Ilustrasi mi Jepang (Sumber gambar: Unsplash/Susann Schuster)

Ragam Mi Terkenal di Negeri Matahari Terbit, Mana Favorit Kalian?

23 May 2023   |   19:00 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Like
Apa kesamaan Indonesia dan Jepang? Kedua negara ini dikenal memiliki beragam varian mi tradisional yang lezat, serta menggugah. Jepang memang terkenal dengan kekayaan kulinernya. Mi cukup populer di sana. Ada berbagai sajian mi yang bisa kita coba. Mulai dari berkuah hingga goreng. 

Beberapa jenis mi itu pun sudah sangat familier di telinga masyarakat Indonesia. Misalnya, ramen dan udon. Kedua olahan mi ini bahkan sudah banyak dijajakan di Indonesia. Tentunya mi tersebut sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. 

Baca juga: Rekomendasi 6 Olahan Mie dari Berbagai Negara, yang Mana Favorit Genhype?

Selain ramen dan udon, masih ada beragam mi populer Jepang lainnya. Setiap jenis mi memiliki karakteristik dan cara penyajian yang unik. Baik penduduk setempat maupun wisatawan ke Jepang menyukainya. Untuk mengenal lebih jauh tentang mi-mi tersebut, Hypeabis.id telah menghimpun daftar mi populer di Jepang. Simak informasinya berikut ini: 


1. Ramen

 

Ramen (Sumber foto: Unsplash/isaac lopez)

Ramen (Sumber foto: Unsplash/isaac lopez)

Salah satu mi terkenal di Jepang adalah ramen. Mi jenis ini biasa disajikan dengan kuah. Untuk kuahnya, sering diberi rasa dengan kecap asin atau miso (bahan penyedap). Selain itu, ramen juga sering ditambahi dengan topping seperti irisan daging, nori (rumput laut kering), menma, dan daun bawang. Ramen adalah salah satu hidangan mi paling populer di Jepang. Kalian dapat ditemukan di restoran-restoran di seluruh negeri.


2. Udon

 

Udon (Sumber foto: Unsplash/jinomono media)

Udon (Sumber foto: Unsplash/jinomono media)

Selain ramen, udon juga masuk dalam jajaran mi terpopuler di Jepang. Bahkan, di Indonesia kita juga sudah akrab dengan mi ini. Udon adalah mi yang terbuat dari tepung gandum. Mi ini lebih tebal dan kenyal dibandingkan mi ramen. Untuk penyajiannya, udon sering disuguhkan dalam kuah panas dengan berbagai topping, seperti tempura, sayuran, atau daging. 


3. Soba

 

Soba (Sumber foto: Unsplash/low-ural)

Soba (Sumber foto: Unsplash/low-ural)

Menurut catatan di situs Pemerintah Kota Tokyo, soba adalah jenis mi tradisional Jepang yang bahan utamanya adalah tepung gandum. Selain soba dengan kuah hangat, biasanya ada Zaru Soba dan Mori Soba, yang merupakan soba yang setelah matang diletakkan di atas keranjang bambu hingga dingin dan kemudian dimakan dengan dicelupkan ke dalam kuah.

Ketika di Jepang, kalian tidak akan kesulitan menemukan makanan ini, karena banyak dijual di restoran-restoran. 


4. Yakisoba

 

Yakisoba (Sumber foto: Unsplash/douglas-lopez)

Yakisoba (Sumber foto: Unsplash/douglas-lopez)

Yakisoba adalah hidangan mi goreng ala Jepang yang terbuat dari mi gandum, sayuran, dan daging. Biasanya disajikan dengan saus manis dan gurih. Yakisoba adalah makanan kaki lima yang populer di Jepang, dan juga dapat ditemukan di restoran-restoran di seluruh negeri.

Dikutip dari justonecookbook.com, Yakisoba atau mi goreng Jepang mulai muncul pada1930-an sebagai So-su (= Saus) Yakisoba. Itu adalah camilan anak-anak yang populer di toko permen mom-and-pop (dagashi-ya Jepang) di akhir 50-an.


5. Somen

 

Somen (Sumber foto: Flickr/Alpha)

Somen (Sumber foto: Flickr/Alpha)

Somen merupakan mi Jepang yang terbuat dari bahan tepung gandum. Mi ini sangat tipis dan lembut, dan sering disajikan dalam keadaan dingin dengan saus celup. Somen adalah hidangan musim panas yang populer di Jepang, dan sering dikonsumsi saat piknik dan barbekyu.

Baca juga: Ini 10 Makanan Jepang yang Ikonik di Anime, dari Camilan sampai Makanan Berat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Potensi AI dalam Bidang Medis untuk Diagnosa Penyakit yang Lebih Cepat dan Akurat

BERIKUTNYA

NewJeans Siap Comeback dengan Lagu & Album Baru pada Juli 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: