Ilustrasi jus buah (Sumber gambar: Freepik)

Rekomendasi 5 Jus Sayur Segar untuk Diabetes

01 August 2023   |   16:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki diabetes membuat seseorang perlu memperhatikan asupan makanan dan minuman sehari-hari. Sebab, jika konsumsi makanan atau minuman tidak dikendalikan, penyakit diabetes bisa jadi makin parah. Untuk itu, mereka mesti memastikan kestabilan gula darahnya terjaga baik.

Meskipun demikian, bukan berarti penderita diabetes tidak bisa mengonsumsi hal yang enak. Ada beberapa jus segar yang punya rasa nikmat, sekaligus membuat kadar gula darah lebih terjaga dengan baik.

Beberapa jus dari sayuran tertentu bisa menjadi pilihan penderita diabates ketika ingin mengonsumsi minuman segar. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa jus sayuran yang dapat dikonsumsi penderita diabetes dan bermanfaat untuk menurunkan gula darah. 

Baca juga: 4 Cara Mengolah Sayuran Supaya Kandungan Gizi dan Nutrisinya Enggak Hilang


Jus Pare

Meski rasanya cukup pahit, sayuran ini punya banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk penderita diabetes. Beberapa di antaranya ialah vitamin A dan vitamin C, beta karoten, kalsium, dan zat besi sehingga punya efek baik untuk diabetes.

Pare juga memiliki sifat seperti insulin, yang mana dapat membantu menyebarkan glukosa ke dalam sel untuk kemudian menjadi energi. Dengan demikian, gula darah akan lebih mudah dikendalikan secara alami.


Jus Tomat

Sayuran tomat merupakan bahan jus yang baik untuk penderita diabetes. Tomat mengandung serat yang baik untuk menurunkan dan mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh setelah makan. Manfaat ini membuat tomat juga dikenal salah satu makanan dengan indeks glikemik rendah.

Tomat juga mengandung nutrisi lain, seperti potasium, vitamin C, serta E, yang baik untuk menjaga kestabilan gula darah. Jus tomat bisa dibuat dengan mudah dengan takaran yang disesuaikan dengan selera. Pastikan jangan menambah bahan pemanis lain, ya.


Jus Brokoli

Brokoli adalah sayuran berwarna hijau yang identik dengan makanan sehat dan bergizi tinggi. Selain itu, brokoli juga rupanya punya manfaat yang banyak, terutama untuk membantu menurunkan tekanan gula darah.

Manfaat baik dari Brokoli ini berkat kandungan sulforaphane yang ada di dalamnya. Kandungan zat kimia alami tersebut bekerja dengan meningkatkan insulin dan menurunkan diabetes.


Jus Mentimun

Jus mentimun adalah pilihan yang cocok bagi penderita diabetes. Sebab, sayuran ini termasuk makanan yang rendah karbohidrat. Dengan demikian, mengonsumsi jus timun bisa membantu tubuh mengelola gula darah secara efektif.

Kandungan serat serta air pada mentimun juga cukup tinggi sehingga membantu tubuh mengendalikan nafsu makan. Terlebih, mentimun juga rendah gula.


Jus Kubis

Kubis adalah salah satu sayuran lain yang dapat mengendalikan kadar insulin tubuh. Sayuran kaya akan serat ini bisa membantu penderita diabetes agar gula darahnya tidak cepat naik secara signifikan.

Sayuran yang rendah gula ini juga kaya akan vitamin K dan vitamin C. selain itu, sifat antihiperglikemik dan antioksidannya sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk penderita diabetes. 

Baca juga: 5 Sayuran yang Wajib Ada Dalam Menu Diet, Bantu Berat Badan Cepat Turun

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

X Jadi Aplikasi AppStore Berhuruf Satu Pertama, Apple Akhirnya Izinkan Perubahan Twitter

BERIKUTNYA

Resep Membuat Hotteok atau Pancake khas Korea Selatan yang Manis dan Lembut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: