Tamagoyaki. (Sumber foto: Flickr/City Foodsters)

Resep Tamagoyaki, Telur Dadar Khas Jepang

31 January 2023   |   22:06 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Genhype mungkin pernah melihat tamagoyaki di atas piring dan berpikir menu ini pasti sulit dibuat. Lapisan telur dadar yang halus ditumpuk dengan hati-hati menjadi bentuk yang kecil dan padat. Jangan salah, menu khas Jepang ini ternyata bisa dibuat sendiri di rumah.

"Tamago" adalah bahasa Jepang berarti telur, dan "yaki" berarti dibakar atau digoreng. Tamagoyaki dapat disertakan dalam menu sarapan, sebagai salah satu item yang dikemas dalam kotak bento, atau dapat dikreasikan menjadi hidangan sushi.

Membaca instruksi tentang cara membuat tamagoyaki mungkin terlihat rumit, tetapi ada banyak tutorial YouTube untuk membantu kalian memahami proses melipat lapisan telur baik dalam wajan antilengket atau wajan berbentuk persegi panjang khusus untuk memasak tamagoyaki.

Baca juga: Resep Tamago Sando, Sandwich Salad Telur ala Jepang

Dalam menu masakan Jepang, Astuyaki Tamago dan Dashimaki Tamago cukup populer. Menurut beberapa sumber, Astuyaki bertekstur lebih padat dan lebih mudah dibuat daripada Dashimaki, yang mengandung lebih banyak cairan dalam campuran telur mentah dan menghasilkan tamagoyaki yang lebih lembut dan kurang padat.

Ada banyak resep rumit di luar sana yang mengharuskan kali menggunakan bahan-bahan yang mungkin tidak tersedia di dapur. Akan tetapi satu hal yang harus Genhype siapkan, yaitu dashi.

 

Apa itu dashi?

Dashi adalah kaldu yang membentuk dasar masakan pada sebagian besar menu khas Jepang. Bahan ini juga menciptakan unsur umami pada berbagai makanan.

Dashi paling sering digunakan dalam kombinasi kombu (rumput laut) dan katsuobushi (serpihan bonito kering), tetapi bahan lain yang digunakan untuk membuat dashi adalah jamur shiitake dan niboshi (ikan kering kecil).

Pembuatan Dashi telah berkembang dalam jangka waktu yang lama. Teknik merebus diketahui telah digunakan dalam masakan Jepang sejak periode Jomon (c. 13.000–300 SM), dan kaldu dari kerang dan tulang ikan digunakan untuk membumbui hidangan lainnya.
 
@tiffoodss Reply to @charsiuubaoo How to make tamagoyaki ???? #tamago #tamagoyaki #howtomake #homemade #japanesefood #easyrecipes #foodontiktok #tutorials ? original sound - tiffoodss

Yuk cek cara membuat tamagoyaki di bawah ini!


Bahan-bahan:

  • 3 telur ayam ukuran besar
  • ½ sendok makan minyak sayur
  • ½ sendok makan gula
  • Sejumput garam
  • 1 sendok teh shirodashi (dashi cair) atau ½ sendok teh bubuk dashi
  • 1 sendok makan daun bawang cincang halus (opsional)


Cara membuat:

  1. Pecahkan telur ke dalam mangkuk. Kocok dengan sumpit atau garpu untuk menghindari gelembung sebanyak mungkin.
  2. Tambahkan gula, garam, dan shirodashi (atau bubuk dashi) ke dalam telur dan aduk rata.
  3. Panaskan wajan anti lengket besar minyak sayur di atas api besar. Ratakan minyak sayur di sekitar wajan dengan tisu atau kitchen towel.
  4. Periksa apakah penggorengan sudah cukup panas dengan menuangkan sedikit adonan telur ke dalamnya dan lihat apakah langsung mengeras. Kecilkan api ke sedang.
  5. Tuang sepertiga adonan telur ke dalam wajan. Saat permukaan mengeras, lipat sisi kiri dan kanan telur lalu gulung dari bawah ke atas sekencang mungkin. Gunakan spatula atau sepasang sumpit untuk langkah ini.
  6. Geser telur yang sudah digulung ke sisi bawah wajan. Tuang sepertiga lagi campuran telur. Angkat telur yang sudah digulung agar adonan telur mengalir di bawahnya. Saat permukaan campuran telur yang baru ditambahkan hampir mengeras, lipat lagi sisi-sisinya dan gulung telur dari bawah ke atas.
  7. Ulangi Langkah 6 sekali lagi. Pegang sisi jahitan telur yang digulung ke bawah selama beberapa detik di atas wajan. Keluarkan dari wajan dan biarkan dingin jika akan dikemas menjadi bento.
  8. Iris dan sajikan dengan potongan sisi di atas piring atau bento.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

5 Tim Esports Wanita Berprestasi, Rajin Mejeng di Turnamen Asia Tenggara!

BERIKUTNYA

Berbagai Fakta Unik Film The Point Men, Sinema Korea yang Dibintangi Aktor Terkenal Hyun Bin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: