Edward Tirtanata, CEO dan Co-Founder Kenangan Brands saat menyampaikan pemaparan (sumber gambar : Kenangan Brands)

Strategi Kenangan Brands Jadi Perusahaan Berkelanjutan yang Profitable

17 May 2023   |   20:40 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Sejak berdiri 2017, Kopi Kenangan terus berkembang dan telah menjadi perusahaan new retail F&B yang berhasil menyandang status unikorn pertama di Asia Tenggara. Seiring dengan pertumbuhan ini, perusahaan terus berinovasi dengan menghadirkan berbagai produk unggulan yang tak hanya fokus pada kopi.

Perusahaan memiliki sejumlah produk seperti Cerita Roti, Chigo, Kenangan Heritage, Kenangan Manis, yang semuanya bernaung dalam satu grup yakni Kenangan Brands.

Edward Tirtanata, CEO dan Co-Founder Kenangan Brands mengatakan bahwa manajemen  tak hanya fokus pada pengembangkan produk dan pelayanan, Kenangan Brands kini mulai memperkenalkan strategi baru yang akan menjadi standar perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

“Kami menyadari bahwa perusahaan yang berkelanjutan (sustainable) harus menjadi perusahaan yang sehat secara finansial (profitable), sehingga dapat mendukung berbagai faktor lingkungan, sosial, tata kelola (ESG-Environment, Social, dan Governance),” tuturnya.

Melalui strategi baru ini, Kenangan Brands memiliki target untuk menjadi perusahaan yang berkelanjutan sekaligus profitable pada 2030. Sebab, diakui olehnya bahwa strategi yang holistik diperlukan untuk memastikan bisnis dapat berkembang di ranah berkelanjutan.

Karena itulah, perusahaan saat ini telah mulai menerapkan eco-friendly operations dengan fokus utama untuk mencapai Zero Waste to Landfill sehingga pada 2030, Kenangan Brands diharapkan dapat mencegah sampah operasional masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA). “Kami akan menjalin kerja sama dengan mitra untuk mendaur ulang sampah-sampah tersebut,” ujarnya.

Untuk mencapai target-target berkelanjutan, Kenangan Brands mengembangkan strategi Kenangan Sustainability Journey 2030 yang dirancang berdasarkan pedoman-pedoman ESG dan Sustainability Development Goals 2030 yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dalam menjalankan strategi ini, Kenangan Brands membagi setiap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 dalam 4 (empat) pilar, masing-masing pilar memiliki target yang harus dicapai
 

1.  Happy People

Pilar ini bertujuan menyejahterakan kurang lebih 6,000 karyawan operasional maupun head office Kenangan Brands. Perusahaan menargetkan untuk menjaga angka 0 (zero) major incident melalui berbagai SOP dan pelatihan yang mumpuni.

Selain itu, Kenangan Brands juga memiliki target kesetaraan gender agar di tahun 2030, perusahaan bisa memiliki 50% karyawan wanita dan pria yang setara, baik di level manajemen maupun level operasional.
 

2. Protect Our Planet

Sesuai dengan namanya, pilar ini bertujuan untuk melindungi lingkungan dengan menjaga dan mengatur efisiensi penggunaan energi dan emisi, sekaligus mencegah seluruh sampah operasional Kenangan Brands berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA).

Perusahaan telah melakukan kalkulasi awal untuk penggunaan energi dan emisi CO2, air, serta sisa ampas kopi pada 2022, dan menargetkan untuk mengurangi 15% penggunaan energi, dan juga 10% penggunaan air pada 2030.
 

3. Great Coffee

Meskipun Kenangan Brands tidak hanya memiliki produk kopi, kopi adalah DNA yang membentuk perusahaan menjadi seperti sekarang. Great Coffee adalah pilar berkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan inovasi produk, sehingga dapat terus menjaga profitabilitas Kenangan Brands. Selain menjaga sertifikasi keamanan pangan seperti HACCP dan Halal, perusahaan juga berharap seluruh gerai Kenangan Brands mendapatkan Sertifikasi Usaha Pariwisata (SUP).
 

4. Strong Communities

Selain ranah internal, Kenangan Brands juga ingin mengambil peran untuk berkontribusi bagi komunitas sekitar agar dapat secara bersama-sama menjadi lebih kuat. Mulai dari memperhatikan komunitas supplier lokal dengan memberikan berbagai bantuan infrastruktur maupun bantuan akademis/keterampilan, perusahaan juga ingin mengajak masyarakat melalui berbagai kampanye sosial untuk lebih aktif dalam memperhatikan sampah konsumsi mereka, khususnya sampah plastik.

Di samping itu, perusahaan juga akan mengalokasikan anggaran procurement untuk membangun infrastruktur yang diperlukan supplier-supplier lokal Indonesia, serta berperan aktif dalam memberikan bantuan sosial.

"Setiap langkah bisnis yang kami ambil untuk menciptakan setiap gelas Kopi Kenangan akan selalu difokuskan pada suatu tujuan, yaitu menciptakan masa depan yang lebih baik,” ujar Edward.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Martha Stewart jadi Model Sampul Tertua Sport Illustrated Swimsuit di Usia 81 Tahun

BERIKUTNYA

Menparekraf Dorong Perajin Bali Tingkatkan Nilai Tambah Pada Produk Fesyen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: