Olahraga Body Balance (Sumber gambar: Celebrity Fitness)

Body Balance, Olahraga yang Bikin Sehat Fisik & Mental

03 July 2023   |   12:10 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Seiring dengan kesadaran masyarakat akan kesehatan tubuh yang semakin tinggi, jenis-jenis olahraga atau aktivitas fisik yang ditekuni pun kian beragam. Salah satu olahraga yang juga kini digemari oleh masyarakat adalah body balance.

Olahraga ini adalah salah satu program kelas yang dibuat oleh Les Mills International, perusahaan dan pelatihan kebugaran terkemuka yang berbasis di Selandia Baru.

Body balance adalah latihan fisik yoga sederhana yang didalamnya juga terdapat unsur dari Tai Chi dan Pilates. Tai Chi  merupakan seni bela diri yang berasal dari China, sedangkan pilates adalah salah satu metode olahraga untuk melatih fisik yang berfokus pada fleksibilitas dan kelenturan tubuh.

Baca juga: Yuk Coba Olahraga Core Training, Bikin Badan Makin Ramping

Instruktur Body Balance Celebrity Fitness Diana Embran menjelaskan, gabungan gerakan dari yoga, tai chi, dan pilates yang ada dalam body balance akan dilakukan dengan diiringi lagu-lagu, dimana setiap gerakannya berdurasi sekitar 3-5 menit mengikuti durasi lagu yang digunakan. Adapun, satu sesi kelas body balance dapat berlangsung selama 30-55 menit.

Beberapa gerakan dasar yoga yang ada dalam olahraga body balance diantaranya tree pose, downward-facing dog, cat-cow, mountain pose, dan child pose. Sementara gerakan pilates yang dilakukan seperti pilates roll up, triceps dips, pelvic curl, chest lift, spine twist supine, dan roll up. Adapun, untuk gerakan tai chi mulai dari pose awal, melemaskan tangan hingga gerakan dua purnama.

Meski begitu, koreografi body balance harus mengikuti pakem gerakan yang telah ditetapkan oleh Les Mills, dan akan terus diperbarui setiap tiga bulan. Sebelum dilakukan oleh para praktisi, koreografi yang ada pun sudah menjalani serangkaian riset terkait keamanan, level dan manfaat dari tiap gerakannya.

Olahraga body balance mengajak para praktisi untuk meregangkan otot-otot tubuh mereka dengan lagu-lagu yang santai dan menyenangkan. Setiap peserta akan diajak untuk mengatur pernapasan, konsentrasi, dan melakukan koreografi yang terstruktur untuk menciptakan ketenangan dalam diri.
 

Olahraga Body Balance (Sumber gambar: Celebrity Fitness)

Olahraga Body Balance (Sumber gambar: Celebrity Fitness)

Diana menuturkan saat ini peminat olahraga body balance semakin masif. Kebanyakan peserta yang mengikuti olahraga ini adalah mereka yang menginginkan peregangan sambil menguatkan tubuhnya dan mendapatkan ketenangan hingga akhir sesi kelas.

Ada beberapa manfaat yang bisa dicapai ketika rutin melakukan olahraga body balance diantaranya adalah memperkuat badan inti (core muscles), menambah fleksibilitas termasuk memberikan keharmonisan antara pikiran dengan tubuh.

"Bagi mereka yang belum pernah mengikuti kelas yoga, ini akan menjadi metode pengenalan yang baik. Begitupun bagi mereka yang sudah sering yoga, akan semakin tertantang dengan berbagai macam pose di kelas ini," katanya saat dihubungi Hypeabis.id.

Diana menerangkan bahwa olahraga body balance harus dilakukan di bawah pengawasan instruktur yang telah tersertifikasi dan memiliki izin dari Les Mills untuk mengajarkan program ini. Oleh karena itu, hanya studio kebugaran dan pelatih yang telah tersertifikasi dari Les Mills pula lah yang boleh mengadakan latihan body balance.

Menurutnya, salah satu kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pemula dalam kelas body balance adalah bentuk dan teknik gerakan yang tidak tepat karena belum pernah melakukan posisi yoga ataupun pilates sebelumnya. "Tetapi itu bisa teratasi selama kelas karena bisa melakukan gerakan yang lebih mudah," ucapnya.

Selain memastikan tubuh dalam kondisi fit, sebelum body balance, disarankan sebaiknya perut dalam keadaan kosong karena olahraga satu ini akan menuntut tiap peserta bergerak menggunakan otot inti secara intens. Adapun, dalam setiap sesi kelas body balance juga sudah termasuk dalam gerakan pemanasan dan pendinginan yang tidak boleh absen setiap melakukan aktivitas fisik.

Khilda Utami (25) adalah salah satu orang yang menekuni olahraga body balance. Berawal dari kesukaannya pada yoga, dia tertarik untuk menekuni olahraga body balance yang gerakannya juga terdiri dari tai chi dan pilates sehingga lebih bervariasi.

Menurutnya, body balance menjadi pilihan olahraga yang tepat untuk melatih keseimbangan sekaligus fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Serangkaian gerakan yang dilakukan pun, katanya, cocok sebagai peregangan tubuh setelah seharian melakukan aktivitas yang melelahkan. "Adanya musik di latihan body balance juga bikin tubuh jadi happy sekaligus tenang," katanya.

Baca juga: 5 Olahraga yang Wajib Dicoba saat Fase Mental Breakdown

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Dapat Rating Tinggi Hingga Isu Cinlok Yoona-Junho, Cek Sinopsis Seru King the Land Episode 6

BERIKUTNYA

Pendanaan dan Sinergitas Jadi Dua Tantangan Utama Pengembangan Jakarta Smart City

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: