Eric Nam (Sumber Foto: Instagram/@ericnam)

Profil Eric Nam, Penyanyi K-Pop yang Fasih Nyanyikan Lagu Hampa karya Ari Lasso

19 August 2023   |   17:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Eric Nam, solois asal Korea Selatan mendadak jadi perbincangan hangat para netizen Indonesia setelah sukses membawakan lagu Hampa milik Ari Lasso dengan fasih. Momen tersebut diunggah oleh akun YouTube IMGames yang mengundang Eric Nam sebagai bintang tamunya. 

Awalnya Eric ditantang untuk bermain game musik, di mana dia harus menyanyikan lagu dengan nada tinggi. Rupanya lagu berjudul Hampa milik Ari Lasso masuk ke dalam daftar lagu dengan nada tinggi itu. Di luar dugaan, dia berhasil menyanyikan lagu tersebut dengan fasih dan nada tinggi yang tepat. 

Baca juga: 5 Fakta Konser 3 Dekade Perjalanan Cinta Ari Lasso

Penampilannya tersebut langsung membuat pemain lainnya berdecak kagum dan memberikan tepuk tangan yang meriah. Bakat menyanyinya tak diragukan lagi, mengingat Eric adalah penyanyi senior di Korea Selatan yang telah berkarier di industri musik sejak 13 tahun lalu. Nah Genhype, yuk simak profil Eric Nam.

Eric Nam merupakan penyanyi, penulis lagu, dan pembawa acara Amerika-Korea yang berbasis di Korsel. Nama aslinya adalah Nam Yoon Do. Pria kelahiran Atlanta, Georgia, Amerika Serikat ini lahir pada 17 November 1988. Eric memiliki dua adik laki-laki bernama Eddie Nam dan Brian Nam.

Sebelum berkarir di dunia hiburan, Eric Nam merupakan lulusan Boston College dengan mengambil jurusan International Studies. Dia juga sempat bekerja di perusahaan konsultan di New York sebagai analis bisnis. Meski begitu, dia memilih untuk meraih mimpinya sejak kecil untuk menjadi penyanyi.

Sejak masih kecil sangat suka bermain musik. Dia mulai mempelajari alat musik seperti piano saat usia 4 tahun dan selo saat usia 9 tahun. Eric juga gemar bernyanyi, dia kerap merekam dan mengunggah video cover lagu di YouTube. Sampai suatu saat, salah satu video cover miliknya viral di YouTube.

Salah satu stasiun TV nasional Korea yakni MBC, kemudian mengundangnya ke Seoul untuk mengikuti acara kompetisi Birth of a Great Star 2. Eric pun sukses meraih peringkat 5 besar dalam acara tersebut.

Kariernya terus menanjak, sampai pada 2012 Eric mendapatkan tawaran dari agensi hiburan untuk memulai karir bermusiknya di Korea Selatan. Akhirnya dia debut sebagai penyanyi solo di bawah naungan B2M Entertainment pada 23 Januari 2013, dengan merilis mini-album Cloud 9 dengan lagu utama bertajuk Heaven's Door. 

Di tahun yang sama, Eric merilis single berjudul The Blue Night of Jeju Island bersama project group Namaste. Beberapa tahun kemudian dia juga berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi K-pop lainnya seperti Amber F(X) dalam mini album milik Amber yang bertajuk Beautiful di lagu I Just Wanna. Kemudian pada 4 Maret 2016, dia merilis lagu duet dengan Wendy Red Velvet bertajuk Spring Love. 

Kini Eric Nam berada di bawah naungan agensi CJ & EM. Dia masih melanjutkan karir bernyanyinya sekaligus menjadi pembawa acara. Eric sempat menjadi MC dalam program populer di Arirang TV yakni The After School Club dan spin-off-nya, The ASC After Show sejak 2013-2016. 

Kemudian mulai 2019, Eric membuat acara podcast-nya sendiri berjudul K-Pop Daebak with Eric Nam. Sebagai penyanyi dan entertainer yang berkarier di industri hiburan Eric meraih banyak penghargaan. D antaranya penghargaan GQ Korea's Man Of The Year pada tahun 2016 dan penghargaan Forbes 30 Under 30 Asia in 2017.

Baca juga: MLTR Bakal Sepanggung bareng Ari Lasso di Yogyakarta, Tiket Prajual Ludes!

 


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Hypereport: Dari Kolong Jalan Layang Pasar Rebo hingga Pentas Papan Seluncur Dunia

BERIKUTNYA

7 Franchise Makanan Korea dengan Modal Kecil, Ada Holdak Indonesia dan Kimbap Ina

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: