Wanda Omar (Sumber Foto: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Ini Kisah Wanda Omar Sebagai Musisi & Rencana Go Internasional Bareng Suami

11 May 2023   |   23:37 WIB

Bassis wanita bertalenta, Wanda Omar siap meramaikan jagat musik Indonesia dengan formasi duo bersama sang suami, Andre Dinuth. Keduanya merilis lagu Menemukanmu pada 25 Maret 2023, sebelumnya lagu tersebut memang pernah rilis pada 2018.

"Lagu Menemukanmu ini sebetulnya lagunya Andre dan Adera, terus di-recycle dan dirilis lagi dengan versi kita berdua," kata Wanda dalam wawancaranya bersama Hypeabis.id, Kamis (11/5/2023).

Selama ini Andre Dinuth dikenal sebagai instrumentalis, dia merupakan gitaris yang menjadi arranger dan session player untuk Glenn Fredly, Afgan, hingga Sandy Sondhoro. Berdasarkan penuturan Wanda, lagu-lagu Andre yang sudah ada liriknya hanya Menemukanmu, sisanya hanya instrumen. Akhirnya keduanya sepakat untuk menyanyikan lagu tersebut.

Kalau dilihat dari liriknya, lagu Menemukanmu mengisahkan tentang seorang pria yang telah lama kehilangan cintanya, hingga pada suatu hari cintanya tersebut hadir kembali dan menghiasi hari-harinya. Namun, Wanda memaparkan bahwa makna lagu ini sebetulnya lebih luas. Dalam hidup ini sebenarnya kita in the search of something, manusia sedang dalam pencarian untuk menemukan sesuatu. 
 

"Menemukanmu itu maknanya universal, bukan hanya tentang menemukan pasangan tapi juga menemukan jati diri, serta tujuan dan jawaban-jawaban yang selama ini kita cari dalam hidup," katanya.

Selama berkarier sebagai musisi, Wanda memang dikenal sebagai pemain bass, bahkan namanya masuk dalam jajaran top bassis Indonesia. Namun, sebetulnya dia juga piawai menulis lagu sendiri, loh! Kebanyakan lirik lagu yang ditulisnya juga sangat menginspirasi.

"Aku nulis lagu memang belum lama dari tahun 2017, biasanya inspirasinya datang dari mana aja, mostly hal-hal terdekat di sekitar kehidupan kita," katanya.

Terkadang idenya saat menulis lagu bisa muncul di saat yang tak terduga, katanya justru kalau dipaksa berpikir idenya jarang muncul. Wanita kelahiran 1995 tersebut memaparkan bahwa melalui seni semua orang bebas berkreasi, artinya tidak ada benar dan salah.

Misalnya salah satu lagunya yang berjudul Serius tapi Santai yang rilis pada 3 Februari 2023, ternyata berasal dari pengalaman pribadinya sendiri, loh! Melalui lagu ini Wanda ingin mengajak para pendengarnya untuk jangan merasa insecure melihat dinamika karir orang lain yang berkembang pesat dibandingkan diri kita sendiri.

"Serius tapi santai lagu yang aku bikin based on true story, dulu aku sebelum jadi musisi pernah kerja kantoran," ujar Wanda.

Lagu tersebut memang khusus diciptakan untuk para pejuang karir, sebagai pekerja kantoran dia sangat memahami seperti apa suka dukanya. Tentu boleh berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan dalam hidup, tapi terkadang kita lupa memikirkan kebahagiaan diri sendiri karena terlalu serius dalam mencapai tujuan tersebut.

Kini meskipun Wanda sudah bukan pekerja kantoran, dia juga menghadapi tantangan serupa dalam menjalani karirnya sebagai musisi. Katanya, profesi musisi di Indonesia masih dipandang sebelah mata, terlebih dengan posisinya sebagai wanita.

"Musisi itu stereotypenya pekerjaan informal, belum bisa dianggap sebagai pekerjaan yang menjanjikan masa depan," tutur Wanda.

Terlebih adanya stereotip kurang baik mengenai musisi wanita, di mana mereka biasanya bekerja mulai sore hari dan pulang malam. Di tambah jadwal kerja yang tidak menentu, sibuk di akhir pekan dan justru senggang di hari kerja.

Wanda juga menyebutkan, musisi sering kali mengadakan pertunjukan di tempat-tempat seperti hiburan malam, yang sering dianggap sebagai tempat-tempat kurang pantas. Lebih lanjut dia berujar, kebetulan waktu zaman dulu banyak diberitakan musisi yang berurusan dengan barang-barang terlarang seperti narkoba.

Namun dengan perkembangan zaman yang makin canggih, di mana peran teknologi dan media sosial begitu besar. Ada banyak cara untuk memperlihatkan pada semua orang bahwa inilah kegiatan para musisi yang pada dasarnya hanya bermusik.

Lebih lanjut Wanda juga berharap supaya makin banyak musisi wanita yang sukses sehingga makin terbukanya peluang untuk go international. Dia dan suaminya sendiri sedang melebarkan sayap untuk bisa berkarir musik di luar negeri.

"Aku dan Andre baru banget dari LA [Los Angeles, AS] buat meraba bagaimana pasar musik disini, tapi untuk collab ternyata enggak semudah itu," kata Wanda.

Dijelaskannya, di Amerika sendiri kulturnya beda dengan Indonesia, mereka sangat menghargai privasi. Artinya dia dan Andre tidak bisa datang tiba-tiba untuk berkolaborasi dengan musisi di sana. Karenanya untuk saat ini, keduanya ingin mengamati dulu seperti apa industri musik di sana.

"Januari tahun depan kita mau balik lagi ke LA," kata Wanda.

Baca juga: Wanda Omar dan Kecintaannya dengan Alat Musik Bass, Simak Cerita Menariknya Sebagai Musisi

Berdasarkan pengamatannya, tak mudah untuk berkarier musik di negeri orang. Saat ini terhitung hanya beberapa nama saja musisi asal Indonesia yang terkenal secara global, misalnya seperti Rich Brian dan Niki.

Editor: M R Purboyo
SEBELUMNYA

Menang Atas Filipina, Timnas MLBB Women Indonesia Bawa Pulang Medali Emas SEA Games 2023

BERIKUTNYA

Tiket Presale 1 Festival Musik MyFest.id Sold Out, Cek Harga Tiket Terbarunya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: