Photo by Jojo Yuen (sharemyfoodd) on Unsplash

Yuk Buat Basque Burnt Cheesecake yang Hits di Instagram

26 July 2021   |   12:31 WIB

B. Pembuatan kue
1. Pastikan krim keju sudah berada dalam suhu ruang, lalu lembutkan krim dengan menekan-nekannya. Setelah mulai lembut, masukkan gula dan campur sampai gula di dalam campuran krim larut dengan cara menekannya pada bagian sisi mangkuk. Jangan lupa untuk memastikan tidak ada gumpalan pada campuran krim keju.

2. Dalam mangkuk yang berbeda, kocok telur sampai merata.

3. Secara perlahan, masukkan telur dalam tiga tahapan. Jangan masukkan telur sampai adonan tercampur merata dengan sempurna dan tidak ada gumpalan. Ketika adonan sudah mulai cair dan tidak ada gumpalan, tambahkan jus lemon dan aduk rata.

4. Ayak tepung kue dan maizena sedikit demi sedikit sambil mengaduk adonan sampai tepung dan adonan tercampur rata. Ulangi langkah ini sampai semua tepung habis. Pastikan tidak ada gumpalan tepung saat proses pembuatan. Setelah adonan tepung tercampur rata, masukkan garam dan aduk hingga tidak ada gumpalan.

5. Secara bertahap, campurkan heavy cream ke dalam adonan dan aduk sampai semuanya tercampur.

6. Tuangkan adonan kue ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti dalam satu waktu sekaligus. Tujuannya adalah menghindari gelembung udara di dalamnya. Langkah ini diakhiri dengan mengetuk loyang kue di atas meja selama beberapa kali sampai adonan dirasa sudah merata.

7. Dengan tusukan bambu, pecahkan gelembung udara jika menemukan adanya gelembung dan putari adonan dengannya untuk memecahkan gelembung yang ada di dalam adonan. Letakkan adonan di atas loyang persegi yang sudah dilapisi satu kertas roti untuk mencegah tumpahnya adonan dari loyang bulat.

8. Panggang kue selama 230 derajat Celsius untuk oven listrik atay 245 derajat Celsius untuk oven konvensional selama 30-35 menit atau sampai bagian atas roti berwarna cokelat gelap dan bagian tengah kue cukup jiggly. Jangan lupa untuk memerhatikan kuenya mengingat setiap oven memiliki hasil yang berbeda.

Jika suka dengan tekstur yang lengket atau cair, panggang kue kurang dari estimasi waktu yang ada dan jangan pernah memanggang kue lebih dari estimasi yang telah diberikan karena berpotensi membuat bagian tengah menjadi menggumpal.

9. Keluarkan kue ketika bagian atas sudah mencapai warna kecoklatan dengan kondisi kue yang mudah bergoyang ketika loyang diguncangkan dengan pelan. Lalu dinginkan kue di atas kompor selama 2-3 jam sampai mencapai suhu ruang.

Jika ingin kue yang dingin, proses ini bisa dilanjutkan dengan memasukkannya ke dalam kulkas selama 4 jam dengan ditutupi oleh kain.

10. Lepaskan kue dari loyang dan perlahan kupas kertas rotinya. Jika kuenya dikeluarkan dari kulkas, biarkan di suhu ruang selama 30 menit atau di atas 2 jam sebelum penyajian. Kue ini bisa disimpan selama 3 hari di dalam kulkas.

Editor: Indyah Sutriningrum
 
1
2


SEBELUMNYA

Sihir Imagine, Lagu John Lennon & Yoko Ono Ini Satukan Energi Olimpiade Tokyo

BERIKUTNYA

4 Tips Basic Make Up Ini Ketika Ada Pertemuan Mendadak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: