Kuliner dekat Sarinah (Sumber Foto: Sarinah.co.id)

5 Kuliner Legendaris Ini Bisa Kalian Temui di Kawasan Sarinah

28 June 2023   |   19:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, ada kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan bersama keluarga saat libur panjang Iduladha, misalnya, wisata kuliner. Sarinah, Jakarta, menjadi salah satu lokasi yang direkomendasikan untuk berburu kuliner legendaris khas nusantara.

Lokasinya yang strategis di pusat kota Jakarta membuat tempat ini ramai dikunjungi orang-orang. Sebagai salah satu pusat kuliner terkemuka di Jakarta, Sarinah telah menjadi destinasi bagi para pencinta kuliner dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Kembali Dibuka, Begini Kronologi Kekisruhan Pameran Seni Rupa di Sarinah

Dengan beragam pilihan makanan yang tersedia, pengunjung bisa merasakan kelezatan dan keunikan dari hidangan-hidangan tersebut. Berikut adalah sejumlah rekomendasi kuliner di Sarinah.


1. Sate Mak Syukur

Sajian sate legendaris dari Padang Panjang ini tak boleh dilewatkan. Sate Mak Syukur berlokasi di Pasar Nusantara Sarinah. Gerainya sendiri berdiri sejak 1941 dan telah berpengalaman dalam menyajikan sate padang dari campuran daging, usus, jantung dan lidah sapi. 

Sate padang Mak Syukur akan tambah nikmat jika disantap dengan kerupuk kulit. Potongannya pun lebih besar dari kerupuk kulit yang biasanya. Yang membedakan sate padang ini dengan yang lainnya adalah kuahnya yang berwarna kuning kental seperti kuah gulai, beda dengan sate padang pada umumnya yang kuahnya berwarna kecoklatan.


2. Bali Timbungan

Selanjutnya ada Makanan khas Pulau Dewata di gerai Bali Timbungan. Lokasinya berada di lantai ground Sarinah. Bali Timbungan memiliki menu andalan yakni Bebek Timbungan yang merupakan hidangan Bali tertua menurut naskah kuno Dharma Caruban.

Selain itu ada juga menu lainnya seperti ayam bakar biru mara, sate lilit ikan, Sate bawah pohon jambu, kerang bumbu kacang. Hidangan yang dibuat oleh Bali Timbungan ini telah berhasil memenangkan Best of The Best Balinese Food Festival. Penghargaan itu diselenggarakan oleh Trihita Karana Bali Foundations selama tiga tahun berturut-turut.


3. Gudeg Yu Djum 

Beralih ke kuliner khas Yogyakarta di gerai Gudeg Yu Djum di Pasar Nusantara Sarinah. Gudeg merupakan hidangan asli Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda, yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah pilihan. Setiap suapanya akan memanjakan lidah pengunjung dengan cita rasanya yang tak terlupakan.


4.  Lontong Balap Ria Surabaya

Lontong Balap Ria Surabaya menghadirkan hidangan lezat khas Surabaya yang layak dicoba. Sensasi lontong dengan topping lentho, tahu goreng, taoge, dan kerupuk yang dijamin dapat memanjakan lidah pengunjung yang rindu dengan cita rasa kuliner khas Surabaya. Lontong Balap Ria Surabaya terletak di Pasar Nusantara Sarinah.


5. Sari Sari

Untuk hidangan penutupnya ada jajanan pasar di Toko Kue Sari Sari yang melegenda sejak 1967. Sejak dulu gerai ini menjadi surga jajanan pasar bagi pengunjung Sarinah. Sari Sari menyajikan varian jajanan pasar mulai dari jajanan manis sampai asin seperti ongol-ongol, wajik ketan, sus, dadar gulung dan masih banyak lagi. Selain jajanan kue, tersedia juga aneka macam gorengan dan makanan berat.

Baca juga: Cara Pergi ke Distrik Seni Sarinah Menggunakan Transportasi Umum & Kendaraan Pribadi

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

5 Cari Uang dengan Bisnis Merchandise Kpop, Enggak Susah Kok

BERIKUTNYA

4 Tempat Liburan di Jakarta, Cocok untuk Mengisi Libur Iduladha 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: