Ilustrasi orang tengah bernyanyi dengan teknik vibra atau vibrato (Sumber foto: Unsplash/Obie Fernandez)

3 Cara Memunculkan Vibra saat Bernyanyi ala Coach Indra Aziz

05 September 2023   |   18:16 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Dalam dunia musik, khususnya ketika sedang bernyanyi, ada banyak teknik yang bisa diterapkan untuk membuat lagu yang tengah disenandungkan jadi lebih enak didengar. Salah satunya adalah teknik vibra atau vibrato, sebuah efek vokal yang dihasilkan melalui suara berbentuk gelombang. 

Vibra adalah ucapan berulang berbentuk gelombang halus pada nada-nada yang berbeda. Dalam seni musik, vibrato berfungsi untuk menambah keindahan yang dibutuhkan oleh penyanyi. Umumnya para penyanyi profesional sudah memiliki vibra di vokalnya. Hal itu dihasilkan dari jam terbang yang tinggi. 

Baca juga: Joanna Andrea Bagikan Tantangan Jadi Penyanyi, Penulis Lagu & Produser Musik Sekaligus

Sementara itu, bagi penyanyi baru atau awam vibra bisa jadi tidak muncul. Akan tetapi, jangan khawatir karena hal ini bisa dilatih. Bagi Genhype yang tertarik untuk mengolah suara layaknya profesional, punya vibrato dapat menjadi nilai tambah. Kalian bisa mengikuti beberapa tip yang dibagikan oleh Indra Aziz. 

Indra merupakan musisi dan pelatih vokal ternama di Indonesia. Dia dipercaya untuk melatih suara para finalis ajang pencarian bakat menyanyi seperti Indonesian Idol, The Voice Indonesia, dan X Factor Indonesia. Melalui media sosialnya, dia banyak membagikan tip, termasuk teknik mudah untuk memunculkan unsur vibra atau vibrato guna memperindah vokal dalam bernyanyi. Apa saja? Yuk simak. 
 

1. Melatih Pernapasan

Menurut Indra Aziz, vibra muncul melalui kontrol napas yang benar. Oleh sebab itu, melakukan latihan pernapasan, dapat memancing munculnya vibra pada suara. Salah satunya bisa dilakukan dengan teknik mendesis. 

Mendesis merupakan suara yang dihasilkan oleh napas melalui diafragma. Menurutnya, menyempurnakan pernapasan merupakan komponen penting karena sekaligus bisa melatih kepekaan terhadap musik. 
 

2. Menggunakan Humming 

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk memunculkan vibrato adalah dengan cara humming atau bersenandung. Indra mengatakan bersenandung dapat membantu kamu untuk mempercepat proses munculnya vibra pada vokal. 

Tip andalan Indra adalah dengan cara lip trill. Ini bisa dilakukan dengan meletakkan dua jari di tangan yang berbeda pada sudut bibir, kemudian menggerakkan bibir hingga mengeluarkan suara seperti sedang men-starter mobil. Lakukan langkah ini mengikuti 7 nada dasar secara berulang. 

Selain untuk memunculkan vibrato, bersenandung juga dapat melatih kamu untuk berbicara di depan umum dengan percaya diri dan menghasilkan suara yang tegas. 

Dilansir dari armanitalks, terdapat empat manfaat yang dihasilkan untuk berbicara yang lebih baik melalui senandung yakni meningkatkan kekuatan vokal, suara yang dihasilkan dapat lebih indah, mengurangi perasaan gugup di depan umum, dan meningkatkan keefektifan pesan yang disampaikan pada audiens. 
 

3. Melatih Pengucapan 

Cara terakhir adalah melatih pengucapan kata. Untuk melatih pengucapan, diperlukan kontrol terhadap napas yang lebih panjang. Serupa dengan bersenandung, pengucapan kata yang jelas dapat melatih ketahanan diafragma.

Caranya adalah mengucapkan huruf vokal seperti U, A, I, E, dan O. Perbedaanya, pengucapan dilakukan dengan perlahan dan menahan vokal di nada atas lalu turun secara perlahan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rilis Album Baru, Young K Day 6  Siap Gelar Konser Tunggal Perdana di Jakarta

BERIKUTNYA

Hal-hal Menarik yang Muncul di Trailer Terbaru Loki Season 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: