Jamur enoki yang memiliki cita rasa kenyal, lembut, dan renyah. (Sumber gambar : Freepik/Jcomp)

Cara Mengolah Jamur Enoki agar Bersih & Bebas Bakteri

19 May 2023   |   11:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Enoki merupakan salah satu jenis jamur yang cukup diminati pencinta kuliner Jepang dan Korea Selatan. Memiliki bentuk yang panjang, tipis, seperti spageti, enoki punya tekstur kenyal, lembut, dan paling enak dibuat gorengan, campuran sup, ramen, atau digulung bersama sushi. 

Dikenal juga sebagai jamur Enokitake atau Golden Needle, jamur enoki yang dibudidayakan di lingkungan yang kaya karbon dioksida umumnya punya batang putih, tipis, dan panjang. Sementara itu, jamur enoki liar biasanya memiliki batang yang lebih pendek dan tutup lebih lebar. Keduanya dapat ditambahkan ke berbagai jenis makanan, dan populer di sejumlah negara. 

Baca juga: Ada 4 Manfaat Jamur Tiram yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Dibudidayakan di Asia, Amerika Utara, dan Eropa, jamur enoki kaya akan nutrisi. Mengutip Healthline, jamur ini sangat tinggi niasin, mikronutrien yang digunakan tubuh untuk mengatur kolesterol dan meningkatkan kesehatan otak. 

Setiap porsi jamur enoki mengandung asam pantotenat (vitamin B5) dalam jumlah yang sehat, digunakan tubuh untuk mensintesis asam lemak, juga  kaya akan tiamin yang mengatur fungsi sel saraf. 

Enoki juga kaya antioksidan, bersifat memperlambat pertumbuhan sel kanker, mendukung kesehatan jantung, dan meningkatkan imunitas. Namun, kalian perlu hati-hati saat mengolahnya ya Genhype


Cara Mengolah Jamur Enoki 

Jamur dengan nama latin Flammulina Filiformis ini rentan terkontaminasi bakteri listeria monocytogenes. Bakteri ini yang biasa ditemukan di tanah, tanaman, dan air ini dapat menyerang permukaan dinding usus dan masuk ke dalam darah. Akibatnya, kamu bisa saja mengalami infeksi usus listeriosis. 

Untuk terhindar dari bakteri ini, berikut tips menyiapkan jamur enoki, dikutip dari berbagai sumber. Yuk simak. 
  1. Taruh sekelompok jamur di atas talenan. Potong bagian akarnya menggunakan pisau tajam. 
  2. Gunakan jari untuk memisahkan beberapa bagian dengan hati-hati menjadi bundel seukuran gigitan, periksa apakah ada kotoran yang tersembunyi di dalamnya.
  3. Masukkan ke dalam mangkuk besar berisi air bersih. Cuci dengan lembut. Ganti air dan cuci lagi jika perlu. Kamu jua dapat mencucinya di bawah keran yang mengalir.
  4. Tiriskan enoki. Jika akan dimasak, keringkan dengan tisu dapur.
  5. Masak jamur sampai matang baik itu dengan cara direbus atau ditumis. 
  6. Apabila ingin disimpan, taruh di lemari pendingin dengan suhu 4 derajat Celcius atau lebih rendah. Ketika disimpan dalam toples kedap udara di lemari es, jamur ini akan bertahan selama sekitar dua minggu. 
 

Resep Jamur Enoki Saus Teriyaki

Setelah selesai melakukan pengolahan jamur dengan benar, kalian bisa menjadikan tanaman ini sebagai penganan dengan berbagai cara dan olahan. Sebagai referensi, berikut Hypeabis sertakan resep membuat jamur enoki saus teriyaki yang nikmat dan mudah dibuat. 


Bahan

  • 7 ons jamur enoki
  • 1 sendok makan minyak kelapa
  • 1 sendok makan saus teriyaki
  • 1 sendok makan kecap
  • 1 sendok teh biji wijen hitam
  • 1 sendok makan irisan daun bawang.


Cara Membuat

  1. Potong 1 inci dari pangkal jamur. Bilas dengan lembut dan tepuk-tepuk jamur sampai kering.
  2. Pisahkan jamur menjadi sekitar 6 bundel.
  3. Panaskan minyak dalam wajan anti lengket di atas api sedang. Tambahkan jamur dan balikkan sesering mungkin, masak selama sekitar 2-3 menit.
  4. Tambahkan saus teriyaki dan kecap, lalu masak selama 30 detik lebih lama dengan api kecil. Tambahkan lebih banyak saus sesuai selera.
  5. Sajikan jamur di atas nasi, atau tambahkan menjadi sushi gulung sayuran. Taburi dengan biji wijen dan daun bawang.

Baca juga: Ini 6 Jamur Termahal di Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

3 Fokus Meta Dorong Pertumbuhan Bisnis & Industri di Indonesia

BERIKUTNYA

8 Fakta Game Lego 2K Drive, Bersiap Bangun Mobil dari Bata & Menjelajah Bricklandia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: