sumber foto:unsplash/leti-kugler.

Resep Makanan yang Cocok untuk Anak Kos

17 May 2023   |   17:21 WIB

Sebagai anak kos, terutama mahasiswa yang jauh dari orang tua harus pintar-pintar mengelola kebutuhannya. Selain itu, anak kos juga harus belajar hidup mandiri, mengurus aneka keperluan pribadinya. Keterampilan yang harus miliki contohnya adalah mengatur makanan dan keuangan.

Walaupun harus mengirit banyak hal, anak kos juga harus memikirkan kesehatannya. Yang terpenting adalah mengonsumsi makanan yang sehat. Tidak harus membeli makanan yang mahal, tetapi  mereka harus tahu bagaimana cara untuk mengolah makanan sehingga lebih sehat. 

Baca juga: 7 Makanan yang Bisa Menguatkan Tulang, Bisa Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Bagi anak kos, memasak merupakan salah satu pilihan yang terbaik untuk hidup hemat dibandingkan dengan membeli makanan di luar. Jika tidak mau ambil pusing untuk urusan makanan, mereka biasanya membeli makanan menyesuaikan isi dompetnya.

Banyak anak kos memilih mi instan sebagai pilihan utama mereka. Selain harganya yang murah, mi instan ini juga mudah dibuatnya. Namun, kalau terlalu sering mengonsumsi mi instan juga tidak baik bagi kesehatan. 

Simak berikut ini beberapa resep makanan sederhana untuk sehari hari bagi anak kost.


1.    Nasi goreng 

Nasi goreng sudah menjadi menu andalan bagi anak kos. Membuat nasi goreng  sangat mudah cukup menyiapkan bumbu cepat saji dan tambahkan bawang putih dan cabe. Kemudian tumis hingga tercium wangi nasi goreng, tambahkan telur, dan kecap manis. Nasi goreng merupakan masakan praktis ala anak kos. 


2.    Sayur sup 

Walaupun sebagai anak kos, makanan juga harus tetap terjaga termasuk memasak sayuran. Sup merupakan masakan yang praktis untuk kebutuhan serat dalam tubuh, agar saluran pencernaan kita lancar. Makanan seperti sayur sup ini memiliki bahan dan cara masak yang sederhana. Jika ingin menambahkan rasa gurih pada sup tambahkan penyedap rasa, serta masukan ayam dalam air rebusannya. 


3.    Omelet 

Jika sedang bosan dengan mi instan, maka kreasikan menjadi omelet. Omelet bisa dibuat dari bahan  mi instan rebus. Caranya sangat mudah untuk di buat, tinggal rebus mi instan dengan telur kemudian tambahkan garam. Dan selanjutnya goreng adonan tersebut samapai kecoeklatan, lalu siap disajikan. 


4.    Steak tempe 

Harga tempe di pasar memang sangat terjangkau, tetapi bukan berarti tidak bisa mengkreasikannya.  Membuat steak tempe cukup mudah yaitu dengan mengukus tempe, lalu kemudian tumbuk dan diuleni dengan bumbu, dan setelah itu bentuk adonan seperti steak atau sesuai selera dan goreng hingga berwarna keemasan. 


5.    Roti bakar strawberry 

Mungkin sarapan dengan roti tawar dan mentega itu sesuatu yang sudah biasa. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat roti bakar dengan disajikan strawverry sebagai selainya. Cara buatnya terbilang mudah, jika tidak mempunyai panggangan khusus bisa memakai wajan teflon saja. Sebelum dipanggang maka oleskan terlebih dahulu mentega kedua sisi roti. Lalu oleskan selai strawberry ke dua sisi roti, dan siap untuk disajikan.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Ingin Hiburan Berbeda? Ke Gedung Kesenian di Jakarta Yuk

BERIKUTNYA

Kisah Sukses Pemilik Spageti Bruule Bangun Bisnis dari Nol

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: