Ilustrasi makananKuah Ikan Asam ( Sumber gambar : stockking, freepik)

Resep Kuah Ikan Asam Khas Kota Maumere, Wajib Dicoba!

21 August 2023   |   22:55 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Sebagai negara bahari, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hasil tangkapan ikan yang cukup melimpah. Hasil tangkapan ini biasanya diolah menjadi berbagai jenis makanan, baik makanan khas maupun makanan bertaraf internasional.

Potensi besar itu pula membuat wisata kuliner Nusantara menjadi sangat beragam, dan masing-masing daerah memiliki kekhasannya tersendiri. Salah satunya adalah wisata kuliner di Kota Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur. 

Baca juga: Kaya Rempah, Cicipi Resep Ayam Taliwang Khas Lombok

Bagi kalian yang berkunjung ke Kota Maumere jangan melewatkan wisata kulinernya ya. Kota yang terkenal akan goyangan Gemu Famire ini dan menyediakan begitu banyak wisata yang sangat eksotis, lengkap dengan wisata kudapannya yang menggoda selera.

Jadi, bagi kalian yang berkunjung tidak afdol jika belum mencicipi makanan-makanan khasnya. Beberapa makanan khas Kota Maumere yang cukup terkenal adalah sayuran Rumpu-Rampe, Kue Lekun, Kue Kembang Goyang, RW (Olahan daging anjing), dan juga Kuah Ikan Asam.

Untuk Kuah Ikan Asam merupakan makanan asli tanah Sikka yang akan kalian jumpai di setiap rumah dan terkenal akan rasanya yang lezat.
 
Untuk kalian yang penasaran dengan kuliner ini, berikut resep Kuah Ikan Asam ala ibu Yovin Daku, salah satu warga Kota Maumere.
 
Bahan
500 gram Ikan Tembang atau ikan Kakap Merah.
10 buah Belimbing Wuluh
3 Batang Sere yang digeprek
4 lembar Daun Jeruk
3 ruas Jahe
 6 siung Bawang Putih
5 siung   Bawang Merah
2 ruas Kunyit
4 buah Cabe Keriting
5 buah Cabe Rawit
1 sdt Gula Pasir
1 sdt Garam (Menyesuaikan)
1 sdt Merica bubuk
3 lbr daun Bawang diiris tipis.
1 ltr air.
 
Cara membuat
1.     Siapkan Ikan yang masih segar kemudian dicuci bersih. Biasanya Masyarakat Kota Maumere menggunakan berbagai jenis ikan. Namun yang menjadi rekomendasi adalah  ikan Tembang dan ikan Kakap Merah.
2.     Haluskan bumbu seperti Jahe, Bawang Merah, Bawang Putih, Kunyit, Cabe Keriting, Cabe Rawit.
3.     Bumbu halus ditumis bersama daun jeruk dan sere hingga wangi, kemudian tambahkan 1 liter air. Diamkan hingga mendidih.
4.     Setelah mendidih, masukan ikan dan dimasak dalam waktu 15 menit atau hingga ikan matang.
5.     Masukan garam, gula,merica, dan belimbing wuluh. Tunggu hingga belimbing setengah masak. Jangan lupa untuk mengetes kembali rasa kuah ikan.
6.     Setelah dirasakan pas, Kuah Ikan Asam siap dihidangkan.
 
Baca juga: Resep Ayam Cabe Garam, Sajian Khas Restoran China

Nah, itu dia cara membuat Kuah Ikan Asam khas Kota Maumere. Kalian juga dapat menggunakan resep ini sebagai modal membuka usaha kuliner. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan resep ini sebagai salah satu masakan rumahan yang bisa dibuat setiap harinya. Selamat mencoba.

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

Wajib Coba! Resep Poached Egg ala Chef  Rudy Choirudin

BERIKUTNYA

Sensasi Traveling ke Kubur Batu Megalitikum Nuabari Kabupaten Sikka

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: