Ilustrasi benda berkarat (Sumber gambar: Liz Fitch/Unsplash)

5 Cara Menghilangkan Karat pada Besi dengan Bahan-bahan Rumahan

21 August 2023   |   08:48 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Benda-benda yang terbuat dari material besi memang rentan untuk berkarat. Hal ini biasanya terjadi karena pengaruh oksigen, air, serta arus listrik yang bereaksi dengan klorida, hidrogen, dan bakteri. Selain tidak indah dipandang, benda-benda yang berkarat juga dapat membahayakan bagi kesehatan jika digunakan. 

Karatan pada besi biasanya terjadi pada sejumlah perabot atau peralatan yang ada di dalam rumah seperti gembok, kunci, gunting, pagar, bahkan peralatan makan. Tak jarang biasanya perabotan yang ada masih bisa digunakan hanya saja bentuknya yang sudah berkarat, sehingga tidak digunakan lagi.

Padahal, menghilangkan karatan pada besi bisa dilakukan dengan cara dan bahan-bahan yang cukup mudah dicari mulai dari bahan alami hingga bahan kimia.

Baca juga: Karat di Piringan Cakram Rem Berbahaya? Simak Penjelasan Ini

Berikut adalah sejumlah bahan dan cara ampuh untuk menghilangkan karat pada besi seperti dilansir dari berbagai sumber.
 

1. Kertas amplas

Selain membuat permukaan menjadi lebih halus atau rata, kertas amplas juga kerap digunakan untuk menghilangkan karat pada besi. Penggunaannya pun cukup mudah, kalian hanya perlu menggosokkan kertas amplas ke permukaan yang berkarat.

Gosok ampelas dengan perlahan sampai karatan pada benda hilang. Perlu diingat untuk menggosok hanya sampai karat pada benda hilang. Sebab, jika tidak hati-hati, kertas amplas justru dapat merusak benda.
 

Towfiqu Barbhuiya

Ilustrasi cuka apel (Sumber gambar: Towfiqu Barbhuiya/Unsplash)

2. Cuka

Cara lain untuk menghilangkan karat besi bisa menggunakan beragam cuka seperti cuka dapur, cuka putih ataupun cuka apel. Caranya adalah dengan merendam permukaan berkarat dalam cairan cuka dan diamkan selama semalaman.

Setelah dikeluarkan dari rendaman cuka, gosok permukaan besi yang berkarat menggunakan sikat baja atau sikat kawat. Jika ada karat yang tersisa, ulangi kembali merendam benda tersebut dengan waktu yang lebih lama. Setelah itu, cuci benda dengan sabun dan air kemudian keringkan sampai bersih.
 

3. Bubuk asam sitrat

Cara menghilangkan karat pada besi yang tak kalah ampuh adalah menggunakan bubuk asam sitrat yang bisa kalian dapatkan di toko kue.

Untuk mengaplikasikannya, campurkan bubuk asam sitrat dengan air hangat di dalam sebuah wadah, kemudian rendamlah benda-benda yang berkarat di dalamnya. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa karat lunak tersebut menggunakan sikat atau spons.
 

Ilustrasi cuka apel (Sumber gambar: Towfiqu Barbhuiya/Unsplash)

Ilustrasi air lemon (Sumber gambar: Precious Plastic Melbourne/Unsplash)

4. Minuman bersoda

Tak hanya sebagai minuman penyegar, minuman bersoda juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan karat pada besi. Cara menghilangkan karat pada besi dengan minuman soda ini pun sangat mudah. Kalian hanya perlu menuangkan soda pada sebuah wadah, kemudian rendam benda yang berkarat ke dalam wadah tersebut.

Diamkan hingga karat memudar dan hilang sampai bersih. Setelah itu, bersihkan benda yang sudah hilang karatnya dengan kain lap basah agar tidak lengket dan segeralah mengeringkannya dengan kain lap kering.
 

5. Campuran soda kue, garam & lemon

Kombinasi bahan dapur seperti garam, soda kue dan lemon juga bisa menghilangkan karat pada besi. Caranya sangat mudah dan ketiga bahan tersebut pun mudah ditemui di dalam rumah. Pertama-tama campurkan setengah sendok makan garam dan setengah sendok makan bubuk soda kue ke dalam wadah.

Lalu, tuangkan air perasan lemon secukupnya sampai konsistensinya menyerupai pasta. Diamkan campuran tersebut selama kurang lebih dua jam. Setelah itu, oleskan campuran bahan itu ke area benda yang berkarat. Diamkan selama beberapa saat sampai karat memudar. Setelah itu, bersihkan sisa olesan dengan air dan keringkan dengan kain lap.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

7 Film & Serial Siap Tayang September 2023 di Netflix, Ada Sex Education Season 4!

BERIKUTNYA

Polusi Meningkat, Dokter Paru Rekomendasikan Penggunaan Masker Berdaya Filtrasi Maksimal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: