Sejumlah koleksi arca di Museum Nasional Indonesia. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis/Eusebio Chrysnamurti)

BLU Museum Cagar & Budaya Pastikan Koleksi Repatriasi dari Belanda Aman

17 September 2023   |   12:48 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya memastikan bahwa koleksi yang terdampak akibat kebakaran yang terjadi di Gedung A Museum Nasional Indonesia adalah replika. Sementara koleksi hasil repatriasi dari Belanda diklaim aman. 

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra mengatakan bahwa Ada 6 ruangan di Gedung A yang terdampak, sedangkan 15 ruangan lainnya di gedung A serta ruangan pamer gedung B dan C sama sekali tidak terdampak lantaran Api tidak menyebar.

Baca juga: Tiga Abad Disimpan di Belanda, Tahap Pertama Repatriasi 4 Arca Era Singasari Tiba di Indonesia

"Sisanya dipastikan dalam keadaan aman. Kami secara intensif terus melakukan pengukuran dampak dan rencana tindak lanjut," jelasnya dalam keterangan yang diterima Hypeabis.id, Minggu, (17/9/2023).

Dia menambahkan bahwa koleksi hasil repatriasi dari Belanda yang diterima oleh museum beberapa waktu lalu juga dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran. 

Menurutnya, situasi di Museum Nasional Indonesia (MNI) terkendali setelah tim pemadam kebakaran, kepolisian, dan MNI bekerja sama memadamkan api. Kebakaran yang melalap sebagian Gedung A pada Sabtu, (16/9/2023), berhasil dikendalikan pada pukul 22:40 WIB. 
 
Sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim telah memberikan pernyataan pers dari lokasi kebakaran bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan prioritas utama BLU MCB saat ini adalah untuk mengidentifikasi dan memperbaiki ruangan museum yang terdampak serta memastikan keamanan benda sejarah.  
 
"Kami akan berupaya keras untuk memastikan bahwa museum kembali dalam kondisi terbaik secepat mungkin," jelas Mahendra. 
 
Sebagai langkah pencegahan tambahan, MNI akan sementara ditutup sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.  
 Dia menuturkan bahwa pihaknya akan mengembalikan tiket yang telah dibeli oleh masyarakat lantaran kebakaran yang terjadi merupakan situasi force majeur.  

"Informasi lebih lanjut mengenai proses pengembalian dana akan disampaikan segera setelah kami memiliki panduan yang lebih jelas," katanya.

Dia meminta masyarakat mengerti dengan langkah yang diambil oleh lembaga karena penutupan itu bertujuan memastikan keselamatan dan keamanan pengunjung. 
 
Selain itu, MCB juga telah membentuk tim khusus yang bertanggung jawab merawat dan mengamankan benda-benda sejarah dan budaya yang terdampak kebakaran sesuai instruksi Mendikbudristek.
 
"Investigasi terus dilakukan  untuk menentukan penyebab pasti kebakaran ini. Kami berkomitmen untuk terus berbagi temuan investigasi dengan publik seiring perkembangannya," katanya. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Mendikbud Nadiem Turunkan Tim Investigasi Internal Usut Kebakaran di Museum Nasional

BERIKUTNYA

Kondisi Terkini Museum Nasional Setelah Kebakaran, Steril Dijaga Petugas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: