Ilustrasi ibu dan anak (dok. Pexels)

Bunda, Begini Cara Cepat Kendalikan Emosi saat Anak Bikin Jengkel

22 July 2021   |   18:47 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bunda pusing menghadapi anak yang tiba-tiba tantrum atau melakukan sesuatu yang bikin kita jengkel? Jangan langsung kebawa emosi dengan memarahi anak ya, bun. Sebab sama seperti orang tua, anak juga bisa mengalami sedih, takut, frustrasi, tidak merasa aman, hingga stres menghadapi situasi pandemi Covid-19 ini.

Sayangnya, mereka belum matang mengelola emosinya, tidak seperti para orang dewasa. Psikolog Anak Fathya Artha Utami mengatakan para orang tua perlu ekstra sabar menghadapi anak di tengah pandemi ini. Bunda dan ayah penting melatih otak untuk tidak menganggap emosi atau perilaku anak sebagai ancaman.

Ya, tak sedikit orang tua yang tersulut emosi ketika melihat tingkah laku anak. Itu karena otak kita mempersepsikan emosi atau perilaku anak sebagai ancaman. Ketika otak menerima sesuatu yang mengancam, membuat kita sering bereaksi tanpa berpikir.

“Reaksinya jadi tidak terkendali, yang perlu dilakukan orang tua apapun reaksi anak bukan ancaman yang tidak perlu direspon langsung,” jelasnya dalam diskusi yang digelar Tokopedia, Kamis (22/7/2021). 

Bagaimana cara yang tepat untuk bunda dan ayah mengendalikan emosi? Ikuti tip dari Fathya ini ya :

1. Mengatur napas.
Ketika bunda atau ayah menghadapi anak yang sedang tantrum, jangan langsung direspon. Aturlah nafas kamu dengan teknik 4–7-8. Artinya, 4 hitungan saat menarik nafas, 7 hitungan menahan nafas, dan 8 hitungan saat mengeluarkan nafas. Hal ini efektif untuk membuat emosi bunda dan ayah lebih stabil dan berpikir hernia dalam merespon sikap anak.

2. Minum air putih untuk tenangkan diri.
Bunda dan ayah baiknya segera minum air putih yang segar untuk membuat diri lebih tenang. Atau coba pindah tempat agar suasana hati dan jiwa bisa dikontrol kembali dan baru menenangkan si Kecil yang lagi bikin jengkel.

3. Mengambil jeda untuk mengenali perasaan yang ada.
Bunda atau ayah bisa pergi sejenak untuk mengenali emosi yang tengah dirasakan saat anak sedang menangis, kesal, atau marah. Penting untuk mengenali emosi sendiri agar penanganan terhadap si Kecil bisa efektif. 

4. Mencium wewangian.
Nah, di tengah emosi yang tengah membuncah, bunda atau ayah bisa nih mencium wewangian yang menyenangkan dan menenangkan seperti esensial oil.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Manisnya Dirt Pudding Oreo yang Mudah Dibuat Tanpa Cream Cheese

BERIKUTNYA

Ayah Bunda, Yuk Jaga Kesehatan Mental Anak dengan Cara Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: