Ada 22 wahana permainan yang sudah beroperasi dari total 26 wahana permainan (Sumber gambar: PT ASDP Indonesia Ferry)

Baru Soft Launching, Krakatau Park di Lampung Sudah Diserbu Pengunjung

24 April 2023   |   16:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Masyarakat antusias menyambut destinasi wisata baru Krakatau Park yang soft opening pada Lebaran Idulfitri 2023, Sabtu (22/4/2023). Hingga Minggu (23/4/2023), sebanyak 3.500 pengunjung memadati taman rekreasi yang berlokasi di Bakauheni Harbour City, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung itu. 

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan taman rekreasi Krakatau Park yang dibangun dan dikelola oleh Jatim Park ini dapat menjadi destinasi baru bagi pemudik dari pulau Sumatera menuju Pulau Jawa ataupun sebaliknya. “Khususnya di tengah momen libur Lebaran tahun ini,” katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id.

Baca juga: Intip Destinasi Wisata Baru, Krakatau Park Bakal Hadirkan Beragam Wahana Menarik

Dia menuturkan, terdapat 22 wahana yang telah beroperasi di Krakatau Park. Secara keseluruhan, akan ada 26 alat permainan yang akan dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Selama periode promo pada April tahun ini, harga tiket masuk yang berlaku untuk pembelian on the spot (OTS) secara tunai sebesar Rp100.000. Sementara pembelian secara cashless mencapai Rp90.000.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan progres pembangunan Krakatau Park mencapai 95 persen dan ditargetkan selesai pada Mei 2023. Menurutnya, soft launching yang dilakukan pada momen lebaran agar destinasi wisata ini dapat beradaptasi sebagai pilihan masyarakat.

Dengan begitu, maka Lampung selatan kian dikenal menjadi kawasan pariwisata. Kehadiran Krakatau Park sebagai pintu gerbang masuk Sumatra berpotensi menarik antusiasme wisatawan dan para pemilik modal untuk mengembangkannya menjadi lebih besar lagi. “Apalagi, Krakatau Park memiliki letak geografis yang strategis,” katanya dalam rilis yang sama. 

Krakatau Park merupakan proyek kerja sama antara ASDP dengan Jatim Park Group guna menjadikannya sebagai destinasi wisata berkonsep tempat bermain atau theme park.

Wahana permainan yang ada di tempat ini antara lain ferrys wheels, taman bunga, gallery Krakatau, wahana air, 4D cinema, ghost house, bumper car, air bike, tornado, giant slide, airbon shoot, animal coaster, rodeo, dan dark side Krakatau.

Selain taman rekreasi, proyek Siger Park juga telah selesai dan dibuka. Pada hari pertama dan kedua Lebaran terdapat hampir 1.000 orang yang mengunjunginya. Proyek Bakauheni Harbour City (BHC) disebut memiliki potensi pariwisata yang tinggi, terlebih ditunjang dengan infrastruktur jalan tol trans Sumatra.

Pembangunan kawasan terintegrasi BHC terbagi dalam tiga tahap. Pada tahap I dengan periode waktu 2022-2025, terbagi menjadi Tahap IA untuk masa 2022-2025 dan mencakup area pengembangan seluas 41,9 hektare (ha).

Pada tahap IA, BHC difokuskan pada pembangunan yang menjadi prioritas proyek strategis nasional (PSN) berupa pengembangan fungsi utama pendukung aktivitas pelabuhan, yaitu pembangunan theme park, hotel, komersial UMKM, serta politeknik pariwisata.

Kemudian, tahap IB pada periode waktu 2026-2030 mencakup areal seluas 22,8 ha. Tahap ini merupakan kelanjutan pengembangan area prioritas PSN dengan fokus berupa pengembangan hotel di distrik 3 dan komersial pendukung.

Sementara tahap kedua akan dibangun pada 2031 – 2040 seluas 64 hektare. Fokus tahap ini adalah peningkatan pelayanan sebagai kawasan kota mandiri. Pembangunan tahap kedua dilaksanakan di distrik 2 dan 3 dengan tujuan memperluas pelayanan BHC sebagai kawasan kota pelabuhan terintegrasi.

Tahap terakhir atau tahap III akan berlangsung pada 2041-2061 dengan luas 31,2 ha. Pada tahap ini, fokus pembangunan Bakauheni Harbour City adalah memberikan keberagaman dan pembangunan yang telah dilaksanakan dengan opsi hotel, kondotel/vilatel, dan atraksi wisata.

Total luas lahan yang dibutuhkan untuk tiga tahap pengembangan BHC hingga 2061 mencapai 160 ha dengan perkiraan nilai keseluruhan investasi sebesar Rp4,7 triliun.

Baca juga: 4 Destinasi Wisata di Lampung yang Menarik Untuk Dieksplorasi

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Hore, Ada Tiket Kereta Api Murah Untuk Arus Balik Lebaran 2023

BERIKUTNYA

7 Rekomendasi Drakor & Film yang Dibintangi Choi Woo-shik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: