Ilustrasi anak sebelum tidur. (Dok. Tanaphong Toochinda dari Unsplash)

Si Kecil Rewel saat Mau Tidur? Simak 5 Cara untuk Mencegahnya

25 July 2021   |   20:19 WIB

Genhype terutama buat yang sudah memiliki buah hati. Salah satu hal yang menjadi tantangan ketika si buah hati yang masih kecil adalah ketika menghadapi tantrum atau kerewelan di usia-usia balita. Seringkali ini bisa membuat pusing kepala dan waktu istirahat yang berkurang karena Genhype harus menenangkan si kecil.

Hal ini berlaku ketika saat ingin membuat si kecil terlelap, di mana kadang ada saja hal-hal yang membuatnya tidak mau langsung tidur sehingga Genhype membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra dalam menghadapi kerewelan si kecil. Karena itulah, Hypeabis.id punya beberapa tips untuk mencegah kerewelan si kecil sebelum tidur.

1. Berikan pilihan
 

Ilustrasi anak sebelum tidur. (Dok. RODNAE Productions dari Pexels)

Ilustrasi anak sebelum tidur. (Dok. RODNAE Productions dari Pexels)

Supaya si kecil bisa merasa mereka memiliki pilihan terhadap sebuah situasi, berikanlah berbagai pilihan yang bisa Genhype terima. Contohnya adalah memberikan pilihan buku yang ingin mereka baca, keinginan anak untuk gosok gigi dahulu baru membaca atau sebaliknya, serta pilihan lain yang disepakati bersama sehingga kedua pihak tetap merasa senang.

2. Tetapkan rutinitas
Adanya rutinitas bisa mempermudah dalam menjalani kegiatan sehari-hari, di mana hal ini bisa membuat anak lebih memiliki kebebasan dalam melakukan berbagai kegiatan dengan langkah yang sudah direncanakan atau dijadwalkan. Ini juga bisa meningkatkan keberlanjutan saat tidur dan bisa mengurangi masalah ketika tidur.

3. Kenalkan dengan aroma yang menenangkan
 

Ilustrasi lilin aromaterapi. (Dok. Dan Smedley dari Unsplash)

Ilustrasi lilin aromaterapi. (Dok. Dan Smedley dari Unsplash)

Memicu indera penciuman anak-anak bisa menjadi hal yang baik untuk keseluruhan perkembangan dan pertumbuhan si kecil serta bisa menenangkan si kecil sebelum tidur. Aroma-aroma yang menenangkan seperti kamomil dan lavender bisa membuat tubuh lebih tenang dan ini bisa dikenalkan melalui lilin aromaterapi maupun sabun.

4. Putar lagu menenangkan
Musik yang pelan bisa membantu menenangkan syaraf dan membuat si kecil mudah merasa kantuk. Menggunakan penenang juga bisa menjadi opsi untuk melatih anak agar bisa terbiasa dengan suara tenang untuk tidur, sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur dan mempermudah tubuh untuk lebih cepat lelap.

5. Hindari paparan layar gawai
 

Ilustrasi anak sebelum tidur. (Dok. Diego Passadori dari Unsplash)

Ilustrasi anak sebelum tidur. (Dok. Diego Passadori dari Unsplash)

Paparan gawai dari ponsel, laptop, dan televisi merupakan salah satu pengaruh yang berkontribusi pada risiko kesulitan dan gangguan tidur, di mana ini bisa mengurangi rasa kantuk dan menekan melatonin pada tubuh. Tidak hanya itu, layar gawai juga bisa memengaruhi kualitas dan kuantitas tidur yang memengaruhi ritme tubuh dan kemampuan untuk lebih mudah terlelap.



Editor: Roni Yunianto


 

SEBELUMNYA

Begini 5 Gejala Terinfeksi Covid-19 Setelah Divaksin

BERIKUTNYA

Meraih Medali Perak dalam Olimpiade Tokyo, Eko Yuli Minta Maaf

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: