Best new cookbooks for hunkering down during the pandemic. Peloton recalls pedals on 27,000 exercise bikes after reported injuries

Ilustrasi-George Milton (Dok. Pexels)

Siap Memulai Usaha pada Masa Pandemi? Ikuti Beberapa Kiat Ini Yuk!

21 July 2021   |   18:33 WIB

Genhype, tak dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 berdampak pada banyaknya kegiatan ekonomi yang terhenti, sehingga banyak pekerja terpaksa harus dirumahkan atau terkena pemutusan hubungan kerja alias PHK. Jika kondisinya seperti itu, salah satu yang bisa diandalkan adalah tabungan dan aset.

Tentu saja, tabungan dan aset-aset yang bisa dijual ini hanya sebatas untuk bertahan hidup. Namun, di sisi lain, bisa jadi, kondisi tersebut justru adalah waktu yang tepat untuk memulai usaha. Bagaimana bisa?

Perencana Keuangan Rista Zwestika mengatakan, kehilangan pekerjaan memang pastinya dapat mengganggu mental seseorang. Namun, di sisi lain, mereka justru memiliki kesempatan untuk menambah atau mengganti pendapatan yang hilang dengan melihat banyaknya peluang usaha yang ada.
 

Ilustrasi (Dok Christin Hume/Unsplash)

Ilustrasi (Dok Christin Hume/Unsplash)


Nah, bagi Genhype yang ingin memulai usaha pada masa pandemi, berikut ini beberapa kiat yang bisa dilakukan menurut Rista. Simak yuk.

1. Lakukan survei dan riset

Langkah awal untuk memulai usaha adalah melakukan survei dan riset tentang usaha atau produk apa yang akan dijual. Rista mengatakan perlu kejelian dalam melihat value atau kemampuan diri sendiri yang nantinya akan dikaitkan dengan hasil riset pasar yang potensial. Misal, kamu bisa masak, kamu bisa coba menjual makanan dengan sistem pre-order agar tidak mengeluarkan modal dan meminimalisir kerugian.


2. Memulai usaha tidak harus bermodal besar

Rista mengatakan saat ini banyak jenis peluang usaha yang tidak memerlukan modal seperti bisnis dropshipper atau sistem pre-order. Namun, sembari memulai usaha, perlu juga memikirkan bagaimana keberlangsungan jangka pendek dan panjang dari usaha tersebut nantinya.



 
SEBELUMNYA

Terinspirasi dari Loki, Intip Hasil Kolaborasi Fesyen 2 Desainer & Disney+ Hotstar

BERIKUTNYA

Mirip Covid-19, Ini 5 Fakta Seputar Virus Monkey B yang Perlu Kamu Tahu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: