Ilustrasi kleptomania (Sumber gambar: Flickr/Morning Calm)

Masuk Kategori Gangguan Mental, Kenal Gejala & Cara Mengobati Kleptomania

18 May 2023   |   13:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kleptomania bisa diatasi loh, Genhype. Biasanya diobati dengan terapi, terkadang dibutuhkan tambahan obat-obatan. Berikut ini cara mengatasi orang yang menderita kleptomania: 

1. Psikoterapi 

Terapi perilaku kognitif, atau CBT, adalah bentuk terapi yang biasanya digunakan untuk mengobati kleptomania. Perawatan ini membantu orang untuk mengidentifikasi dan memahami hubungan antara pikiran, kepercayaan, dan perilaku mereka sehingga mereka dapat melakukan perubahan.


2. Antidepresan 

Memang Food and Drug Administration (FDA) belum menyetujui obat apa pun yang khusus untuk pengobatan kleptomania. Namun, antidepresan atau obat yang digunakan untuk mengobati kecanduan dapat dipertimbangkan untuk membantu mengendalikan dorongan mereka untuk mencuri. 


3. Manajemen Stres

Karena stres terkait dengan masalah kontrol impuls, teknik manajemen stres dapat membantu mengurangi gejala kleptomania dan gangguan kontrol impuls lainnya. Manajemen stres dapat berupa apa saja yang membuat penderita kleptomania merasa santai, seperti hobi, jalan-jalan di alam, atau menulis jurnal.


4. Pelacakan

Melacak pola kleptomania dapat membantu pasien dan profesional kesehatan untuk lebih memahami apa yang sedang terjadi dan bagaimana mengatasi tantangan tersebut. Langkah pertama adalah melacak gejala, kapan gejala itu muncul, dan pikiran serta perasaan yang terkait dengan gejala tersebut.
 

5. Mencari Support System

Salah satu cara mengatasi kleptomania adalah mencari dukungan di luar pilihan pengobatan psikoterapi dan pengobatan. Berkomunikasi dengan teman dan keluarga dapat membantu mereka memahami kleptomania dan memberikan dukungan. Selain itu, ada kelompok pendukung khusus untuk kleptomania yang mungkin bisa membantu. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
1
2


SEBELUMNYA

Menparekraf Dorong Perajin Bali Tingkatkan Nilai Tambah Pada Produk Fesyen

BERIKUTNYA

Boutique Hotel Jadi Tipe Penginapan yang Banyak Disukai Anak Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: