Poster film 24 Jam Bersama Gaspar. (Sumber gambar: Visinemaid)

Cek 30 Film Cerita Panjang yang Lolos Seleksi Awal Festival Film Indonesia 2023

04 September 2023   |   16:55 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Komite Festival Film Indonesia 2023 mengumumkan 30 film cerita panjang yang berhasil lolos pada tahap seleksi awal. Seluruh film tersebut telah melalui seleksi awal yang memenuhi kriteria dan elemen penjurian, potensi nominasi, serta persyaratan administrasi.

Nantinya, 30 film tersebut akan melewati tahap film rekomendasi dari beberapa asosiasi profesi perfilman. Ketiga puluh film yang lolos pada tahap seleksi awal yakni 24 Jam Bersama Gaspar, Ali Topan, Berbalas Kejam, Budi Pekerti, Buya Hamka Vol. 1, Catatan Si Boy, Cek Toko Sebelah 2, Cross The Line, Dear David, Dear Jo: Almost is Never Enough, Detektif Jaga Jarak, Galang, dan Ganjil Genap.

Baca juga: Rangkaian Festival Film Indonesia Resmi Dibuka, Usung Tema Citra

Selain itu, ada pula film Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang, Kembang Api, Ketika Berhenti Di Sini, Like & Share, Onde Mande!, Orpa, Puisi Cinta Yang Membunuh, Qodrat, Qorin, Sara, Sewu Dino, Sleep Call, Sri Asih, Tegar, The Big 4, Waktu Maghrib, dan Women From Rote Island.
 


Garin Nugroho selaku Ketua Bidang Penjurian FFI 2023 menyampaikan kegembiraannya melihat antusiasme para pembuat dan kritikus film di ajang FFI tahun ini. Menurutnya, FFI adalah ajang yang menjaga kebersamaan para insan film Indonesia untuk saling membangun satu sama lain.

Banyaknya peserta tahun ini, lanjutnya, menunjukkan harapan para insan perfilman untuk terus berkarya dan memajukan industri film Indonesia dengan penuh keragaman dan semangat baru. "Saya ucapkan selamat kepada 30 film yang lolos seleksi awal FFI 2023. Mari kita rayakan keberagaman, kebersamaan, dan pencapaian film Indonesia,” ucapnya dalam keterangan resmi.

Seluruh film tersebut selanjutnya akan melalui Tahap Rekomendasi dari asosiasi-asosiasi profesi perfilman. Tahun ini, proses penjurian film kembali akan dilakukan secara daring di Ruang Penayangan FFI.

Platform penayangan daring ini tersedia atas kerja sama Komite FFI 2023 dengan Bioskop Online dan hanya dapat diakses oleh para juri yang bertugas.

Akademi Citra FFI yang terdiri dari sineas pemenang Piala Citra FFI juga akan kembali terlibat untuk menentukan daftar nominasi masing-masing kategori penghargaan. Sebanyak 97 anggota Akademi Citra telah menyatakan kesediaannya manjadi Juri Nominasi tahun ini.

Ketua Komite FFI 2021-2023 Reza Rahadian memaparkan terdapat sebanyak 742 karya, baik film cerita panjang, film pendek, film animasi, film dokumenter, dan kritik film yang telah diterima oleh Komite FFI 2023.

Jumlah tersebut terdiri dari 75 judul film cerita panjang, 566 judul film non cerita panjang dengan rincian 336 judul film cerita pendek, satu judul film animasi panjang, 89 judul film animasi pendek, 22 judul film dokumenter panjang, dan 118 judul film dokumenter pendek, serta 101 judul kritik film. 

Reza menuturkan jumlah film dan karya kritik yang mendaftar pada ajang FFI tahun ini meningkat lebih dari 50 persen dari tahun sebelumnya. Semakin banyak film Indonesia yang lolos seleksi festival luar negeri, film-film yang menampilkan nilai dan budaya lokal, serta sejumlah karya sinema yang dibuat oleh pembuat film dari daerah yang turut berpatisipasi dalam ajang FFI 2023.

"Semoga keragaman film yang lolos 30 besar seleksi awal FFI 2023 dapat memberi warna dan penanda capaian perfilman Indonesia yang semakin maju," kata aktor berusia 36 tahun itu.
 


Selain itu, Komite FFI 2023 masih membuka kesempatan bagi masyarakat pecinta film Indonesia untuk berpartisipasi melalui kategori penghargaan khusus yaitu Film, Aktor, dan Aktris Pilihan Penonton.

Film yang dapat dipilih adalah film-film yang berhasil lolos tahap Seleksi Awal FFI 2023. Aktor dan aktris yang dapat dipilih pun adalah mereka yang bermain di film-film tersebut. Pemilihan kategori penghargaan khusus ini dapat dilakukan melalui situs resmi FFI festivalfilm.id/vote mulai tanggal 2 September 2023 dan berakhir pada 31 Oktober 2023.

Di samping itu, daftar film non cerita panjang, baik film cerita pendek, film animasi, dan film dokumenter, serta karya kritik film yang berhasil lolos tahap Seleksi Awal akan diumumkan dalam waktu dekat. Adapun, daftar nominasi FFI 2023 akan diumumkan pada tanggal 14 Oktober 2023.
 


Sebagai informasi, Festival Film Indonesia 2023 mengangkat tema Citra. Tema ini dipilih karena kata 'citra' bermakna bayangan atau imaji yang terinspirasi dari sajak karya Usmar Ismail. Selain itu, kata Citra juga disematkan sebagai nama anugerah perfilman Indonesia yang telah diberikan sejak tahun 1967, dan menjadi simbol supremasi tertinggi perfilman Indonesia.

Piala Citra yang diberikan setiap tahun menjadi benang merah capaian perfilman Indonesia yang membentuk peta dinamika dan kemajuan perfilman Indonesia dahulu, kini, dan nanti. Tema ini dipilih sebagai tema umum festival dan tidak mengikat tema film-film yang akan berpartisipasi pada FFI 2023.

Sama seperti tahun sebelumnya, Komite FFI juga mendapuk  aktor dan aktris yang telah memenangkan piala citra dan mewakili generasi mereka sebagai Duta FFI 2023. Mereka adalah Christine Hakim, Lukman Sardi, Laura Basuki, Putri Marino, dan Chicco Kurniawan.

Mereka dipilih menjadi Duta FFI 2023 atas pertimbangan pencapaian dan perannya dalam perfilman Indonesia baik di skala nasional maupun internasional. Mereka akan bertugas sebagai wajah FFI hingga Malam Anugerah yang akan diadakan pada 14 November 2023.

Baca juga: Reza Rahadian Ungkap Alasan di Balik Terpilihnya 5 Duta Festival Film Indonesia 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

7 Jajanan Pasar Khas Jakarta yang Wajib Dicicipi Delegasi KTT ASEAN

BERIKUTNYA

Tengok Suasana Asri Hutan Kota GBK, Lokasi Jamuan Makan Malam KTT ke-43 Asean

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: