut tampil kasual dipadukan dengan crop top longgar berwarna hitam hingga celana pendek dengan warna senada.

Kemudian hadir rangkaian busana ready to wear berbahan jacquard bernuansa metalik yang fleksibel untuk dipadupadankan misalnya dengan kemeja kasa, celana pendek, dan rok, sehingga menciptakan busana yang serba guna yang merupakan salah satu ciri khas desain Emporio Armani.
 


Banyak warna yang ditampilkan dalam koleksi Spring/Summer 2024 Emporio Armani mulai dari warna-warna netral seperti krem, hitam, putih, dan abu-abu, hingga warna cerah mencolok seperti ungu, fusia, pink, serta campuran warna laiknya pelangi yang ceria.

Koleksinya juga terdiri dari jaket berkancing ganda dan dihiasi dengan chevron mini, menampilkan potongan kain yang berfungsi ganda sebagai ikat pinggang. Termasuk, setelan wol herringbone berwarna biru kehijauan, dilapisi dengan jumbai wol hijau, menciptakan pakaian yang menonjol, memadukan keanggunan sekaligus sentuhan imajinasi.

Seiring berjalannya pertunjukan, tunik split-yoke dengan pola kotak-kotak tampil mencolok, mengingatkan pada desain terdahulu Emporio Armani namun dilengkapi dengan perspektif segar. Adapun, para model di bagian penutup mengenakan gaun dan rok warna-warni menjuntai ke lantai, dihiasi dengan kalung dan turban, memunculkan kesan keanggunan abadi yang ditata ulang untuk dunia fesyen modern.

Baca juga: Ketika Ulos Memukau Penikmat Mode di Panggung New York Fashion Week

Di balik koleksi yang menggugah, ada sejumlah fakta menarik koleksi Spring/Summer 2024 Emporio Armani. Apa saja? Berikut adalah informasi selengkapnya seperti dilansir dari Vogue.


1. Para model pose tersenyum

Selain koleksi yang indah, satu hal yang tampak berbeda dalam runway koleksi Spring/Summer 2024 Emporio Armani di Milan Fashion Week ialah penampilan para model yang tersenyum. Menggunakan koleksi busana musim semi yang ringan, para model itu berjalan pelan, santai, dan tampak mengikuti alunan musik, sehingga menciptakan suasana yang damai saat melihatnya.

Dalam panggung-panggung runway di dunia, pose senyum terbilang jarang dilakukan para model saat membawakan koleksi busana desainer. Sebaliknya, mereka umumnya akan berpose fierce, ekspresi wajah yang tampak galak dengan mata menatap tajam, sehingga tulang pipi akan lebih terlihat jelas dan terekspos. 


2. Menggunakan bahan yang ringan

Giorgio Armani selaku desainer mengatakan bahwa bahan yang ringan adalah kunci utama dari koleksi Spring/Summer 2024 Emporio Armani. Menurutnya, pada musim panas, ada baiknya untuk mengenakan pakaian yang lebih ringan.

"Saya pikir kita semua bisa menggunakan sedikit lebih banyak keringanan dalam hidup kita, tapi menjalaninya sering kali merupakan sebuah tantangan. Mungkin lebih mudah dicapai dalam pakaian," katanya.
 


3. Tampilkan desain yang tidak rumit

Bak daun-daun yang jatuh dari atas pohon, Armani memang ingin menampilkan ragam busana yang ringan dan desain yang tidak rumit dalam koleksi Spring/Summer 2024 Emporio Armani. Sebagai desainer, Armani tidak setuju jika fesyen justru hadir untuk memperumit hal-hal yang tidak perlu.

"Bagi saya, pakaian harus simpel dipakai dan nyaman dipakai. Mereka seharusnya tidak membuat hidup menjadi lebih sulit, justru sebaliknya, mereka harus menyederhanakannya, menjadikannya lebih ringan juga," kata pria kelahiran Piacenza, Italia itu.


4. Busana liburan yang cerah

Setiap pakaian dalam koleksi Emporio Armani dirancang dengan memberikan ventilasi, ada yang dibuat dari bahan ringan dan ada pula yang dibuat sedemikian rupa sehingga hampir tidak menyentuh kulit tetapi hanya menyentuh tubuh.

Siluet busana yang dipotong, atasan bra, dan  transparansi menciptakan atmosfer liburan yang utuh pada koleksinya. Di samping itu, koleksinya juga bisa dilihat sebagai bentuk yang hampir seperti kartun dengan warna pastel cerah, yang ditata dengan sentuhan yang berpusat untuk penggunaan perjalanan.


5. Hadirkan bentuk sepatu baru

Tak hanya busana, Giorgio Armani juga menawarkan ragam bentuk sepatu baru dalam koleksinya kali ini. Di samping merancang atasan, celana, hingga rok panjang dengan bahan yang ringan, sang desainer juga melengkapinya dengan sentuhan akhir yang sempurna yakni sepatu kaus kaki.

Baca juga: 50 Koleksi Busana Mewah Balmain Dicuri Jelang Paris Fashion Week

Koleksi sepatu kaus kaki ini terbuat dari kain pastel transparan dan mengkilap. Hal ini merupakan salah satu proposisi paling berani sepanjang karier Armani.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tiket Fan Meeting Gulf Kanawut di Jakarta Mulai Dijual Hari Ini, Cek Benefit & Cara Belinya

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Drama Korea Han So-Hee, Ada Nevertheless dan My Name

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: