Picture by Mufid Majnun from unsplash.com

Ingin Hiburan Berbeda? Ke Gedung Kesenian di Jakarta Yuk

17 May 2023   |   16:37 WIB

Di tengah padatnya Ibu Kota Jakarta yang padat dan membuat pusing kepala, terdapat sejumlah gedung kesenian pertunjukan yang b isa untuk menyaksikan berbagai kesenian, Loh! Gedung pertunjukan adalah sebuah bangunan gedung dengan fungsi untuk melayani dan memfasilitasi berbagai macam pertunjukan.

Gedung ini merupakan ruang semi publik yang memiliki tujuan untuk menghibur orang atau pengunjung dengan pertunjukan yang ditampilkan.

Gedung pertunjukan merupakan suatu tempat yang dipergunakan untuk mempergelarkan pertunjukan, baik itu bioskop, wayang, pagelaran musik, maupun tari. Genhype bisa menikmati beragam tontonan dan kesenian itu untuk mendapat hiburan atau sekadar pengusir penat. Atau malah memanfaatkannya untuk berkegiatan seni.

Berikut gedung pertunjukan di Jakarta:
 
  • Gedung Wayang Orang Bharata

Gedung pertunjukan Wayang Orang Barata yang berada di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat. Gedung ini menampilkan pagelaran wayang orang. Masyarakat pegiat seni bisa menggunakan gedung ini untuk kegiatan kesenian lain seperti latihan tari, teater atau seni pertunjukan.

Untuk penjadwalan terkait seni yang ditampilkan terdapat pada website resmi Gedung Wayang Orang Bharata di https://www.wobharata.com/

Akses ke gedung ini lumayan mudah dan dapat menggunakan sejumlah transportasi umum.

 

Gedung Miss TjiTjih (Sumber foto: Dinas Kebudayaan Jakarta)

Gedung Miss TjiTjih (Sumber foto: Dinas Kebudayaan Jakarta)

 
  • Gedung Miss TjiTjih 

Gedung Kesenian Miss TjiTjih terletak di Kemayoran, Jakarta Pusat. Banyak pihak yang memberikan apresiasi positif terhadap kelompok Sandiwara Miss Tjitjih yang dinilai telah melestarikan seni tradisional. Sepeninggal Miss Tjitjih dan Bafaqih, kelompok teater ini sempat berpindah tempat yang berawal tempatnya di kawasan Kramat Raya. 

Gedung Kesenian Miss TjiTjih ini menampilkan beberapa kesenian budaya, cocok banget untuk kalian yang suka dengan yang berbau-bau seni untuk mengunjungi tempat ini.

Untuk penjadwalan seni yang ditampilkan di Gedung Miss TjiTjih dapat melihat infonya pada akun resmi media sosial instagram @misstjitjih1928.
 
  • Teater Besar Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki (TIM) yang merupakan salah satu pusat kebudayaan yang berlokasi di Jakarta Pusat. TIM sering sekali digunakan untuk menampilkan berbagai jenis karya seni dan kebudayaan. Salah satunya, yaitu penampilan drama dan teater.

Gedung Teater Besar Taman Ismail Marzuki difungsikan untuk produksi pertunjukan berskala besar dengan kebutuhan artistik yang megah. Untuk jadwal penampilan dari Teater Taman Ismail Marzuki dapat dilihat pada website resmi http://pkjtim.com/
 
  • Gedung Kesenian Jakarta

Gedung Kesenian Jakarta terletak di Jakarta Pusat. Gedung ini merupakan tempat para seniman dari seluruh Nusantara mempertunjukkan hasil kreasi seninya, seperti drama, teater, film, sastra, dan lain sebagainya. 

Kegiatan dari Gedung Kesenian Jakarta yaitu: 
-Melaksanakan kerja sama dengan negara dan pusat kebudayaan asing
-Mengadakan kerja sama dengan lembaga, organisasi, dan grup kesenian tradisional
-Menyelenggarakan festival seni pertunjukan
-Membuat dokumentasi audio visual

Baca juga: Cek 5 Pameran Seni Rupa Sepanjang Mei 2023

Untuk mengetahui jadwal pertunjukan dari Gedung Kesenian Jakarta yaitu pada mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Jadi genhype,yuk kita mengunjungi gedung-gedung pertunjukan untuk mendapatkan sensasi yang berbeda dari seni.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Ucapan Hari Kenaikan Yesus Kristus yang Menyejukkan Hati

BERIKUTNYA

Resep Makanan yang Cocok untuk Anak Kos

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: