Ilustrasi berolahraga (Sumber foto: Unsplash/Kike Vega)

5 Cara Meningkatkan Kebugaran & Gaya Hidup Sehat

19 September 2023   |   22:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Sejak pandemi Covid-19, kesadaran masyarakat akan pentingnya berolahraga dan gaya hidup sehat kian meningkat. Namun di sisi lain, tingkat kebugaran masyarakat Indonesia secara umum, terutama pada usia 30-60 tahun, masih terbilang rendah.

Demikian laporan dari National Sport Development Index 2022, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI). Untuk itu, dibutuhkan berbagai upaya sehingga dapat membantu masyarakat meningkatkan kebugaran dan gaya hidup sehat.

Baca juga: Penggiat Olahraga Harus Tahu, Ini Cara Mengonsumsi Suplemen yang Tepat Menurut Ahli

Category Development Senior Lead Tokopedia, Ditra Putra Komala mengatakan, lima tips yang dapat diikuti agar bisa tetap menjalankan hidup sehat. Yuk simak ulasannya di bawah ini.


1. Pilih Jenis Olahraga Sesuai Kebutuhan

Olahraga merupakan salah satu pondasi hidup sehat karena bisa meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh. Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan masyarakat adalah yoga. Instruktur Yoga, Alyssa Chairiena mengatakan bahwa yoga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, antara lain meningkatkan kualitas pernapasan, mendorong ketahanan tubuh, membantu fleksibilitas tubuh, melatih otot dan membuat tubuh menjadi lebih seimbang.

Menurutnya, masyarakat yang baru memulai olahraga yoga, bisa memilih jenis yoga yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, jika ingin meningkatkan kualitas pernapasan, lakukanlah latihan pranayama atau jika ingin memperkuat tubuh dapat melakukan asana seperti vinyasa yoga atau yin yoga.


2. Kenakan Pakaian dan Peralatan Olahraga yang Nyaman

Menurut Ditra, pakaian olahraga yang nyaman akan mendukung gerakan olahraga yang dinamis dengan baik. Selain itu, jadikan perlengkapan atau alat penunjang olahraga sebagai investasi. Seperti matras yoga yang tidak licin dan berbahan natural rubber, atau sepatu yang sesuai dengan olahraga yang biasa dilakukan.


3. Ketahui Waktu dan Durasi Berolahraga

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal saat berolahraga, penting untuk kita tahu waktu dan durasi olahraga yang baik bagi kesehatan. World Health Organization (WHO) menganjurkan orang berusia 18-64 tahun untuk berolahraga dengan intensitas sedang selama 150-300 menit per minggu atau sekitar 30 menit hingga 1 jam per hari.


4. Imbangi dengan Gizi Seimbang

Menjaga kesehatan adalah salah satu prioritas utama dalam hidup kita. Untuk mencapai kesehatan yang optimal, tidak hanya perlu rajin berolahraga, tetapi juga sangat penting untuk menjaga pola makan yang seimbang. Kebiasaan makan yang baik dapat membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk menjalani kehidupan yang aktif dan produktif.


5. Kelola Kesehatan Mental dengan Berolahraga

Melansir Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), berolahraga dapat merawat kesehatan emosi serta mencegah gangguan depresi. Ketika berolahraga, tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin yang dapat memberikan energi positif bagi tubuh dan dapat memperbaiki mood kita. Menurut Alyssa, olahraga bermanfaat untuk kesehatan mental karena bisa membuat pikiran lebih tenang dan membantu mengurangi stres.

Baca juga: Simak 5 Cara agar Terhindar dari Penyakit Mag, Salah Satunya Berolahraga

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Zenfone 10 Rilis di Indonesia Akhir September 2023, Intip Bocoran Spesifikasinya

BERIKUTNYA

Survei Terbaru, Begini Kebiasaan Orang Indonesia dalam Berbelanja Smartphone

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: