Buku bahasa Mandarin. (Sumber: Instagram/Dokugaku_)

Tip Belajar Bahasa Mandarin Agar Bisa Ngobrol dengan WayV Seperti Sarwendah

04 May 2023   |   14:12 WIB

The Onsu Family sedang membuat heboh para penggemar Kpop. Pasalnya, dalam video yang diunggah pada laman Youtube mereka,  WayV, boygroup yang dinaungi SM Entertainment mendatangi kediaman Ruben Onsu di Pondok Indah, Jakarta.

WayV yang diwakili oleh Kun, Ten, Xiaojun, Yang Yang, dan Hendery dijamu dengan beberapa hidangan seperti tahu gejrot dan beberapa makanan ringan yang sering dijumpai di warung-warung. WayZenNi pun dibuat kagum dengan kemampuan Sarwendah, istri Ruben Onsu yang menggunakan bahasa Mandarin selama mengobrol dengan WayV.

Baca juga: Penguasaan Bahasa Asing Sangat Penting Untuk Menopang Produktivitas Karyawan

Oleh sebab itu, banyak juga yang tertarik untuk mempelajari bahasa Mandarin agar bisa berbicara dengan lancar kepada WayV ketika bertemu. 

Nah, Genhype! Ada beberapa tip untuk kamu yang mau belajar bahasa Mandarin secara mandiri, berikut tipnya, yang dihimpun Hypeabis dari berbagai sumber.

1. Siapkan niat
Niat memang hal utama dalam melakukan segala sesuatu termasuk ketika hendak mempelajari bahasa Mandarin karena proses untuk bisa mahir nantinya akan sangat panjang dan memakan waktu. Maka dari itu, membutuhkan niat yang kuat sebagai landasan awal agar Genhype tidak merasa jenuh.

2. Buat jadwal
Menjadwalkan kegiatan belajar bahasa Mandarin perlu dilakukan agar tidak melupakannya. Disarankan untuk menyesuaikan jadwal dengan kegiatan sehari-sehari. Misalnya, jika Genhype bekerja dari Senin - Jumat maka bisa menaruh jadwal belajar bahasa Mandarin pada  Sabtu atau Minggu dengan durasi yang menurut Genhype optimal. Biasanya, minimal durasinya sekitar 1 jam sampai 2 jam.

3. Gunakan media sosial
Media sosial sangat membantu Genhype dalam mempelajari bahasa Mandarin secara mandiri. Carilah akun-akun yang memang membantu untuk mempelajari bahasa tersebut dan ikutilah tahap-tahap yang diwajibkan.  Dalam bahasa Mandarin memiliki nada yang digunakan ketika mengucapkan kata.

Nada ini disebut ton dengan jumlah 4 buah,  biasanya ton ini menjadi hal wajib yang dipelajari karena apabila, Genhype salah menggunakan ton dalam kata-kata bahasa Mandarin akan merubah arti atau makna kata tersebut.

4. Menonton drama
Menonton drama menjadi bagian dalam mempelajari bahasa Mandarin. Gunakan waktu luang untuk menonton drama-drama China tetapi disarankan untuk menonton drama modern yang memiliki dialog bahasa Mandarin sederhana sesuai yang dipakai saat ini.

Genhype, hanya perlu mengingat apa yang diucapkan oleh para aktor di dalam drama tersebut. Apabila, kesulitan dalam mendengar kalimatnya nyalakan terjemahan aksara Mandarin sederhana untuk memudahkannya.

5. Latihan menulis 
Menulis Mandarin juga perlu dilakukan karena huruf yang digunakan berbeda dengan huruf latin yang biasa dipakai dalam bahasa Indonesia. terdapat sekitar 3500 huruf Mandarin yang perlu dikenal oleh Genhype, huruf-huruf itu disebut dengan Hanzi (aksara Han).

Dengan menulis Hanzi akan memudahkan untuk mengingat guratan-guratan yang ada di dalam satu huruf. Disarankan pula menggunakan buku kotak-kotak besar untuk menulis guratan Hanzi. 


Editor: Indyah Sutriningrum

 
 

SEBELUMNYA

Review In the Name of God: A Holy Betrayal, Kisah Dusta Tentang Kesesatan

BERIKUTNYA

Berikut Cara Kembangkan Kemampuan Digital dalam Dunia Kerja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: