Ayam Goreng Mbah Karto Favorit Presiden Jokowi (dok.ayam-kampung-goreng-mbah-karto-tembel)

Makanan Favorit Presiden Indonesia dari Sukarno hingga Jokowi

04 August 2021   |   08:35 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

4. Abdurrahman Wahid
Presiden Abdurrahman Wahid sangat menyukai aneka kreasi kuliner khas rumah makan Padang. Favoritnya adalah gulai otak sapi gulai, gulai limpa, serta dendeng batoko.
 
Dendeng (dok. Nurul Hidayat)

Dendeng batokok dibuat dari irisan tipis dan lebar. Setelah daging sapi diiris tipis melebar, lalu dipukul-pukul dengan batu cobek supaya dagingnya menjadi lembut. Kemudian makanan ini diberi cabai hijau yang diiris kasar.

Selain makanan Padang, Gus Dur juga menyukai kuliner khas Jombang, yaitu nasi kikil dengan menu favorit lodeh kikil dan lidah sapi.

5. Megawati
Megawati dikenal memiliki kedekatan dengan masyarakat Bali. Setiap kali berkunjung ke provinsi tersebut Mega selalu menikmati menu favoritnya, salah satunya ikan bakar khas Gianyar.
 
gado-gado (dok.Wikipedia)


Selain ikan bakar, putri Sukarno ini juga menyukai Bakmi jawa. Megawati juga memiliki makanan kesukaan yang sama dengan Gus Dur yaitu gado-gado, makanan yang berisi campuran sayur rebus dan irisan telur rebus yang disiram saus kacang.

6. Susilo Bambang Yudhoyono
Susilo Bambang Yudhoyono yang akrab disapa SBY ini menyukai tahu sumedang dan tempe bacem yang dinikmati lengkap dengan cabai rawit.

Untuk menu makanan sehari-hari, yang menjadi favoritnya adalah pecel lele, pecel madiun, dan telur dadar. Selain itu, SBY juga menyukai nasi goreng.

Adapun menu favoritnya saat berkunjung ke Pacitan adalah kalakan (ikan diasap), jathilan (ikan goreng bertepung ubi), serta sayur ikan bumbu pedas.

7. Jokowi
Presiden Jokowi juga sangat menyukai berbagai menu masakan rumahan seperti sup ayam, sayur bening bayam, soto kuning, tumis pepaya muda, bakwan jagung, hingga tumis oseng tempe.

Nah, saat pulang ke Kota Solo, Jokowi memiliki kuliner langganan seperti Ayam Goreng Mbah Karto, menu yang biasa dipilih ialah ayam goreng dengan sambal blondho (sambal hitam).

Selain itu, Jokowi juga kerap berkunjung ke Gudeg Mbak Yus yang berisi nasi, ayam opor, tahu opor, telur pindang, krecek, daun singkong rebus dan gudeg nangka.

Kedai makan yang juga telah menjadi langgana Jokowi sejak menjadi walikota Solo adalah Soto Gading dengan hidangan andalan soto berkuah kental dari kaldu ayam bening yang dipadukan soun, dahing ayam suwir, bawang merah goreng, dan irisan daun seledri. Seger banget.


Editor: Avicenna
1
2


SEBELUMNYA

Selain Kopi, Ini 4 Minuman yang Bisa Atasi Kantuk

BERIKUTNYA

Imunisasi Anak Kini Bisa di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: