Avocado Genoise Cake The Harvest (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Sensasi Alpukat dalam Kue Lembut Racikan dari The Harvest

19 September 2023   |   06:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Alpukat merupakan salah satu buah asal Amerika Tengah yang populer di Indonesia. Selain warna hijaunya, alpukat juga dikenal kaya akan lemak baik. Alpukat diperkirakan masuk ke  Indonesia saat masa Hindia Belanda pada 1920-an. Sejak saat itu, buah ini mulai dikenal dan makin populer di Indonesia.

Lebih dari satu abad menjadi buah favorit masyarakat Indonesia, kini alpukat mulai banyak digunakan sebagai bahan campuran makanan termasuk kue, roti, dan pastry. Jika biasanya kue dikenal dengan isian cokelat, stroberi, atau vanilla, tren kue buah mulai mendobrak penggunaan ragam buah-buahan untuk topping atau filling kue.

Langkah mengemas sensasi alpukat dalam tekstur kue lembut ini diambil oleh toko kue ternama sejak 2004 yang bernama The Harvest. Toko kue yang populer dengan chocolatier ini memperkenalkan kue lembut dalam balutan alpukat yang manis.

Baca juga:  Resep Bakpao Kukus Lembut Sederhana, Isian Ayam dan Cokelat

Ada lima seri bertema alpukat yang diluncurkan menyambut HUT ke-19 The Harvest. Dua seri terdiri dari makanan dan tiga seri terdiri dari minuman. Menu-menu tersebut antara lain Avocado Genoise Cake, Avocado Donut, Iced Avocado Coffee, Iced Avocado Chocolate dan Avocado Smoothies. Di antara lima menu ini, Avocado Genoise Cake menjadi yang paling diandalkan dari seri kue terbaru The Harvest.
 
CEO Mount Scopus Indonesia (The Harvest Group) Edison Manalu mengatakan, alpukat merupakan salah satu buah favorit masyarakat Indonesia yang rasanya unik untuk dijadikan topping hingga filling kue. “Kita mau kasih memori alpukat yang manis dalam sebuah cake,” kata Edison.

Avocado Genoise Cake (Sumber gambar: Dok. The Harvest)

Avocado Genoise Cake (Sumber gambar: Dok. The Harvest)

Tekstur kuenya pun dibuat lebih beragam, memadukan kelembutan mousse, kue serta gurihnya crumble. Pada bagian atasnya terdapat topping alpukat yang manis dan lumer, sementara bagian tengahnya terdapat sponge kue cokelat yang tebal, dan di bagian bawahnya terdapat crumble choco crispy dengan rasa cokelat yang tidak terlalu manis. Paduan ini membuat tekstur gurih dan lembut berbalut rasa manis yang seimbang dalam sekali gigit.
 
Edison mengatakan, The Harvest pernah menghadirkan menu dengan tema alpukat pada 2016. “Waktu itu menu alpukatnya masih basic, sekarang kita buat kombinasi antara tekstur dan manis kuenya lebih kaya dan seimbang ketika dimakan,” katanya.  Avocado Genoise Cake dijual dalam ukuran diameter 20 cm dengan harga sekitar Rp390.000. Sementara untuk porsi personal atau portion triangle dihargai sekitar Rp43.000.
 
The Harvest tidak hanya membawa legitnya buah alpukat ke dalam kue yang lembut. Pecinta alpukat bisa menjajal menu andalan dari Avocado Series lainnya yaitu Avocado Donat. Donatnya memiliki bentuk unik menyerupai pastry, tetapi di bagian dalamnya tidak berlayer seperti croissant. Bagian luarnya disiram dengan topping alpukat dan coklat tipis, sementara bagian dalamnya merupakan kue dari adonan donat yang padat dengan filling alpukat yang manis dan penuh.
 
Kamu yang bosan dengan kudapan kue bisa menjajal minuman bertema alpukat dengan paduan kopi atau cokelat. “Rasa kopinya kita buat tidak terlalu kuat, dan buah alpukatnya menyeimbangkan rasanya. Kalau Avocado Smoothies kita buat seperti milkshake tapi teksturnya lebih thick,” kata Edison. Minuman andalan dari Avocado Series ini adalah Avocado Chocolate yang disajikan dengan cokelat kental dan mousse alpukat. Kemudian di bagian pinggir gelasnya dihias dengan potongan cokelat putih yang manis.  
 
Kedepannya, Edison mengatakan ingin mengeksplorasi menu-menu fusion, memadukan kue-kue dengan gaya Amerika, Eropa, dan Asia. “Kita basic pada cake ala Eropa dengan American style. Kedepannya akan eksplorasi menu fusion dengan kue-kue khas Asia yang biasanya mengandalkan jenis kue bolu,” kata Edison.

Baca juga:   Resep Lava Cake isi Choco Cadbury yang Manis dan Lumer di Mulut

Editor:  Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Kemenparekraf Usulkan Aset Budaya Jadi Objek Vital Nasional

BERIKUTNYA

Museum Nasional Terbakar, Sistem Anti Kebakaran Canggih di Getty Center Ini Bisa Ditiru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: