Formula E 2023 (Sumber gambar: Instagram.com/maximillianguenther)

5 Fakta Menarik Formula E Jakarta 2023, Kemenangan Maximilian Hingga Penampilan Alan Walker

05 June 2023   |   22:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Ajang balap mobil Formula E 2023 resmi berakhir pada Minggu (4/6/2023) kemarin. Indonesia sebagai tuan rumah Formula E pun akhirnya resmi merampungkan gelaran ini. Pertarungan  pembalap selama dua hari ini sukses menyihir mata penggemar Formula E di Jakarta. Puluhan pembalap yang bersaing di sirkuit saling kejar untuk mengangkat trofi di Formula E kali ini.

Agenda ini diwarnai banyak kejadian unik dan menarik, mulai dari penggunaan kendaraan generasi baru hingga panggung hiburan bertabur bintang lokal dan internasional.

Berikut beberapa fakta gelaran Formula E Jakarta 2023 yang berlangsung 3-4 Juni 2023:
 

1. Berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC)

Formula E Jakarta mengambil tempat di sirkuit JIEC yang terletak di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Adapun sirkuit ini sebelumnya telah digunakan untuk gelaran Formula E 2022. Sejak tahun lalu, federasi internasional Automobile (FIA) telah menyetuju penggunaan sirkuit JIEC sebagai arena balap yang memenuhi standar. Namun menjelang Formula E 2023, beberapa perbaikan kembali dilakukan oleh pihak sirkuit untuk membuat arena balap semakin nyaman.

Sirkuit JIEC memiliki 18 tikungan dengan pemandangan teluk sekitar Jakarta Utara yang indah. Sirkuit ini tidak hanya dikhususkan untuk Formula E, tetapi juga seri balap lain yang mmembutuhkan kualifikasi street circuit. Seri ke-10 dan ke-11 dari Formula E 2023 ini akhirnya kembali menggunakan JIEC sebagai sirkuit pilihan untuk gelaran ini.
 

2. Persaingan 22 Pembalap

Sebanyak 22 pembalap berpisah dalam 11 tim mengikuti turnamen balap tingkat dunia ini. Satu tim membawa dua pemain dalam laga salip menyalip ini. Nick Cassidy memulai pertarungan barisan depan sebagai pemimpin klasemen. Pemain asal New Zealand itu datang dari tim Envision Racing. Sementara pebalap asal Jerman, Pascal Wherlein dari TAG Heuer Porsche bertengger di bawah Nick.

Formula E 2023 juga dihadiri banyak pembalap tenar dari berbagai negara, seperti David Beckmann, Mitch Evans, Jake Hughes, Maximilian Gunther, Sacha Fenastraz, Lucas Di Grassi, dan lainnya.  Mereka melintasi trek lurus sejauh 600m dengan belasan tikungan di spanjang lintasan sirkuit 2,4 km dengan lebar 12 m untuk memenangkan kompetisi ini.
 

3. Kemenangan Maximilian Gunther


Maximillian Gunther keluar sebagai juara Formula E 2023. Pebalap dari tim Maserati MSG Racing ini menyelesaikan pertarungan dalam waktu 44 menit 57,285 detik. Pemain asal Jerman tersebut berhasil menjadi yang terdepan dari total 38 lap yang sukses ditaklukkannya. Maximillian tepat berada di depan Jake Dennis dari tim Avalance Andrestti dengan perbedaan 2,822 detik saja.

Kemenangan Maximilian bisa terbilang spesial. Pasalnya, ini merupakan kemenangan perdana bagi Maimilian di Formula E 2023. Sebelumnya, pria kelahiran 1997 itu hanya finis di posisi ketiga dari edisi formula E tahun ini. Keberhasilan Maximilian juga menandai sejarah baru prestasinya yang tercipta di Jakarta.
 

4. Fitur Mobil

Formula E 2023 Jakarta menggunakan mobil listrik generasi terbaru yang dirancang dengan kapasitas tenaga maksimum 250kw. Ini menciptakan tenaga setara 225 bph. Belum lagi, mobil-mobil terbaru ini juga menyematkan fitur attack mode yang membuat mobil melaju lebih kencang lewat tenaga tambahan.

Menariknya, Formula E kali ini juga menyematkan fitur Fanboost yang memungkinkan pebalap melaju lebih kencang lewat dukungan penonton. Dilansir dari laman FIA Formula E, fitur ini memberi kesempatan pada apara penonton untuk memberi dorongan tenaga ekstra melalui voting, sehingga mobil pembalap akan melesat lebih kencang.
 

5. Pengisi Hiburan

Bukan hanya pebalap yang menyemarakkan gelaran Formula E. Panggung hiburan juga tak kalah meriah bertaburkan bintang. Mulai dari musisi lokal hingga internasional memeriahkan Formula E 2023 dengan alunan nada merdu hingga menghentak. Salah satu pengisi line up yang dinantikan dalam acara ini adalah Alan Walker, DJ yang tenar berkat hits Alone. Alan Walker juga hadir dengan DJ lainnya seperti Sergio dan Yasmin.

Selain lagu EDM yang dibawakan para DJ, Formula E 2023 juga dihadiri bintang rock dan pop lokal, seperti Rossa, Slank, Momo, Lyodra, Cakra Khan, RAN, Angel Pieters, dan Angger Dimas.
 

SEBELUMNYA

Begini Cara Jitu Mengatasi Nyeri Punggung dan Pinggang yang Jadi Keluhan Anak Kantoran

BERIKUTNYA

Tembus 300.000 Penonton, Ini 6 Fakta Film Hati Suhita

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: