Eclair (Sumber Foto: Freepik)

Resep Kudapan Manis Eclair khas Prancis yang Mirip Kue Sus

26 August 2023   |   14:44 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Eclair adalah salah satu pastry klasik khas Perancis yang teksturnya sedikit renyah namun lembut bagian dalamnya. Adonannya mirip dengan kue sus dengan isian vla yang populer di Indonesia. Namun perbedaannya, Eclair berbentuk memanjang sementara kue sus bulat. 

Baca juga:  Resep Nasi Ayam Saus Nam Jim yang Mudah Dibuat

Selain itu bagian atas Eclair biasanya dilumuri oleh cokelat leleh dan diberi topping macam-macam seperti kacang, sereal, oat, dan lainnya sesuai seleramu. Mengutip dari Resep Koki, berikut cara membuat Eclair, pastry khas Prancis yang manis dan lembut.


Bahan-bahan

Choux:
  • Terigu protein sedang - 75 gram
  • Air - 75 ml
  • Susu - 50 ml
  • Margarin - 50 gram
  • Telur - 2 butir
  • Garam - 1/4 sdt

Vla vanilla:
  • Kuning telur - 2 butir
  • Gula pasir - 60 gram
  • Pasta vanilla - 1 sdt
  • Susu cair full cream - 300 ml
  • Maizena - 25 gram

Topping:
  • Dark cooking chocolate, tim agar leleh - 150 gram
  • Kacang sangrai - secukupnya


Cara Membuat

  1. Custard Vla: Campur kuning telur, gula pasir dan maizena, aduk rata menggunakan whisk.
  2. Panaskan susu sampai hangat dengan api kecil sampai timbul gelembung di tepian panci lalu matikan api.
  3. Masukkan sedikit susu hangat ke dalam adonan kuning telur, aduk cepat menggunakan whisk baru kemudian masukkan lagi sedikit demi sedikit sampai 3/4 susu.
  4. Tuang kembali dalam panci semua campuran susu telur. Masak kembali dengan api kecil sambil terus diaduk cepat hingga adonan vla meletup dan mengental lalu dinginkan.
  5. Dinginkan vla dengan cara dituang di piring dan tutup dengan plastik wrap. Pastikan permukaan vla menempel semuanya dengan plastik, agar tidak ada tetesan uap yang bisa membuat vla cepat basi. Jika tidak ditutup, maka permukaan vla akan mengeras.
  6. Choux / Sus: Campur air, susu, margarin dan garam dalam panci. Masak sampai mendidih lalu matikan api.
  7. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Masak sambil diaduk hingga adonan kalis dan benar-benar kering atau sampai lepas semua dari panci. Matikan api, pindah ke wadah besar untuk dimixer sambil tunggu sampai adonan berkurang panasnya.
  8. Setelah hangat-hangat kuku, mixer adonan hingga uap panasnya hilang, kemudian masukkan telur satu per satu. Kocok sampai rata dengan kecepatan rendah. Bisa juga hanya memakai spatula, masukkan satu butir telur sampai licin dan tercampur rata, baru masukkan satu telur lagi. Aduk sampai tercampur rata.
  9. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang sudah diberi supit kerang di ujung, semprotkan di loyang yang sudah dialasi kertas roti dengan bentuk memanjang.
  10. Panggang adonan di oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 190°C selama 30 menit sampai matang. Cirinya permukaan kecoklatan dan tidak ada buih di permukaan kulit adonan.
  11. Lubangi bagian bawah Eclair dengan tiga tusukan sumpit di kanan tengah kiri, kemudian isi dengan vla sampai terasa penuh.
  12. Hias Eclair dengan mencelupkannya ke dark cooking chocolate leleh, bisa juga taburi kacang sangrai atau topping lainnya sesuai selera.
Baca juga :   Resep Healthy Burger yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah

Editor : Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Aturan WFH Dinilai Tidak Efektif Atasi Polusi Udara di Jakarta, Harus Ada Solusi Sistematis

BERIKUTNYA

Kenalan dengan Para Pemain Drakor Destined With You, Ada Rowoon SF9 dan Jo Bo Ah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: