Coronation Quiche , hidangan santap siang penobatan Raja Charles III. (Sumber gambar : Royal UK/Youtube)

Resep Coronation Quiche, Hidangan Khusus Penobatan Raja Charles III

06 May 2023   |   12:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kerajaan Inggris memiliki hidangan yang selalu menarik perhatian. Masakan yang dihadirkan kerap kali terbilang klasik tetapi sangat menggugah selera. Salah satunya, Coronation Quiche yang akan disantap saat agenda makan siang besar penobatan Raja Charles III.

Mengutip situs resmi Kerajaan Inggris, agenda makan siang besar bertujuan untuk menyatukan tetangga dan komunitas dalam merayakan penobatan dengan berbagi persahabatan, makanan, serta kesenangan. Tahun lalu, The Queen Consort menyelenggarakan makan siang besar khusus di lapangan kriket The Oval untuk merayakan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II.

Adapun pada tahun ini, untuk memaksimalkan penyambutan Penobatan Raja Charles III, masyarakat Inggris didorong untuk menggelar Makan Siang Besar Penobatan di seluruh Inggris Raya pada Minggu, 7 Mei 2023. Hidangan resminya berupa Coronation Quiche, selaras dengan kesukaan Raja Charles terhadap telur dan keju. 

Baca juga: Resep Cream Cheese Stuffed French Toast, Menu Lezat dan Mewah untuk Sarapan

Quiche merupakan makanan yang terbuat dari tepung terigu dengan isian berupa adonan bayam, salmon, ayam, daging asap, yang dibalut dengan keju. Sejatinya, hidangan ini berasal dari Perancis. 

Kendati demikian, hidangan untuk makan siang penobatan Raja Charles kali ini, isiannya diganti menjadi bayam, kacang dan tarragon yang segar dan lembut. Sesuai dengan komitmen Charles terhadap pertanian organik dan berkelanjutan. Satu porsi makanan yang mirip kue pie itu disajikan untuk 6 orang.

Resep Coronation Quiche sudah dibagikan oleh Kerajaan Inggris loh. Buat kamu yang ingin mencoba hidangan kerajaan dan favorit Raja Charles III, berikut resepnya. 


Coronation Quiche 


Bahan-bahan:


Kulit Quiche :
  • 125 g tepung
  • Sejumput garam
  • 25 g mentega dingin, potong dadu
  • 2 sendok makan susu
  • Atau 1 x 250 g blok kue shortcrust siap pakai


Isian Quiche:

  • 125 ml susu
  • 175 ml double cream
  • 2 butir telur sedang
  • garam dan merica
  • 1 sdt tarragon segar, cincang
  • 100 g keju cheddar, parut
  • 180 g bayam rebus, peras airnya, cincang ringan
  • 60 g kacang polong atau kacang kedelai, sangrai


Cara Membuat:

  1. Untuk membuat adonan kulit, ayak tepung dan garam ke dalam mangkuk, tambahkan mentega, aduk rata sampai mendapatkan tekstur seperti remah roti yang berpasir.
  2. Tambahkan susu sedikit demi sedikit dan satukan bahan-bahannya menjadi adonan. Tutup dan diamkan di kulkas selama 30-45 menit.
  3. Siapkan satu loyang flan ukuran 20cm (8 inci). Taburkan permukaan meja dengan tepung. Gulung adonan kulit menjadi lingkaran yang sedikit lebih besar dari bagian atas loyang dan tebal sekitar 5mm. Lapisi loyang dengan adonan, berhati-hatilah agar tidak ada lubang atau adonan bisa bocor. Tutup dan istirahatkan selama 30 menit kembali di kulkas.
  4. Panaskan oven sampai 190 celcius. Lapisi wadah kue dengan kertas minyak, tambahkan kacang sebagai pemberat dan panggang selama 15 menit, sebelum mengeluarkan kertas minyak dan kacang. Kurangi suhu oven menjadi 160 celsius.
  5. Untuk membuat isian, kocok susu, krim, telur, dan bumbu. Taburkan 1/2 keju parut di kulit quiche yang sudah dipanggang, taburi dengan bayam dan kacang cincang, lalu tuangkan di atas campuran cair. Jika perlu, aduk perlahan adonan untuk memastikan isian tersebar merata tetapi hati-hati jangan sampai merusak kulit quiche. Taburkan sisa keju. 
  6. Masukkan quiche ke dalam oven dan panggang selama 20-25 menit sampai matang dan agak keemasan.
  7. Coronation Quiche siap dihidangkan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Bruno Major Gelar Konser di Hall Basket GBK 19 Agustus 2023, Cek Harga Tiketnya

BERIKUTNYA

Dilengkapi Tiga Kamera Canggih, Intip Fitur Andalan Drone DJI Mavic 3 Pro

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: