Super Junior (Sumber gambar: SM Entertainment)

Sejarah Terbentuknya Label SJ, Label Khusus yang Tangani Super Junior

03 August 2023   |   10:33 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Baru-baru ini, salah satu agensi K-Pop terbesar di Korea Selatan, SM Entertainment, mengumumkan daftar para director yang akan mengurus para artis perusahaan tersebut termasuk Super Junior. Dalam daftar tersebut, dituliskan bahwa ada 5 director center yang akan menangani para artis besutan SM Entertainment.

Pada Center 1, ada director Choi Sung Woo dan Jo Woo Cheol yang bertanggung jawab untuk menangani KANGTA, BoA, Girls' Generation, dan aespa, sedangkan di Center 2, director CHoi Jin dan Kim Wook akan menangani SHINee, Raiden, dan grup baru yang akan diumumkan segera.

Baca juga: Harga Tiket Fancon Super Junior D&E di Jakarta, Termurah Mulai dari Rp1,5 juta

Sementara itu di Center 3, ada grup TVXQ! dan Red Velvet yang akan ditangani oleh director Kim Joo Young dan Kwon Yun Jung, serta grup NCT dan NCT Tokyo yang akan ditangani oleh director Kang Byoung Jun dan Chae Jung Hee di Center 4. Adapun, tiga grup tersisa, Super Junior, EXO, dan grup baru RIIZE ditempatkan di Center 5.
 

Sumber gambar: SM Entertainment

Sumber gambar: SM Entertainment

Pengumuman ini pun mendapatkan sorotan dari para penggemar K-Pop khususnya Super Junior. Pasalnya, grup beranggotakan 9 personel itu awalnya memiliki wewenang untuk mengurus diri mereka sendiri di bawah naungan Label SJ yang dibentuk oleh SM Entertainment. Namun, kini mereka ditempatkan ke dalam salah satu director center bersama para artis lain.

Super Junior berada di Center 5 bersama EXO dan boygroup baru bernama RIIZE. Tiga grup tersebut akan ditangani oleh dua director yang bernama Kim Hyeong Guk dan Lee Sang Min. 

Hal ini pun memicu perbincangan di kalangan penggemar Super Junior yang dijuluki ELF yang menilai bahwa Label SJ sudah tidak ada lagi. Tak sedikit dari mereka yang menyayangkan bahwa Label SJ sudah tidak akan menangani grup idola kesayangan mereka itu. Sampai-sampai, kata kunci Label SJ sempat menjadi trending topic di Twitter.

Banyak dari ELF yang merupakan singkatan dari Ever Lasting Friends yang menilai bahwa Label SJ selama beberapa tahun ini telah berkontribusi besar untuk mengelola Super Junior dengan baik. Namun, di sisi lain, segelintir dari fans juga ada yang beranggapan bahwa Label SJ tetap ada namun dilebur ke dalam Center 5.
 


Sampai saat ini, Label SJ tercatat telah menemani perjalanan Super Junior selama 8 tahun lamanya. Label ini dibuat khusus oleh SM Entertainment untuk boygroup Super Junior pada ulang tahun mereka yang ke-10 pada 6 November 2015. Sebelumnya, grup yang dijuluki King of Hallyu Wave ini debut pada 2005 yang diproduseri oleh Lee Soo-man.

Keputusan pembuatan label ini diambil oleh pihak agensi untuk memberikan dukungan penuh kepada Super Junior dengan menyediakan sistem manajemen yang ideal dalam mengelola grup. Sebagai label yang khusus didedikasikan untuk Super Junior, label ini diharapkan dapat menampilkan warna musik dan keunikan grup pelantun lagu Sorry, Sorry itu.

Meskipun label ini berafiliasi dengan SM Entertainment, Label SJ memiliki wewenang secara mandiri dan sepenuhnya bertanggung jawab atas manajemen Super Junior mulai dari memproduksi album, serta seluruh aktivitas baik sebagai grup, unit, maupun individu.

Seperti diketahui, selain menangani Super Junior, Label SJ juga mengurus segala aktivitas dari sub-unit atau proyek grup tersebut seperti Super Junior-D&E, Super Junior-Happy, Super Junior-K.R.Y, Super Junior-M, Super Junior-T, serta M&D yang diisi oleh Heechul Super Junior dan Jungmo TRAX.

Selain itu, sejak 2016, Label SJ juga menangani segala aktivitas seperti rekaman, perilisan musik, hingga promosi dari sejumlah proyek solo para anggota Super Junior seperti Zhou Mi, Kyuhyun, Ryeowook, Yesung, Sungmin, dan Kangmin.
 

Logo Label SJ (Sumber gambar: SM Entertainment)

Logo Label SJ (Sumber gambar: SM Entertainment)

Sementara itu, sebelumnya, tiga anggota Super Junior, Donghae, Eunhyuk, dan Kyuhyun, mengumumkan telah mengakhiri kontrak mereka dengan SM Entertainment setelah 17 tahun lebih bernaung di agensi tersebut. Pernyataan ini diumumkan pada 14 Juli 2023.

Pihak agensi menyatakan bahwa ketiga Donghae, Eunhyuk, dan Kyuhyun belum memperbarui kontak mereka dan ketiganya memutuskan untuk melakukan aktivitas keartisan mereka secara individu. Meski demikian, ketiganya masih akan tetap melanjutkan aktivitas mereka dengan anggota grup lainnya di bawah naungan SM Entertainment.

"Kami akan menyemangati mereka bertiga saat mereka menghadapi tantangan baru, dan kami berencana untuk berkomunikasi secara dekat dengan mereka sehingga mereka dapat secara efektif melakukan aktivitas grup dan aktivitas solo secara bersamaan," tulis pihak agensi dilansir dari Soompi.

Sementara itu, enam anggota Super Junior lainnya yakni Leeteuk, Kim Heechul, Yesung, Shindong, Choi Siwon, dan Ryeowook, telah memperbarui kontrak mereka dengan agensi.

Baca juga: Mengenal RIIZE, Boy Grup Baru SM Entertainment Siap Debut September 2023


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Sinopsis Zom 100: Bucket List of the Dead, Kisah Unik Budak Korporat dalam Kepungan Zombie

BERIKUTNYA

10 Film & Serial yang Tayang Agustus 2023 di Prime Video

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: