Ilustrasi perawatan wajah untuk laki-laki. (Dok. Safia Shakil dari Unsplash)

Guys, 3 Langkah Skin Care Ini Bisa untuk Pemula Lho!

26 July 2021   |   17:00 WIB

Perawatan wajah tidak selalu identik hanya untuk perempuan, tetapi laki-laki juga perlu melakukannya lho! Meski selama ini mungkin sebagian dari Genhype hanya mengandalkan cuci muka dengan sabun sebagai rutinitas perawatan wajah, enggak ada salahnya untuk meningkatkannya ke tahapan yang lebih baik.

Saat ini, perawatan wajah atau skin care juga digunakan oleh laki-laki agar bisa mendapatkan wajah yang lebih sehat dan lebih muda.

Bagi Genhype yang bingung ingin mulai dari mana, tentu hal pertama yang harus disadari adalah mengenal jenis kulit wajah yang terdiri dari kulit sensitif, kulit kering, kulit berminyak, kulit normal, dan kulit kombinasi. Dari sana, biasanya Genhype tahu produk mana saja yang cocok sesuai dengan jenis kulit  masing-masing.

Setelah itu, yuk simak tiga langkah perawatan wajah laki-laki untuk pemula menurut para dermatologis yang disarikan dari American Academy of Dermatology Association dan Esquire.

1. Bersihkan wajah
 

Ilustrasi perawatan wajah untuk laki-laki. (Dok. Ron Lach dari Pexels)

Ilustrasi perawatan wajah untuk laki-laki. (Dok. Ron Lach dari Pexels)

Membersihkan wajah dengan facial cleanser atau sabun wajah yang bisa memberikan manfaat lebih bagi wajah ketimbang menggunakan sabun batang biasa, sebab sabun biasa memiliki kandungan yang membuat kulit kering dan meluruhkan minyak baik pada wajah.

Sabun wajah biasanya memiliki kandungan tertentu yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pembersihan wajah seperti kandungan pelembap atau asal salicylic yang bisa mengendalikan minyak pada wajah. Mencuci wajah sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sehari.

2. Gunakan pelembap
 

Ilustrasi perawatan wajah untuk laki-laki. (Dok. cottonbro dari Pexels)

Ilustrasi perawatan wajah untuk laki-laki. (Dok. cottonbro dari Pexels)

Pelembap merupakan salah satu produk wajib yang digunakan dalam setiap perawatan wajah, baik laki-laki maupun perempuan. Pelembap bertujuan untuk menjebak air di dalam kulit yang bisa mengurangi tampilan garis halus dan membuat kulit terlihat cerah dan lebih muda. Selain itu, pelembap juga bisa menjaga kulit agar tidak kering.

Jika Genhype masih pemula dalam mencari pelembap yang sesuai, cari produk yang bertuliskan lotion atau gel. Untuk penggunaannya, pelembap diaplikasikan pada wajah dan tubuh setelah mandi atau bercukup ketika kulit masih lembap.

3. Pakai tabir surya
 

Ilustrasi perawatan wajah untuk laki-laki. (Dok. Kindel Media dari Pexels)

Ilustrasi perawatan wajah untuk laki-laki. (Dok. Kindel Media dari Pexels)

Tabir surya, sama seperti pelembap, merupakan produk perawatan wajah yang wajib digunakan meskipun terus berada di rumah. Ini disebabkan karena sumber cahaya yang memaparkan sinar ke wajah tidak hanya datang dari matahari, tetapi juga dari layar gawai sampai cahaya yang melewati matahari.

Pemakaian tabir surya memberikan dampak efek jangka panjang, yaitu mencegah penuaan dini, kerutan, noda wajah, bahkan risiko terhadap kanker kulit. Untuk menggunakannya, cukup pakai tabir surya pada kulit yang terpapar langsung dengan sinar seperti wajah, leher, telinga, hingga bibir.

Tabir surya yang disarankan untuk perawatan wajah sehari-hari adalah tabir surya serbaguna (bisa untuk badan dan wajah), memiliki kemampuan tahan air, dan memiliki SPF minimal 30 atau lebih. Jangan lupa ketika pakai tabir surya, aplikasikan ulang setiap dua jam sekali terutama ketika Genhype berada di luar ruangan!


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Indonesia Diperkirakan Kebanjiran Lansia Penyakitan pada 2040, ini Sebabnya

BERIKUTNYA

Wah! Xiumin EXO Akan Bintangi Acara Variety Web tentang Tenis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: