Mobil swakemudi Tesla (dok: Unsplash/Erik Mclean)

Wow, Korea Selatan Mulai Uji Coba Layanan Khusus Mobil Swakemudi di Seoul

20 July 2021   |   21:00 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Genhype, mulai Oktober mendatang, mobil swakemudi untuk bisnis akan mulai dioperasikan di Korea Selatan, tepatnya di Area Sangam, Distrik Mapo, Ibu Kota Seoul. Seperti dilansir KBS World pada Selasa (20/7/2021), Pemerintah Kota Seoul telah menyatakan bahwa regulasi terkait itu sudah siap.

Regulasi yang mencakup peraturan pendukung dan pengoperasian di distrik uji coba operasional mobil swakemudi ini bahkan sudah mulai diberlakukan di kota tersebut. Sesuai dengan peraturan tersebut, layanan mobil swakemudi untuk bisnis ini dioperasikan di wilayah Sangam.

Adapun Sangam meliputi Sangam Digital Media City, Taman Noeul dan Haneul, dan lain-lain layaknya kendaraan umum berbayar lainnya seperti bus dalam kota. Pada distrik tempat uji coba pengoperasian mobil swakemudi, peraturan khusus terkait deregulasi penggunaan kendaraan bermotor akan diterapkan.

Oleh sebab itu, pihak yang mendapat izin pengoperasian sementara dari Kementerian Transportasi dan Pertanahan Korea Selatan dapat melayani pengangkutan berbayar dengan menggunakan mobil swakemudi asalkan telah mendapat izin operasional dari pemerintah setempat. 

Pemerintah Kota Seoul kemudian menampilkan bis swakemudi sebagai layanan mobilitas berbasis aplikasi untuk rute yang telah ditentukan, layanan untuk kalangan rentan dan lain-lain yang akan mulai aktif pada Oktober mendatang.

Layanan ini juga rencananya akan diperluas pada tahun-tahun mendatang dalam bidang pengangkutan logistik dengan mobil swakemudi.

Pemerintah Kota Seoul juga menyatakan akan memberikan dukungan pemasangan infrastruktur yang dibutuhkan dalam layanan mobil swakemudi, semisal tempat parkir khusus mobil swakemudi, papan pedoman, sistem pembayaran, dan infrastruktur lainnya.


Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Fakta Jeff Bezos yang Bakal Wisata ke Luar Angkasa, Tak Cemas Sama Sekali!

BERIKUTNYA

Ini 9 Gejala Awal Diabetes yang Perlu Kamu Kenali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: