Ilustrasi burger (Sumber gambar: Unsplash/Haseeb Jamil)

Asal-usul Sejarah Burger, Makanan Cepat Saji Favorit Banyak Orang

24 August 2023   |   06:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Hamburger atau burger adalah salah satu makanan cepat saji yang digemari di Indonesia. Saking populernya, makanan ini dapat ditemui dengan mudah karena dijajakan di banyak tempat, dari warung pinggiran hingga restoran mewah pun punya versinya masing-masing.

Proses pembuatan burger yang simpel dan cepat juga membuat kudapan ini jadi makanan alternatif yang mudah dibuat. Hal ini membuat anak-anak, remaja, hingga dewasa menyukai roti bun yang dilapisi sayuran dan daging giling tersebut.

Namun, setelah makanan ini tersebar di hampir seluruh dunia, sebenarnya burger itu berasal dari mana? Dan bagaimana asal-usulnya? Rupanya, ada sejarah panjang dengan berbagai versi yang melatarbelakanginya.

Baca juga: Burgushi, Menabrakkan Sushi dan Burger

Melansir dari laman Institute for Agriculture & Trade Policy, ada versi yang menyebut burger pertama lahir pada abad pertengahan ketika suku Tartar (sekelompok pejuang Mongolia dan Turki) meletakkan potongan daging sapi di bawah pelana mereka.

Daging itu kemudian jadi empuk dan mudah dimakan. Dari sini, sejarah patty burger tercipta dan mulai dipraktikkan di belahan dunia lain dengan versi yang lebih sehat.
 

Ilustrasi burger (Sumber gambar: Freepik)

Ilustrasi burger (Sumber gambar: Freepik)


Namun, ada juga versi lain yang menyebut hamburger berasal dari Jerman. Meski memakai daging sapi sebagai isiannya, kata ham di dalam hamburger tidak merujuk ke hal tersebut. Ham justru diambil dari nama sebuah kota di Jerman, yakni Hamburg. Ya, di kota inilah makanan cepat saji ini bermula.

Burger berasal dari seorang juru masak di Hamburg, Jerman. Dia membuat hamburger pada sekitar 1891. Saat itu, dia mengiris patty tipis, sosis, daging giling, dan disusun dengan dua potong roti.

Makanan yang disebut deutsches beefsteak ini disebut sebagai cikal bakal burger. Konon, para pelaut senang dengan makanan ini dan membawanya ke banyak tempat yang dikunjunginya, termasuk Amerika Serikat.

Makanan ini lalu pelan-pelan menyebar ke seluruh dunia. Meski kemudian burger kerap diidentikan dengan Amerika Serikat, rupanya negara Paman Sam itu hanya sekadar mempopulerkan, bukan menciptakan.

Laman U.S Department of Agriculture juga mengungkapkan hal senada. Asal-usul burger berawal pada abad ke-18 serta ke-19. Pada dekade tersebut, ada banyak orang Eropa yang bermigrasi ke Amerika Serikat secara masal.

Tidak hanya berpindah, mereka juga membawa makanan favoritnya, termasuk steak Hamburg. Hamburger atau burger yang dikenal sekarang adalah evolusi dari steak Hamburg yang dibawa orang Eropa ke AS tersebut.

Kata steak Hamburg kemudian terasa begitu panjang oleh orang-orang kala itu. Lalu, mulailah muncul singkatan Hamburgs. Kemudian, saat daging sapi diletakkan di antara dua bun roti, namanya menjadi hamburger.

Burger pertama kali muncul dikenal Amerika Serikat pada Pameran Pembelian St. Louis Louisiana pada 1904. Setelahnya, Burger lalu terus berevolusi dan menjadi salah satu makanan favorit Amerika, dan bahkan dunia.

Baca juga: Resep Healthy Burger yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Resep Healthy Burger yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah

BERIKUTNYA

Melampaui Pandemi Menuju Tantangan Polusi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: