Membuat Ayam Goreng (Sumber Foto: Freepik)

Rahasia Membuat Ayam Goreng yang Crispy dan Juicy ala Mc Donald's

07 June 2023   |   07:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Memasak ayam goreng yang crispy atau renyah di luar, namun daging bagian dalamnya tetap juicy dan gurih tentu tidak mudah. Seringkali yang terjadi, ayamnya matang di luar namun mentah di dalam. Selain itu, kulitnya pun kurang renyah walaupun sudah dilapisi tepung.

Salah satu gerai makanan cepat saji di Indonesia, yakni Mc Donald's membagikan resep rahasia kelezatan ayam gorengnya yang crispy dan juicy. Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia, mengatakan bahwa ayam goreng yang disajikan kepada konsumen telah melalui proses presisi yang diolah dan dimasak oleh para ahli yang disebut Spesialis Ayam.

"Mereka yang ingin menjadi Spesialis Ayam wajib mengikuti pelatihan khusus dan menguasai seluruh proses produksi ayam goreng di dapur," kata Caroline dikutip dari rilisnya.

Baca juga: Rahasia Cita Rasa Ayam Goreng Berkah Rachmat yang Bertahan Sejak 1960

Para Spesialis Ayam yang sebelumnya sudah menjalani pelatihan dan pembekalan keterampilan khusus ini harus menjaga konsistensi kualitas ayam Goreng. Daging ayam yang akan dimasak selalu didatangkan setiap hari dalam kondisi segar dan langsung dari pemasok.

Ayam goreng kemudian dimasak dengan teknik yang spesifik dan presisi. Sehingga apa pun jenis potongannya akan terasa renyah dan gurih di setiap gigitan. Fikri, salah seorang Spesialis Ayam menyebutkan tahapan membuat ayam Goreng ala McD yang renyah dan gurih. Yuk, simak cara membuatnya.

Pertama, proses persiapan dimulai dengan merendam ayam di air dingin bersuhu 1-4 derajat celsius. Suhu dan durasi perendaman perlu diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap tekstur tepung bumbu pada saat penggorengan.

Selanjutnya tahap penepungan dilakukan dengan memijat ayam dengan tepung bumbu sebanyak dua kali. Proses ini harus memperhatikan teknik menepiskan tepung bumbu untuk memastikan tekstur yang krispi.

Kemudian pada proses penggorengan, ayam disusun di keranjang penggorengan agar seluruh potongan dan bagian ayam dapat matang dengan sempurna. Ayam digoreng dengan minyak berkualitas yang sudah memiliki sertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dengan cara yang presisi.

Ayam goreng lalu disimpan di tempat bersuhu 82 derajat celcius untuk menjaganya agar tetap renyah, gurih, dan hangat saat disajikan. 

Hal lain yang harus diperhatikan untuk membuat ayam goreng yang crispy dan juicy adalah kualitas ayam itu sendiri. Imam Gazali, Quality Assurance Manager of McDonald’s Indonesia memaparkan bahwa pemasok ayamnya telah menerapkan standarisasi keamanan hayati atau biosecurity supaya memenuhi kriteria keamanan pangan atau food safety, dan yang terpenting adalah memenuhi persyaratan halal.

"Kami harus memperhatikan semua hal ini agar kualitas ayam tetap segar ketika diantarkan setiap pagi hari ke seluruh gerai,” kata Imam.

Penanganan ayam ternak juga berpengaruh terhadap ayam yang akan disajikan. Penting sekali untuk memperhatikan pakan ayam, suhu dan kelembapan kandang, serta tak lupa air minumnya harus difilter untuk menghindari paparan bakteri pembawa penyakit.

"Beberapa kandang bahkan memisahkan ayam jantan dan betina karena ditakutkan ada persaingan dalam mendapat makanan, sehingga ayam bisa kurus," jelas Imam.

Baca juga: Jadi Kuliner Legendaris, Cek Sejarah & Fakta Unik Ayam Goreng Suharti

Lebih lanjut dia menyarankan supaya peternak memastikan suasana hati ayam tetap baik dan tidak stres. Lantaran ayam ternak yang stres maka asam laktatnya bisa meningkat dan dagingnya jadi alot. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

3 Seri iPhone yang Tidak Bisa Update iOS 17, Ternyata Ini Penyebabnya

BERIKUTNYA

Resep Nasi Goreng Teri Medan, Menu Sarapan Lezat & Mudah Dibuat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: