Sup labu. (Sumber gambar: Unsplash/Yu Jinyang)

Resep Pumpkin Soup with Cinnamon Croutons, Enak Dicicipi untuk Sarapan

01 September 2023   |   14:23 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Sup labu, atau dikenal pula sebagai pumpkin soup, bukanlah sekadar hidangan lezat yang menggugah selera, tetapi juga memiliki akar sejarah yang kuat yang berkaitan dengan semangat kemerdekaan dan perjuangan. Dibalik setiap sendokan sup labu, tersembunyi kisah yang memulai perjalanannya dari pulau Haiti, merambah sepanjang waktu hingga menjadi hidangan yang diakui secara global.

Cerita sup labu dimulai di Haiti, sebuah pulau di Karibia, yang dulu merupakan koloni Prancis dan tempat berlangsungnya peristiwa penting dalam sejarah dunia. Pada 1 Januari 1804, warga Haiti mengukir namanya dalam catatan sejarah sebagai salah satu negara pertama yang merdeka setelah melalui pertempuran yang sengit dan berdarah.

Baca juga: 20 Tahun Sejak Pumpkin Spice Latte Dirilis, Yuk Coba Buat Sendiri Di Rumah

Sebagai cara untuk merayakan kemerdekaan mereka dari penjajahan kolonial Prancis, warga Haiti mengambil inspirasi dari momen bersejarah ini untuk menciptakan hidangan istimewa. Inilah tempat lahirnya "sup joumou," atau sup labu, yang merayakan kebebasan dan kebangkitan.

Labu yang merupakan bahan utama sup, diartikan sebagai simbol kesuburan, pertumbuhan, dan transformasi. Saat warga Haiti menyantap sup ini, mereka merayakan perjuangan yang mereka lalui untuk mendapatkan kemerdekaan, sambil menghormati leluhur mereka yang telah berjuang demi masa depan yang lebih baik.

Seiring perkembangan waktu, sajian ini tidak hanya berdiam di Haiti, tetapi juga merambah ke berbagai belahan dunia. Para imigran Haiti yang tersebar di seluruh dunia membawa serta resep dan tradisi sup labu, yang secara perlahan mendapatkan tempat di berbagai meja makan di berbagai budaya.

Selain itu, di negara-negara lain, khususnya di Amerika Utara, hidangan ini sering menjadi bagian penting dalam perayaan Thanksgiving.

Siapkan lidahmu untuk merasakan kelezatan hidangan istimewa, Sup Labu dengan Crouton Kayu Manis. Berikut adalah langkah-langkah untuk mempersiapkan hidangan ini di rumah.


Pumpkin Soup with Cinnamon Croutons

Bahan-bahan:

Crouton kayu manis:

• 3 sendok makan mentega, dilunakkan
• 1 sendok makan gula merah
• ¼ sendok teh kayu manis bubuk
• 4 potong roti gandum utuh


Sup:

• 1 cangkir bawang bombai cincang
• 2 sendok makan mentega, lelehkan
• 2 (14,5 ons) kaleng kaldu ayam
• 1 (15 ons) kaleng bubur labu
• 1 sendok teh garam
• ¼ sendok teh kayu manis bubuk
• ? sendok teh jahe bubuk
• ? sendok teh lada hitam bubuk
• 1 cangkir krim kocok kental


Cara memasak:

1. Panaskan oven hingga 400 derajat F (200 derajat C). Untuk crouton, campurkan mentega lunak, gula merah, dan kayu manis. Oleskan campuran ini secara merata pada satu sisi setiap irisan roti. Letakkan roti yang telah diolesi mentega di atas loyang. Panggang selama 8 hingga 10 menit, atau sampai roti menjadi garing dan topping-nya berbuih. Setelah itu, potong setiap irisan roti menjadi 8 segitiga atau kotak kecil yang lezat.
2. Tumis bawang bombai dengan mentega dalam panci sedang hingga bawang bombay menjadi empuk dan harum. Tambahkan satu kaleng kaldu ayam, aduk rata. Biarkan campuran mendidih, lalu tutup panci, kecilkan api, dan biarkan mendidih selama 15 menit.
3. Pindahkan campuran kaldu yang telah disiapkan ke dalam wadah blender atau food processor. Proses hingga adonan menjadi halus dan lembut.
4. Kembalikan adonan yang telah dihaluskan ke dalam panci. Tambahkan kaldu yang tersisa, potongan labu, garam, bubuk kayu manis, bubuk jahe, dan bubuk merica. Aduk semua bahan dengan rata. Didihkan campuran ini, lalu tutup panci, kecilkan api, dan biarkan mendidih selama 10 menit. Sesekali, aduk adonan sup agar rasa dan aroma tercampur sempurna.
5. Masukkan krim kocok ke dalam sup yang telah matang. Namun, pastikan krim tidak mendidih. Masukkan sup ke dalam mangkuk-mangkuk sup yang telah disiapkan. Sebelum menyajikannya, taburkan setiap porsi dengan Crouton Cokelat Kayu Manis yang telah kalian siapkan sebelumnya.

Sajikan Sup Labu dan Crouton Cokelat Kayu Manis ini hangat kepada keluarga dan teman-teman terkasih. Rasakan nikmatnya kombinasi cita rasa labu yang lezat dengan sentuhan manis dan rempah kayu manis pada crouton yang garing. Selamat menikmati!

Baca juga: Sarapan Sehat, Coba Nikmati 3 Resep Oatmeal Prancis Ini Yuk

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Puput Ady SUkarno

SEBELUMNYA

7 Rekomendasi Dessert Enak ala Gelato Secrets

BERIKUTNYA

Trailer Perdana Film Budi Pekerti Dirilis, Kisah Guru BK yang Viral di Media Sosial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: