Keindahan alam di Lembah Harau yang masih asri dan hijau (Sumber gambar: Wikimedia Commons/Riri in Nature)

4 Rekomendasi Penginapan Nyaman di Lembah Harau Sumatra Barat

09 September 2023   |   10:04 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabat, atau kekasih dengan menyusuri keindahan alam Nusantara merupakan hal yang diinginkan banyak orang. Kegiatan ini juga mampu mengurangi tingkat stress bagi karyawan yang selalu disibukan dengan pekerjaan selama seminggu.

Bagi Genhype yang kebingungan untuk mencari objek wisata seru dan menghadirkan pengalaman baru, kalian dapat mengunjungi keindahan Lembah Harau. Objek wisata ini juga sering dijuluki sebagai Lembah Yosemite Indonesia, yang merupakan kawasan populer di Taman Nasional Yosemite, California, Indonesia. 

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Belitung, Pulau di Lepas Pantai Timur Sumatra yang Memesona

Tempat rekreasi ini menampilkan panorama keindahan tebing-tebing yang menjulang tinggi, dipadukan hamparan persawahan milik warga, serta lingkungan alam yang masih asri dengan deretan pepohonan yang tubuh subur. Keindahan yang tidak akan pernah kita temukan di jantung ibu kota yang terbalut polusi.

Lembah Harau terletak di Desa Tarantang dan Desa Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat.  Kalian dapat mengunjungi lokasi wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum yang disewakan.

Selain itu, bagi wisatawan yang ingin menginap, kalian tidak perlu khawatir. Di tempat wisata ini, ada beberapa penginapan dengan harga yang ramah kantong. Berikut 4 rekomendasi hunian nyaman di tempat wisata Lembah Harau versi Wonderful Indonesia.
 

1. Teras Harau

Homestay yang menghadirkan unsur alam dan menawarkan kesan glamor dapat kalian temukan di Teras Harau. Berbeda dengan beberapa homestay lainnya, tempat ini mengambil desain arsitektur seperti rumah adat Batak dengan beberapa interior dari kayu.  Selain itu, penginapan ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menghindari polusi di ibukota sebab lingkungannya yang masih asri.

Homestay ini juga memiliki fasilitas lengkap meskipun berada jauh dari pusat kota. Beberapa fasilitas di Teras Harau adalah kamar yang dilengkapi dengan televisi, kamar mandi, dan juga beberapa meja. Selain itu tempat ini dilengkapi dengan wifi, ruangan dansa, area merokok, area parkir, kafe dan restoran, perkebunan, serta resepsionis yang siap melayani kalian 24 jam. 

Bagi kalian yang suka hunting foto, tempat ini juga menghadirkan spot foto yang dengan latar belakang barisan tebing dan pepohonan yang berbaris rapi.Teras Harau terletak di Jorong Lubuak Limpato, Desa Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat.

Dari ibu kota kabupaten Padang, kalian dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan yang disewakan, dengan menempuh waktu selama 4 jam perjalanan menyusuri Jalan Lintas Barat Sumatra hingga tiba di Sarilamak. 

Untuk mencapai lokasi homestay kalian bisa menggunakan becak atau ojek yang akan menghantar kalian hingga sampai ke tujuan. Harga yang ditawarkan oleh homestay ini sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu Rupiah hingga jutaan Rupiah. Kalian juga dapat menggunakan platform penyedia tiket agar mempermudah perjalanan liburan.
 

2. Roemah Abdoe Café And Homestay

Berada di tengah rimbunnya pepohonan yang menjulang tinggi, tempat ini juga berdekatan dengan air terjun Sarasah Bunta, sehingga kalian dapat dengan mudah menemukan spot foto yang menarik. Roemah Abdoe Café And Homestay pun menghadirkan berbagai fasilitas menarik yang dapat menjamin keamanan serta kenyaman para wisatawan.

Fasilitas yang disediakan ialah kendaraan jemputan, kamar dengan interior alam yang unik dan dilengkapi dengan TV kabel serta kamar mandi menggunakan bathtub dan mesin cuci, kafe dan restoran yang menghadirkan berbagai menu makanan yang nikmat, wifi gratis, tempat parkiran, dan keamanan 24 jam.

Penginapan ini terletak di  Desa Tarantang, Kecamatan Harau,  Kabupaten Lima Puluh Kota. Untuk sampai ke tempat ini, kalian  dapat menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum, dan jemputan dari pihak homestay saat pemesanan tiket menggunakan aplikasi. Jarak yang ditempuh dari pusat ibu kota hingga ke tempat ini adalah sejauh 139 kilometer atau setara dengan 4 jam perjalanan.

Dari Padang, kalian akan melewati Jalan Lintas Barat Sumatra hingga ke Sarilamak. Bagi kalian yang menggunakan kendaraan umum, akan melanjutkan perjalanan dengan becak atau ojek yang akan mengantar hingga ke homestay Roemah Abdoe Café And Homestay. Untuk harga tiketnya dapat diperoleh mulai dari harga Rp330.000 per malam. 
 

3. Orau Inn Homestay

Bagi Genhype yang sudah bosan dengan suasana ibu kota yang diselimuti polusi setiap harinya, kalian wajib mencoba untuk menginap di Orau Inn Homestay. Terletak diantara tebing-tebing dan pepohonan yang menjadi pagar alami, membuat tempat ini terlihat sangat eksotis. Hal ini juga ditambah dengan interior homestay yang menggunakan bahan-bahan alam seperti bambu.

Eits, jangan khawatir, meskipun terbuat dari kayu, tempat ini sangat nyaman dan aman karena terurus dengan baik oleh pengelolanya. Kalian dapat menikmati keindahan alam tanpa mendengar bisingnya kendaraan. Tempat ini juga menyediakan spot foto yang sangat instagramable.

Selain itu, penginapan ini menyediakan berbagai fasilitas pendukung seperti kamar tidur yang dilengkapi toilet dan kamar mandi dalam, fasilitas kebersihan, ruangan bebas rokok, taman, teras, fasilitas barbekyu. Tempat ini juga menyediakan makanan Asia yang halal dan akan diantar ke kamar para tamu.

Lokasi penginapan ini terletak di Desa Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat.  Untuk sampai ke tempat ini kalian dapat menggunakan kendaraan pribadi, umum, dan kendaraan jemputan yang disediakan oleh pihak hotel dari bandara.

Dari bandara Internasional Minangkabau, kalian akan menempuh perjalanan sejauh 117 km menggunakan jemputan pihak homestay. Sedangkan bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, dari pusat kota kalian akan menempuh perjalanan sejauh 139,2 km melewati Jalan Lintas Barat Sumatra atau menggunakan maps. Biaya penginapan di tempat ini tergolong ramah kantong karena berkisar mulai dari harga Rp300.000 per malam.
 

4. Herota Homestay

Bangunan penginapan yang unik dan terbuat dari kayu membuat tempat ini terlihat sangat cantik. Selain itu, keindahannya pun ditunjang dengan lingkungan sekitarnya yang masih asri dengan tambahan aksen kolam yang menambah keelokannya. Salah satu hal yang menjadi ikon tempat ini adalah adanya pondok estetik yang berada di tengah kolam dengan jembatan kayu yang saling menghubungkan. 

Bagi kalian yang ingin menginap di Herota Homestay, tempat ini  menyediakan berbagai fasilitas seperti kamar dengan ukuran 35 m, wifi gratis di setiap kamar, breakfast service, tempat parkir, ruang keluarga, taman yang indah,  keamanan 24 jam, kamar mandi dan toilet. Bagi Genhype yang suka mengabadikan momen, tempat ini sangat cocok karena kalian akan diperlihatkan dengan barisan bukit dan tebing yang menjulang tinggi.

Untuk sampai ke tempat ini kalian akan menempuh perjalanan sejauh 135,9 Km dari Kota Padang atau setara dengan 4 jam perjalanan. Sama seperti beberapa homestay sebelumnya, kalian dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum hingga ke Sarilamak, kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek ke Herota Homestay. Biaya penginapan di tempat ini mulai dari Rp300.000 hingga Rp500.000.
 
Bagi Genhype yang ingin melakukan perjalanan ke Lembah Harau kalian juga dapat melakukan beberapa kegiatan misalnya trekking, mendaki bukit, bersepeda, panjat tebing, dan camping di tengah alam. Jadi tempat ini sangat recommended untuk menjadi tujuan wisata kalian di akhir minggu.
 
 Baca juga: 6 Kawasan Cagar Budaya di Sumatra Ini Punya Banyak Keunikan
 
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

 Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

3 Kreasi Menu Sehat Khas Indonesia Non Gorengan

BERIKUTNYA

Fakta Menarik MV Slow Dancing Milik V BTS, Penuh Teka-teki dan Teori

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: