Dekorasi rumah kuno (Sumber Foto: unsplash)

7 Kesalahan Dekorasi Rumah yang Bikin Ruangan Terlihat Kuno

19 August 2023   |   13:49 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Tren dekorasi rumah selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Ada kalanya beberapa furnitur dan hiasan rumah yang kamu pilih bisa terlihat kuno atau ketinggalan zaman. Seperti yang kita tahu, dalam mendekorasi rumah butuh keterampilan khusus supaya hasilnya memuaskan.

Perlu diingat bahwa tampilan kuno beda dengan klasik dan vintage, meskipun gaya dekorasi tersebut sama-sama menghindari unsur modern. Dekorasi rumah yang kuno ditandai dengan desain interior yang monoton dan pemilihan material furnitur yang salah. Mengutip dari The Spruce, berikut adalah kesalahan desain yang bisa membuat tampilan rumah terlihat kuno. 

Baca juga: 7 Desain Rumah Anti Panas, Bisa Sejuk Sepanjang Hari Tanpa AC
 

1. Memilih furnitur satu gaya

Biasanya ada furnitur yang dijual dalam satu set, seperti satu sofa dan dua kursi yang warnanya sama seperti putih atau cokelat. Ada juga set kabinet TV dan meja yang tersedia dalam model dan warna yang sama. Namun, terkadang set furnitur ini bisa terlihat sangat membosankan.

Dalam mendekorasi ruangan cobalah untuk berani memadukan beragam model dan warna. Jangan takut memadukan furnitur kayu, besi, atau plastik. Kemudian cobalah bermain warna dengan mengkombinasikan sofa berwarna monokrom dengan kursi kayu berlengan warna cerah.
 

2. Memakai satu sumber penerangan

Seringkali ruang tamu hanya diterangi oleh satu lampu saja. Padahal, pencahayaan memainkan peran penting dalam elemen dekorasi. Ruang tamu sebaiknya memiliki beberapa sumber cahaya supaya bervariasi, meskipun kamu tidak akan menyalakan keduanya sekaligus.

Selain itu jangan pilih satu model lampu saja. Kamu bisa memadukan lampu gantung dengan lampu duduk atau lampu berdiri di dekat sofa.
 

3. Memilih furnitur kayu dengan tekstur sama

Dalam suatu ruangan, biasanya kita menemukan interior berbahan dasar kayu. Pintu, lantai, hingga plafon semuanya memakai material kayu dengan tekstur yang sama. Padahal ini bisa membuat ruangan tampak suram dan monoton.

Kamu bisa menggunakan berbagai jenis kayu dengan warna dan tekstur berbeda. Misalnya cokelat muda untuk lantai, teksturnya harus halus karena dipakai untuk berjalan. Sementara untuk pintu, boleh saja memilih material kayu warna gelap dengan ukiran yang megah. Ini dapat membuat interior terlihat lebih modern, bergaya dan tentunya nyaman.
 

4. Pintu dengan ukuran standar

Kamu mungkin tak pernah membayangkan hal ini sebelumnya, tapi tampilan pintu yang dibuat lebih tinggi dari ukuran standar dapat memberikan tampilan yang modern. Secara visual, pintu tinggi akan membuat ruangan tampak lebih panjang. Tampilan ruangan dengan langit-langit yang tinggi selalu menjadi tren desain rumah yang tak pernah mati dari masa ke masa.
 

5. Memajang foto-foto kecil di dinding

Memajang foto berukuran kecil dinding bisa membuat tampilan rumah terlihat kuno. Lebih baik memajang satu bingkai foto besar atau kanvas lukisan besar dalam ruangan. Teknik dekorasi ini banyak diterapkan di rumah-rumah bergaya modern minimalis.

Foto-foto berukuran kecil juga biasanya tidak kelihatan dari jauh, jadi lebih baik memajang beberapa gambar besar. Kamu juga tak perlu menggantung lukisan mahal, foto keluarga yang dibingkai dengan cantik juga terlihat bagus dipajang di dinding. Bagaimanapun juga, tujuan utama mendekorasi adalah untuk mencerminkan selera pribadi penghuni rumah.
 

6. Memilih jenis tanaman yang salah

Sebagai elemen dekorasi rumah, tanaman bisa menciptakan kesan modern sekaligus kuno. Oleh sebab itu, jangan asal memilih tanaman untuk disimpan dalam rumah. Pilihlah jenis tanaman dengan konsep dekorasi yang ingin kamu ciptakan.

Misalnya tanaman tradescantia atau pakis, bisa terlihat kuno. Lantaran orang-orang cenderung mengasosiasikan tanaman tersebut dengan desain rumah nenek, rumah sakit atau sekolah. Tanaman besar berdaun bulat besar akan lebih cocok untuk desain rumah modern.

7. Tirai dari bahan tulle

Tirai berbahan tulle yang dihiasi dengan ornamen bunga biasanya kita temukan di setiap jendela rumah sekitar 5-10 tahun yang lalu. Sekarang model tersebut sudah ketinggalan jaman. Dekorasi tirai tulle berbunga digantikan oleh tulle polos.

Baca juga: Inspirasi Ide Dekorasi Batu Alam untuk Interior Rumah, Ciptakan Suasana Tenang & Alami

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone dengan Fitur Bawaan

BERIKUTNYA

Profil Mella Jaarsma, Seniman Komisi Terpilih di ARTJOG 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: