Ilustrasi membersihkan rumah dengan vacuum cleaner. (Sumber gambar : Freepik/Rawpixel)

Rekomendasi Vacuum Cleaner Handheld di Bawah 1 Jutaan, Cocok Buat Kaum Urban

18 September 2023   |   18:26 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Membersihkan rumah di era perkembangan teknologi tidak lagi menjadi kegiatan yang melelahkan. Jika dahulu harus menyapu hingga 2-3 kali, kini cukup menyalakan tombol vacuum cleaner untuk bisa menyedot seluruh debu dan kotoran, termasuk sudut-sudut ruang. 

Mesin penghisap debu yang pertama kali muncul pada abad ke-19 ini pun terus berevolusi. Beberapa produk pun saat ini diciptakan tanpa kabel (handheld) sehingga pengguna tidak perlu repot berpindah-pindah colokan untuk menjangkau seluruh area rumah. 

Baca juga: Makin Canggih, Cek Mode Pembersihan Vacuum Cleaner yang Tambah Beragam

Menurut Teddy Tjan, Sales & Marketing Director dari Advance Digitals, produk handheld vacuum cleaner ini cukup laris di kalangan ibu rumah tangga, terutama mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan tinggal di perkotaan. “Memudahkan ibu rumah tangga apalagi yang tinggal di apartemen,” ujarnya. 

Hal senada juga disampaikan Direktur ACE Teresa Wibowo. Menurutnya vacuum cleaner yang bentuknya ringkas, mode gagang, memiliki HEPA filter, dan menyedot dalam keadaan basah sangat diminati ibu rimah tangga yang tinggal di apartemen dan para ibu muda. 

Salah satu produk vacuum cleaner keluaran Advance yang cukup menjadi favorit ibu rumah tangga yakni AVC-606. Selain kemampuan hisap debunya yang kuat, daya listriknya cukup hemat, dan tentu harganya ramah kantong. 

Dibanderol kurang dari Rp1 jutaan, Advance Cordless Handheld Vaccum Cleaner AVC-606 memiliki daya hisap sekitar 9 kPa dengan kapasitas cangkir debu 0,6  liter. Vacuum cleaner metode rechargeable ini memiliki kapasitas baterainya cukup tinggi yakni 2.000 mAh dengan tegangan DC 22,2 Volt dan daya listrik sangat hemat, cukup 160 Watt saja.

“Waktu pengisian daya 5 jam untuk pemakaian 35-42 menit untuk posisi resisten dan 18-25 untuk posisi high-end,” tutur Teddy.

AVC 606 (Sumber gambar : Advance)

AVC 606 (Sumber gambar : Advance)

Tidak perlu takut mesin panas. Pasalnya, baterai AVC-606 memiliki perlindungan termal, dan baterai akan mati secara otomatis saat terlalu panas. “Baterai memiliki 300 siklus, dan kapasitasnya lebih besar dari 80 persen. Penggantian spesifik tergantung pada kebutuhan pelanggan,” tambah Teddy.


Selain daya hisap kuat, memang fitur penyaring menjadi hal krusial dalam pemilihan vacuum cleaner. HEPA filter menjadi pilihan yang tepat karena memungkinkan vacuum cleaner meminimalisir partikel kotoran dan debu yang bertiup kembali ke ruangan. Filter ini mampu mengunci partikel dengan ukuran lebih kecil, sehingga cocok untuk pengguna yang memiliki alergi.

Teddy menyebut AVC-606 sudah dilengkapi dengan HEPA filter yang mudah dibersihkan. Kendati demikian, dia merekomendasikan untuk menggantinya setiap enam bulan sekali dan langsung membuang debu atau kotoran yang tersaring agar produk memiliki masa pakai yang panjang. 

AVC-606 juga memiliki desain modern dengan genggaman ramping dan pegangan yang lebih nyaman. Bahannya tampil kokoh menggunakan besi almunium berwarna doff. Sementara Bobotnya cukup ringan, hanya 1,1 kilogram (kg) sehingga pengguna tidak akan merasakan pegal saat pemakaian.

Sebagai perusahaan elektronik lokal, Advance juga menghadirkan produk vacuum cleaner yang harganya terbilang sangat murah yakni AVC-585. Setengah harga dari AVC-606, yakni pada kisaran Rp399.000, AVC-585 memiliki keunggulan termasuk sistem penyaring ganda dengan HEPA Filter dan kebisingan di bawah 85 desibel. 

Tingkat kebisingan juga harus menjadi tolak ukur berikutnya dalam memilih vacuum cleaner. Biasanya, tingkat kebisingan ideal dari penyedot debu adalah 75 hingga 77 dB. Jika memungkinkan, produk berkemampuan operasi di bawah 66 dB akan jauh lebih baik. Sayangnya untuk AVC-585, konsumsi dayanya masih sedikit lebih tinggi dibandingkan AVC-606, yakni 600 Watt dengan voltase 220-240 V. Produk ini juga menggunakan kabel dengan panjang meter dan berat total 3 kilogram. 
 

Xiaomi Deerma DX700 2 in1 Handheld. (Sumber foto: Xiaomi)

Xiaomi Deerma DX700 2 in1 Handheld. (Sumber foto: Xiaomi)

Untuk vacuum cleaner di bawah Rp1 jutaan berikutnya ada Xiaomi Deerma DX700 2 in1 Handheld. Produk asal China yang dibanderol harga Rp399.000-Rp415.000 ini dilengkapi motor penyedot yang sangat powerful dan efisien energi. Alat ini juga memiliki fitur anti winding comb teeth yang membuat rambut-rambut tidak akan kusut di dalam tabung.

Selain memiliki HEPA Filter, Deerma DX700  juga dilengkapi Double Exhaust Fan guna meminimalisir panas yang dihasilkan ketika alat bekerja. Adapun konsumsi dayanya 600 Watt dengan daya hisap 15 kPa. 

Dari sisi desain, Deerma DX700  memiliki gagang fleksibel yang dapat diatur dalam mode pendek ataupun panjang, serta dapat digunakan secara vertikal. Ada 3 sikat kepala yang dapat disesuaikan untuk berbagai kondisi. 

Vacuum cleaner nirkabel lainnya yang bisa menjadi pilihan yakni Realme TechLife Handheld Vacuum Cleaner. Dijual dengan harga Rp1,2 jutaan, penyedot debu ini dilengkapi lampu LED sebagai indikator tingkat  baterai. Kekuatan baterainya sebesar 2.200mAh dan dapat digunakan selama 40 menit untuk mode halus dan 20 menit dalam mode kuat. 

Kemampuan daya hisapnya sebesar 9,5 kPa berkat kombinasi kekuatan 140W dan kecepatan putar 10.500RPM.  Mesin vakum juga dibuat untuk berputar di 2.200RPM yang mampu mengumpulkan kotoran dengan efisien. Bobotnya terbilang ringan yakni 1,3 kg.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Menilik Potensi & Tantangan Kerja Berbasis Platform Digital di Indonesia

BERIKUTNYA

Hypereport: Gaya Hidup Kekinian & Problem Kesehatan Generasi Masa Depan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: