Dessert Jepang Kakigori Matcha (Sumber gambar: PxHere)

Resep Kakigori Matcha, Es Serut Jepang yang Segar & Lembut Seperti Salju

24 July 2023   |   12:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kakigori adalah es serut khas Jepang yang sudah ada sejak abad ke-8. Dessert ini menjadi salah satu kudapan yang wajib ada saat musim panas, sebab rasanya yang menyegarkan. Kakigori dalam versi klasiknya memiliki banyak jenis, mulai dari mizore, kintoki, dan ujikintoki.

Mizore adalah kakigori dengan topping madu dan gula berwarna putih yang mirip seperti salju. Sementara kintoki adalah kakigori dengan topping pasta kacang merah di atasnya, dan ujikintoki yakni kakigori yang diberi sirup matcha dan pasta kacang merah. 

Kini kakigori tersedia dalam berbagai varian seperti stroberi, lemon, melon, dan lainnya. Saat festival musim panas, gerai-gerai di Jepang menjajakan kakigori Blue Hawaii menggunakan es serut biru dengan rasa soda yang menyegarkan. Tak ketinggalan dengan tambahan topping shiratama dango (mochi), susu, dan es krim matcha. 

Baca juga: Resep Creme Brulee, Dessert Karamel Gosong yang Populer di Eropa Sejak Abad ke-15
 

Kakigori Matcha (Wikimedia Commons/Chris 73)

Kakigori Matcha (Wikimedia Commons/Chris 73)

Mengutip The Spruce eats, kakigori memiliki sejarah yang panjang. Zaman dulu makanan ini hanya bisa dinikmati oleh kaum bangsawan Jepang, karena belum ada mesin es serut. Es untuk kakigori dibuat menggunakan benda tajam, kemudian toppingnya menggunakan getah atau sari tanaman merambat bernama amazura.

Memasuki abad ke 19, toko-toko yang menjual es batu pun mulai bermunculan sehingga gerai kakigori pun mulai menjamur. Akhirnya pemerintah Jepang menerbitkan aturan untuk membatasi penjual kakigori dengan memberlakukan seleksi yang ketat seperti survei kesehatan dan kebersihan. 

Setiap gerai yang lolos seleksi wajib memberi tanda kakihata di depan toko mereka. Kakihata sendiri merupakan bendera bertulisan 'koori' yang artinya es batu. Selain itu kudapan manis ini juga hanya dijual saat musim panas saja, biasanya di acara festival, kuli, atau kafe.

Anak-anak dan orang dewasa begitu antusias saat menikmati es serut ini di musim panas. Begitu pun dengan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jepang, mereka tak akan melewatkan kesempatan untuk mencicipi manis dan segarnya rasa kakigori.

Namun, seiring waktu es serut ini mulai dijual sepanjang tahun di sejumlah kedai atau restoran Jepang. Apalagi mesin es serut pun sudah banyak dijual sehingga setiap orang bisa membuat kakigori sendiri di rumah. Nah Genhype, yuk simak cara mudah membuat Kakigori. Siapkah bahan-bahan dan ikuti langkah membuatnya yuk! 
 

Bahan-bahan

  • 800 ml susu cair
  • 3 sdm matcha
  • 200 ml krimer kental manis
  • 100 ml santan instan
  • 1 sdm tepung maizena
  • krimer kental manis, untuk pelengkap


Cara Membuat

  1. Dalam panci, aduk rata susu cair, matcha, krimer kental manis, santan instan, maizena, saring.
  2. Rebus di atas api kecil hingga hangat. Angkat dan biarkan dingin.
  3. Tuang ke dalam wadah tahan beku, simpan dalam lemari es hingga beku.
  4. Keluarkan dari wadah, serut dengan alat penyerut es.
  5. Sendokkan es ke dalam mangkuk saji, beri krimer kental manis sesuai selera. Sajikan.
Baca juga: Resep Towel Crepe Cake, Kudapan Manis dan Lezat Mirip Handuk Gulung

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Review Film Elemental: Force of Nature, Lebih dari Sekadar Romansa Api & Air

BERIKUTNYA

9 Pengumuman Penting di San Diego Comic-Con 2023, Salah Satunya Ada Tim X-Men Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: