Hotteok (Sumber Foto: mr.food)

Resep Membuat Hotteok atau Pancake khas Korea Selatan yang Manis dan Lembut

01 August 2023   |   15:46 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Hotteok adalah jajanan street food yang biasa ditemukan di Korea Selatan. Kalau kalian suka nonton drakor, pasti tak asing dengan kudapan manis yang satu ini. Biasanya Hotteok berbentuk bundar dengan isian gula merah, kayu manis, atau kacang-kacangan.

Pancake khas Korea ini sangat populer di musim dingin sebagai comfort food atau makanan yang menenangkan. Orang-orang suka menyantapnya panas-panas saat baru selesai dimasak untuk menghangatkan badan. Hotteok pertama kali diperkenalkan oleh imigran Cina pada awal 1900-an di Korea.

Baca juga: 10 Street Food Musim Dingin Khas Korea, Bikin Ngiler!

Hotteok versi originalnya memiliki isian gula merah, bubuk kayu manis, dan kacang. Tetapi belakangan ini banyak yang mengkreasikan Hotteok, misalnya adonannya ditambahkan bubuk teh hijau atau matcha. Ada juga Hotteok dalam versi gurih dengan isian sayur, kimchi, bulgogi atau keju dan lainnya.

Tekstur Hotteok mirip sekali dengan pancake yang bagian dalamnya lembut namun crispy dan renyah di luar. Kalian bisa membuat camilan ini di rumah dan berkreasi dengan isiannya sesuai selera, misalnya cokelat atau selai buah-buahan. Mengutip dari My Korean Kitchen, yuk simak bahan-bahan dan cara membuat Hotteok.
 

Bahan-bahan

  • 157 gram tepung serbaguna
  • 1/2 sdt garam 
  • 1 sdt gula putih
  • 1 sdt ragi instan
  • 125ml susu hangat suam-suam kuku
  • 1 sdm minyak goreng


Isian:

  • 1/4 cangkir gula merah
  • 1/4 sdt kayu manis bubuk
  • 2 sendok makan kacang tumbuk (kenari, almond, atau kacang tanah)


Cara Membuat

  1. Saring tepung ke dalam mangkuk besar lalu tambahkan garam, gula, ragi dan susu. Campur dengan baik menjadi adonan dan tutupi mangkuk dengan bungkus plastik.
  2. Fermentasikan pada suhu ruang sampai adonan mengembang dua kali lipat selama sekitar 1 jam pada suhu kamar 27 C / 80,6 F.
  3. Setelah adonan mengembang, keluarkan angin dengan cara memukul-mukul adonan pakai tangan, lalu tutup adonan dengan membungkusnya lagi dan istirahatkan selama 20 menit.
  4. Saat adonan sudah siap, taruh sedikit minyak goreng di tangan supaya tidak lngket, lalu pisahkan adonan untuk membuat 6 Hotteok berukuran sedang.
  5.  Taruh salah satu potongan adonan di tangan, ratakan adonan supaya bisa ditambahkan 1 sdm isian di atasnya. Setelah selesai, tutup adonan dengan merapatkan sudut-sudutnya. 
  6. Panaskan wajan dengan api sedang, setelah panas tambahkan minyak goreng sedikit-sedikit.
  7. Masukkan adonan ke dalam wajan dan masak dengan api sedang sekitar 30 detik hingga sisi bawahnya kecokelatan.
  8. Balikkan dan tekan adonan dengan spatula atau alat pengepres profesional.  Masak sampai bagian bawahnya cokelat keemasan sekitar 1 menit, lalu balik Hotteok untuk terakhir kalinya dan kecilkan api.
  9. Tutup wajan dan masak sampai isian gulanya benar-benar meleleh sekitar 1 menit.
  10. Pindahkan Hotteok ke piring untuk dan santap selagi hangat.

Baca juga: Resep Bungeoppang, Camilan Manis Berbentuk Ikan dari Korea Selatan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Rekomendasi 5 Jus Sayur Segar untuk Diabetes

BERIKUTNYA

Rekam Jejak Angus Cloud, Pemeran Fezco di Serial Euphoria yang Meninggal Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: