Es krim matcha (Sumber: Freepik/YuliiaKa)

Resep Es Krim Matcha yang Simpel untuk Dicoba di Rumah

22 August 2023   |   14:06 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Es krim merupakan salah satu jenis dessert yang populer dikonsumsi dan memiliki berbagai macam rasa. Salah satunya adalah rasa green tea (matcha) yang manis dan menyegarkan yang cocok untuk dinikmati pada siang hari.

Melansir dari The Spruce Eats, es krim green tea tidak terbuat dari teh, melainkan dari bubuk matcha. Meskipun begitu, penyebutan es krim green tea di Jepang sebagai surganya teh hijau, memiliki arti yang sama dengan es krim matcha. Bubuk matcha berwarna hijau cerah didapatkan dari daun teh hijau spesial yang digiling. 

Baca juga: Resep Bakpao Kukus Lembut Sederhana, Isian Ayam dan Cokelat

Jadi, pada dasarnya matcha merupakan daun teh hijau. Namun, perbedaan di antara keduanya terletak pada penggunaannya. Bubuk matcha berbeda dari teh hijau karena pada makanan yang menggunakan matcha mengandung daun teh yang sebenarnya.

Terlepas dari perbedaan tersebut, resep berikut ini akan menghasilkan es krim green tea (matcha) yang lezat. Selain itu, membuat es krim ini termasuk simpel dan praktis, dengan penggunaan bahan yang tidak terlalu banyak. 

Bahan-bahan

  • 1 sendok makan bubuk matcha gree tea.
  • 3 sendok makan air panas.
  • 2 kuning telur berukuran besar.
  • 5 sendok makan gula pasir putih.
  • ¾ cup susu full cream.
  • ¾ cup heavy cream yang sudah dikocok.


Cara Pembuatan

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Dalam satu mangkuk kecil, aduk air panas dan bubuk teh matcha dengan merata. Setelah itu, sisihkan mangkuk tersebut terlebih dahulu.
  3. Tuangkan kuning telur ke dalam teflon berukuran sedang, kemudian kocok pelan-pelan. Pastikan untuk tidak memanaskan teflon terlebih dahulu.
  4. Tambahkan gula ke dalam kuning telur tersebut dan aduk hingga tercampur dengan baik.
  5. Tambahkan susu sedikit demi sedikit ke dalam campuran kemudian aduk lagi.
  6. Panaskan teflon berisi campuran telur di atas api kecil, kemudian aduk terus agar tidak gosong.
  7. Ketika campuran sudah mulai mengental, berhenti memanaskan teflon dan mulai dinginkan. Kamu pun bisa membasahi bagian bawah teflon dengan air es untuk membantu mendinginkan campuran di dalamnya.
  8. Tambahkan bubuk matcha dan campuran air ke dalam campuran telur, kemudian aduk secara merata. Lalu, dinginkan campuran tersebut dengan air es.
  9. Selanjutnya, kocok heavy cream dengan menggunakan mixer hingga mengental dan mengembang. 
  10. Tambahkan heavy cream yang sudah dikocok ke dalam campuran telur dan matcha. Gabungkan semua bahan secara perlahan dengan menggunakan spatula hingga tercampur secara merata dan menjadi adonan. 
  11. Tuangkan adonan ke dalam mesin es krim dan ikuti instruksi penggunaan mesin. Jika kamu tidak memiliki alatnya, adonan es krim sebaiknya disimpan di dalam wadah kedap udara dan letakkan di dalam freezer hingga mengeras. Selain itu, adonan harus diaduk secara berkala ketika dalam proses pembekuan.
  12. Tunggu adonan membeku di dalam freezer selama 8 jam sebelum es krim siap disajikan.  
Baca juga: Resep Kue Cubit Green Tea & Nutrijel yang Mudah Dibuat

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

V BTS Rilis Teaser Single Blue, Lagu Pembuka Debut Album Solo Layover

BERIKUTNYA

Begini Cara Orang Tua Bantu Kembangkan Potensi Diri Anak Lewat Study Life Balance

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: