Ilustrasi Bermain Skateboard (unsplash/Vital Sinkevich)

4 Tempat Bermain Skateboard di Jakarta yang Asyik dan Gaul Abis

24 April 2023   |   18:00 WIB

Menghabiskan waktu liburan di Jakarta memiliki keasyikan tersendiri. Pasalnya, ada banyak pilihan destinasi wisata hingga fasilitas publik yang dapat dimanfaatkan warga untuk menikmati waktu luang. Salah satu kegiatan yang asyik buat Genhype adalah dengan bermain papan seluncur (skateboard) di beberapa tempat gaul di Ibu Kota ini.

Meskipun skateboard bukan olahraga yang populer di Indonesia, tapi fasilitas berupa taman bermain papan seluncur ini banyak disediakan di kota-kota besar di Tanah Air. Apalagi permainan ini identik dengan kaum muda urban, sebagai media untuk mengekspresikan bakat dalam pergaulan.

Baca juga: Intip Kolaborasi Perdana Merek Sepatu Vans dengan Produsen Skateboard Palace

Dilansir dari skatedeluxe.com, skateboard memang berasal dari California, Amerika Serikat dan Hawaii, Amerika Serikat. Pada awalnya, skateboard merupakan kegiatan alternatif untuk para peselancar air jika cuaca ombak tidak bersahabat. Kemudian pada 1959, papan skateboard mulai dijual resmi ke pasaran oleh perusahaan Roller Derby Skateboard.

Lalu, skateboard juga mengalami perkembangan, baik dari bahan baku, desain papan, dan gaya bermain. Pada 1962, toko selancar Val-Surf di Hollywood menjual skateboard pertama yang diproduksi sendiri. Papan ini menampilkan bentuk papan selancar, trucks sepatu roda yang khas, dan dijual sebagai papan lengkap.

Pada tahun yang sama, perusahaan Patterson Forbes mengembangkan papan lengkap produksi industri pertama dengan trucks yang lebih maju. Desain papan lengkung di bagian belekang papan skateboard juga ditambahkan oleh perusahaan Santa Cruz Skateboards pada awal 1980-an.

Gaya bermain skateboard mulai berubah sejak Alan Gelfand menemukan sebuah manuver teknik ollie yang dianggap sebagai trik terhebat yang pernah ditemukan dan teknik ini menyebabkan munculnya banyak trik lainnya.

Di Indonesia, skateboard muncul pada 1976 dan berkembang sampai saat ini. Banyak anak muda sampai orang dewasa bermain skateboard. Pada umumnya, skateboard bisa dimainkan di jalanan bebas dan di tempat khusus bermain skateboard.

Untuk Genhype yang ingin bermain skateboard di daerah Jakarta, kami sudah merangkum beberapa rekomendasi tempatnya.


1. Rumah Bergerak Coffee & Skatery

Rumah Bergerak Coffee & Skatery merupakan sebuah tempat nongkrong yang menyediakan bowl untuk para skateboarder. Tempat ini berlokasi di Jl. Y No. 5, Cipinang Muara II, Jakarta, Indonesia. Dengan Genhype jajan makanan dan minuman di tempat ini, Genhype bisa merasakan bermain di bowl secara gratis.

Untuk jam operasional tempat ini mulai Senin sampai Jumat dari pukul 16.00-23.00 WIB dan Sabtu sampai Minggu dari pukul 16.00-00.00 WIB. Genhype yang tinggal di sekitaran Jakarta Timur, bisa mengunjungi tempat ini kalau ingin bermain skateboard!
 

Bowl di Rumah Bergerak Coffee & Skatery (Instagram/@rumahbergerak)

Bowl di Rumah Bergerak Coffee & Skatery (Instagram/@rumahbergerak)


2. Slipi Skatepark

Slipi Skatepark beralamat pada Gramedia, Kompas, Jl. Palmerah Sel. No 26-28, RT 1/RW 1, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Slipi Skatepark menyediakan beberapa rintangan untuk para skateboarder seperti miniramp, half pipe, quarter pipe, rail, downrail, pool, stairs, flat, dan funbox.

Genhype yang tinggal di sekitaran Jakarta Barat dan Pusat, bisa mengunjungi tempat ini yaa kalau ingin bermain skateboard!
 

Slipi Skatepark (Instagram/@temantaman.jkt)

Slipi Skatepark (Instagram/@temantaman.jkt)


3. BOXPARK by Crooz

BOXPARK by Crooz ini juga merupakan tempat nongkrong yang menyediakan skatepool. Tempat ini berlokasi di Jl. Duren Tiga Raya No 37, RT.5/RW.6, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Jakarta, Indonesia. Jam operasional tempat ini mulai Senin sampai Minggu dari pukul 10.00-22.00 WIB.

Buat Genhype yang tinggal di sekitaran Jakarta Selatan, bisa mengunjungi tempat ini jika ingin bermain skateboard!
 

Skatepool di BOXPARK by Crooz (Instagram/@croozboxpark)

Skatepool di BOXPARK by Crooz (Instagram/@croozboxpark)


4. Epic Skatepark

Epic Skatepark merupakan tempat bermain indoor untuk para skateboarder. Tempat ini terletak di Baywalk Mall Pluit lantai 5 dan beralamat di Jl. Pluit Karang Ayu 1 No. B1, Pluit, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 14450. Harga sekali bermain di tempat ini dibedakan menjadi dua kategori, yaitu pada hari Senin sampai Jumat dikenakan tarif sebesar Rp100.000, dan Sabtu sampai Minggu atau libur nasional dikenakan harga Rp125.000.

Baca juga: Sedang Viral, Yuk Intip Fasilitas di Taman Link In Park

Tentu saja dengan harga tiket segitu, Genhype bisa bermain sepuasnya mulai pukul 10.00-22.00 WIB. Untuk Genhype yang tinggal di Jakarta Utara, bisa mengunjungi tempat ini yaa kalau ingin bermain skateboard!
 

Epic Skatepark (Instagram/@epicskatepark)

Epic Skatepark (Instagram/@epicskatepark)

SEBELUMNYA

Penerbit Indie Tawarkan Kemudahan Terbit, dari Akses Distribusi hingga Royalti

BERIKUTNYA

Terasa Lebih Hidup, Begini Kiat Memotret Human Interest Tanpa Settingan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: