Ilustrasi pumpkin spice latte. (Sumber foto: Pexels/Valeriia Miller)

20 Tahun Sejak Pumpkin Spice Latte Dirilis, Yuk Coba Buat Sendiri Di Rumah

30 August 2023   |   16:30 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Bulan ini menandai dua dekade sejak peluncuran salah satu minuman paling populer di Starbucks, Pumpkin Spice Latte. Pertama kali tersedia di sejumlah kafe di Amerika Utara pada 2003, minuman ini lahir dari eksperimen kelompok fokus yang awalnya kurang populer di kalangan pengembang resep minuman.

Manajer produk Starbucks saat itu, Peter Dukes, menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mengembangkan minuman musiman baru di laboratorium Starbucks pada 2002. Meskipun minuman rasa labu tersebut bukan yang paling populer dalam pengujian internal dari 10 minuman yang dibuat, minuman tersebut dipilih sebagai produk baru berdasarkan keyakinan bahwa tidak ada produk lain yang serupa di pasaran.

Baca juga: Resep Kurma Latte, Minuman Segar yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Sejak distribusi di seluruh AS dimulai pada 2003, campuran saus pumpkin spice, kayu manis, cengkeh, dan pala, dengan krim kocok dan topping pai labu (untuk dua tahun pertama, resep aslinya tidak menggunakan labu asli) menjadi produk terlaris Starbucks.

Pada era 2010-an, segala sesuatu mulai dari lilin beraroma pumpkin spice hingga hingga pumpkin-spice ham tersedia di pasaran. Dua puluh tahun kemudian, musim gugur identik dengan Pumpkin Spice Latte, atau lebih dikenal dengan julukan populernya, #PSL. Minuman ini sudah mendarah daging dalam budaya kopi di Amerika dan Eropa, bahkan menjadi stereotip karakter seseorang.
 

Starbucks mengatakan resep resmi Pumpkin Spice Latte saat ini adalah labu dan aroma bumbu (spice) khas musim gugur tradisional yang dipadukan dengan espreso dan susu steam, di atasnya diberi krim kocok dan perasa pai labu. 

Meski demikian, banyak orang percaya minuman ini sama sekali tidak mengandung labu melainkan kombinasi sederhana dari kayu manis, jahe, pala, allspice dan cengkeh. 

Genhype bahkan bisa dengan mudah mengkreasikan resep Pumpkin Spice Latte kalian sendiri di rumah. Selain kopi, susu, gula dan krim kocok, kalian akan membutuhkan resep untuk meracik pumpkin spice yang mungkin hampir mendekati aslinya.

Yuk simak resepnya berikut ini.


Resep Pumpkin Spice Latte

Bahan-bahan:
  • 600 ml air
  • 1 sdm pala bubuk
  • 3 batang kayu manis
  • 15 gram jahe (iris atau geprek)
  • 250 gram gula
  • 100 gram labu kuning

Cara membuat:
  1. Rebus jahe, kayu manis dan bubuk pala dengan air mendidih.
  2. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan tetap direbus selama sekitar 20 menit. Tutup panci agar cairan tidak berkurang terlalu banyak.
  3. Saring campuran dengan kain bersih atau saringan kopi ke dalam mangkuk.
  4. Bersihkan panci dan masukkan kembali cairan bumbu yang sudah disaring, lalu tambahkan gula pasir dan aduk dengan api kecil.
  5. Jika gula sudah larut, masukkan labu kuning yang sudah dihaluskan dan aduk rata selama dua hingga tiga menit.
  6. Jika potongan labu melumat, biarkan campuran mendidih dengan api sedang selama 10 hingga 15 menit hingga mengental menjadi sirup/saus.
  7. Saus yang sudah siap bisa disimpan dalam wadah kedap udara dan ditambahkan ke campuran kopi andalan kalian. Selamat mencoba! 
Baca juga: Resep Es Krim Matcha yang Simpel untuk Dicoba di Rumah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Ragam Menu Main Course Gurih di Restoran Kastil Dimsum

BERIKUTNYA

Resep Balado Bola Daging, Sajian Nikmat untuk Lauk Makan di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: