Ilustrasi kegiatan perkuliahan (Sumber gambar: Unsplash)

Ini 8 Istilah-istilah Dalam Perkuliahan yang Wajib Diketahui Calon Mahasiswa Baru

03 August 2023   |   22:00 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Genhype, dunia perkuliahan punya banyak perbedaan dibandingkan dengan saat sekolah. Mulai dari sistem hingga istilah, terdapat sebutan yang masih asing di telinga para pelajar. Sebagai calon mahasiswa baru, kamu harus bersiap untuk istilah baru yang mungkin kamu belum pernah dengar sebelumnya. 
 
Salah satunya adalah istilah yang terdapat dalam sistem perkuliahan. Agar tidak bingung saat memasuki jenjang perkuliahan, Berikut ini adalah istilah-istilah dalam perkuliahan yang kamu wajib tahu, antara lain:
 
1. Sistem Kredit Semester (SKS)
Sistem Kredit Semester atau lebih dikenal dengan sebutan SKS adalah beban angka yang terdapat dalam suatu mata kuliah. Misalkan, pada satu mata kuliah terdapat jumlah sebesar 3 (tiga) SKS, maka besaran 1 SKS terdiri dari waktu yang sudah ditentukan oleh kampus. 

Biasanya, 1 SKS berkisar 50 menit. Maka, waktu lamanya suatu mata kuliah sebesar 3 SKS berjumlah 150 menit. Dalam satu semester biasanya beban maksimalnya adalah 24 SKS yang terdiri lebih dari satu mata kuliah.

2. Kartu Rencana Studi (KRS)
Kartu Rencana Studi adalah daftar dari mata kuliah yang kamu ambil pada satu semester. Daftar yang tertera pada KRS ini penting untuk dihimpun oleh setiap mahasiswa karena berisi mata kuliah yang akan kamu ambil selama satu semester penuh. 

Dalam memilih mata kuliah, alangkah baiknya jika kamu berkonsultasi dengan dosen terlebih dulu. Sebab, mahasiswa diberikan seorang dosen yang berfungsi sebagai pembimbing mahasiswa perihal konsultasi akademik termasuk salah juga dapat berkonsultasi perihal non-akademik kepada dosen

3. Indeks Prestasi (IP)
Apabila di sekolah sudah mengenal nilai raport, maka di perkuliahan kamu akan mendengar istilah Indeks Prestasi (IP). Serupa dengan nilai raport, IP ini adalah nilai yang diperoleh mahasiswa selama satu semester.

4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
Berbeda dengan Indeks Prestasi, Indeks Prestasi Kumulatif adalah perolehan gabungan nilai mahasiswa keseluruhan selama studi berlangsung dari semester pertama sampai dengan semester akhir.

Baca juga: Bukan Cuma Juilliard School, Yuk Cek 6 Kampus Musik Terbaik di Dunia Ini

5. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
Jika di bangku sekolah kamu tidak asing dengan istilah OSIS, maka di perkuliahan, lembaga serupa disebut dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Lembaga ini bertujuan untuk menyampaikan aspirasi ataupun hal internal yang terdapat dalam kampus.

Di perkuliahan, lembaga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ini tidak hanya berada dalam lingkup kampus saja. Melainkan juga di tingkat fakultas ataupun tingkat jurusan saja.

6. Nomor Induk Mahasiswa (NIM)
Nomor Induk Mahasiswa merupakan nomor wajib yang dimiliki oleh tiap mahasiswa sebagai identitasnya di kampus. Dengan adanya nomor identitas ini dapat digunakan untuk merasakan fasilitas yang terdapat dalam kampus seperti contohnya mengunjungi dan meminjam buku di perpustakaan.

7. Semester Pendek (SP)
Semester Pendek merupakan program perkuliahan yang umumnya ditujukan untuk perbaikan nilai ataupun percepatan masa studi. Walaupun setiap kampus memiliki kebijakan yang berbeda-beda perihal semester pendek ini, Semester pendek memberikan kemudan pada mahasiswa yang merasa belum puas dengan nilai yang didapat untuk mendapat kesempatan perbaikan.
 
8. Cum Laude
Cumlaude merupakan gelar dalam perkuliahan yang diberikan kepada mahasiswa dengan kriteria-kriteria tertentu, Salah satu kriteria wajib bagi penerima gelar Cum laude adalah mahasiswa yang menyelesaikan studinya dengan skor 3,51 ke atas.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Tampil Selaras dengan Pasangan ala Tantri Namirah dan Haykal Kamil

BERIKUTNYA

Kenali 3 Faktor Ini Yang Bisa Pengaruhi Kualitas Tidur Harian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: