Kue taiyaki yang berbentuk ikan. (Sumber gambar: Unsplash/Kelly Visel)

Resep Taiyaki, Kue Khas Jepang yang Manis & Empuk

11 July 2023   |   17:30 WIB

Like
Kue Taiyaki merupakan makanan ringan tradisional khas Jepang yang berbentuk ikan. Nama “taiyaki” sendiri berasal dari kata “tai” yang berarti ikan red sea bream dalam bahasa Jepang, dan “yaki” yang berarti dipanggang. Camilan manis ini cukup populer di Indonesia.

Di Jepang sendiri, makanan ringan ini rutin dikonsumsi, pada acara-acara matsuri atau festival tradisional tertentu seperti tanabata, oshogatsu, dan kodomo no hi. Dasarnya, kue taiyaki ini berisikan saus olahan kacang merah. Namun, seiring perkembangan zaman sekarang, kue ini mulai banyak memiliki varian isi rasa seperti saus cokelat, dan stroberi. Tak jarang juga, kue taiyaki diberikan isian berupa es krim dengan varian rasa.

Baca juga: Resep Omurice ala Restoran Jepang, Menu Sarapan yang Mudah Dibuat dan Kaya Nutrisi


Asal-Usul

Sebelum terciptanya kue taiyaki yang berbentuk ikan, terdapat kue dengan komposisi yang sama yakni imagawaki. Yang membedakan dari kedua kue ini adalah bentuk fisik dari kuenya, bentuk dari kue imagawaki sendiri adalah bundar dengan permukaan yang datar. Konon salah satu pemilik kedai makanan kue imagawaki di Tokyo saat itu, Seijiro Kanbei, menyadari kedai makanannya tidak begitu laku.

Lalu pada saat dia merubah bentuk kue imagawaki menjadi bentuk ikan, tokonya mulai laris. Hingga saat ini, toko Kanbei yang menjadi kedai pertama pembuatan kue taiyaki itu, masih beroperasi dan menjadi salah satu spot kuliner populer di Tokyo.

Sampai sekarang, belum diketahui dengan jelas alasan spesifik mengapa Seijiro Kanbei memilih mengubah kue imagawaki menjadi bentuk ikan. Diketahui bahwa simbol dari ikan tai itu sendiri merupakan simbol keberuntungan. Jadi, kemungkinan ia memilih bentuk ikan tai ini, berharap agar kedai makanannya laku setelah membuatnya.
 

Cara Penyajian

Sebelum akan membuat kue taiyaki, pastikan bahan material utama yakni panggangan kue berbentuk ikan tai telah disiapkan. Bahan-bahan untuk pembuatan kue ini, tidak begitu sulit dicari, dan pastinya mudah didapatkan di toko-toko terdekat. Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan.

Bahan-bahan dasar:
150g tepung terigu
40g gula pasir
1 butir telur ayam
180ml susu cair
1 sendok teh baking powder
¼ sendok teh vanili bubuk
Minyak atau margarin

Bahan-bahan untuk isian:
100g kacang merah
4 sendok makan gula pasir
¼ sendok teh garam
1 sendok teh tepung maizena
Air mineral secukupnya
 

Cara pembuatan:

  1. Rendam kacang merah semalam sebelum dimasak, agar teksturnya mengembang dan empuk.
  2. Setelah direndam semalaman, cuci bersih kacang tersebut dan rebus hingga empuk.
  3. Setelah direbus, blender kacang merah sampai halus.
  4. Setelah diblender, tuang saus kacang merah ke dalam teflon, lalu masukkan garam dan gula secara bersamaan.
  5. Larutkan tepung maizena dengan air, lalu tuang ke dalam saus kacang merah tadi, lalu aduk dengan rata sampai matang dan padat.
  6. Untuk pembuatan adonan kue, kocok telur dan masukkan susu dalam mangkuk terpisah, aduk hingga merata.
  7. Campurkan terigu, gula, vanili, dan baking powder dalam mangkuk baru, lalu campurkan kocokan susu dan telur tadi, dan aduk sampai tidak menggumpal.
  8. Siapkan cetakan taiyaki, oles mentega ke permukaan cetakan, lalu panaskan. Jika sudah panas, kecilkan api sampai sangat kecil. Tuang adonan tadi sampai setengah cekung.
  9. Tuangkan saus kacang merah di tengah-tengah, lalu tumpuk lagi dengan sisa adonan kue tadi sampai penuh. Tutup cetakan.
  10. Tunggu beberapa menit sampai kue mulai kecokelatan, dan kue taiyaki siap dihidangkan.

Baca juga: Intip Resep Japanese Cheesecake yang Lembut & Simpel

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Obat Ganteng, Cek 8 Model Rambut Cowok Stylish 2023

BERIKUTNYA

Penyebab Kasus Obesitas Meningkat 3 Kali Lipat Dalam 40 Tahun Terakhir, Jakarta Nomor 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: